Senam kegel untuk merapatkan miss v

Senam kegel dapat memperkuat otot-otot dasar panggul, yang menopang rahim, kandung kemih, usus kecil, dan rektum. Kamu dapat melakukan senam ini kapan saja, bahkan saat berbaring ataupun duduk.

Lalu, bagaimana gerakan senam kegel untuk wanita? Adakan senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v? Yuk, simak penjelasannya supaya kamu bisa mendapat manfaat dari senam kegel.

Apa itu senam kegel?

Senam kegel adalah senam yang dapat membantu agar otot-otot di bawah rahim, kandung kemih, dan usus menjadi lebih kuat. Senam ini dapat membantu pria dan wanita yang memiliki masalah dengan urin dan usus.

Ada banyak penyebab yang bisa melemahkan otot-otot panggul, yakni kehamilan, persalinan, operasi, bertambahnya usia, mengejan berlebihan karena sembelit atau batuk kronis, dan kelebihan berat badan. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan senam kegel.

8 Gerakan Terbaik Senam Kegel Setelah Melahirkan, Dijamin Efektif!

Gerakan senam kegel untuk wanita

senam kegel untuk wanita

Senam kegel dirancang untuk mengatasi gangguan otot panggul bawah. Senam ini sudah terbukti bisa mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan panggul dan organ intim.

Salah satu gerakan senam kegel untuk wanita adalah senam kegel untuk merapatkan miss v. Cara melakukan gerakan senam kegel sebenarnya cukup sederhana.

Gerakannya hanya meliputi area otot panggul. Jika kamu sudah mulai terbiasa melakukan senam kegel, kamu bisa menahan otot dasar panggul dalam waktu yang lebih lama. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukanlah latihan ini secara konsisten dan teratur.

Mitos Atau Fakta? Ini Cara Merapatkan Miss V Agar Tetap Kencang

Cara senam kegel untuk merapatkan miss v

Senam kegel yang dilakukan secara teratur dipercaya bisa merapatkan miss v. Senam ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, sendiri maupun bersama-sama. Berikut ini adalah cara melakukan senam kegel untuk merapatkan miss v.

  • Temukan otot panggul bawah kamu. Untuk mengetahui di mana area otot panggul bawah, bayangkan seperti kamu sedang menahan air urine saat ingin buang air kecil.
  • Jika kamu sudah menemukannya, kencangkan otot-otot di dasar panggul dalam tiga hitungan.
    Setelah itu, kendurkan kembali dalam tiga hitungan juga.
  • Lakukan dengan pengulangan sebanyak 10 kali.
  • Latih selama beberapa hari sampai kamu dapat menahan otot tegang dalam sepuluh hitungan.

Manfaat senam kegel

Senam kegel sangat baik dilakukan oleh orang dengan otot panggul bawah yang lemah. Timbulnya rasa lemah ini biasanya diakibatkan oleh persalinan, bertambahnya usia, kelebihan berat badan, dan usia. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam kegel.

Merapatkan miss v

Setelah proses persalinan normal, miss v akan melebar. Jadi, bagi ibu yang baru melahirkan disarankan untuk melakukan senam kegel. Senam kegel bisa merapatkan kembali miss v. Senam ini juga efektif membantu wanita menopause untuk mengencangkan miss v yang mengendur.

Memulihkan kondisi miss v

Senam kegel dapat memulihkan kondisi miss v usai melahirkan. Senam ini dapat melancarkan aliran darah ke miss v. Aliran darah akan membawa oksigen untuk meregenerasi jaringan miss v.

Melancarkan proses persalinan

Mendekati hari persalinan, sebaiknya ibu hamil melakukan senam kegel secara teratur. Melakukan senam ini dapat memperkuat otot panggul. Otot panggul pun menjadi elastis sehingga dapat membuka jalan lahir.

3 Cara Mengencangkan Otot Vagina Paling Efektif

Tips melakukan senam kegel dengan baik

Supaya memperoleh manfaat dari melakukan senam kegel, jangan lakukan gerakannya dengan sembarangan. Ada beberapa tips berikut ini yang sebaiknya kamu ikuti untuk melakukan senam kegel dengan baik.

  • Apabila kamu mengalami kesulitan saat melakukan senam kegel, segera minta bantuan. Kamu bisa menghubungi dokter supaya kamu mengetahui cara melatih otot yang benar.
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan senam kegel secara teratur. Jadikan senam kegel bagian dari rutinitas kamu.
  • Jika kamu merasa sakit di bagian perut atau punggung setelah melakukan senam kegel, tandanya ada gerakan yang salah. Segera perbaiki gerakan kamu dengan bertanya kepada dokter mengenai gerakan yang tepat.
  • Jangan lakukan gerakan senam kegel secara berlebihan. Melatih otot secara berlebihan akan membuat otot menjadi lelah dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Nah itu tadi tips senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v. Efek senam kegel pada setiap orang bisa berbeda. Beberapa orang bisa saja mengalami peningkatan yang signifikan dalam kontrol otot, dan yang lainnya tidak. Tetapi, yang pasti, senam kegel dapat bermanfaat untuk membuat kondisimu lebih baik.

Share artikel ini
Reference