Penderita skizofrenia sering kali memiliki pola makan yang tidak sehat. Padahal, pola makan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Selain itu, mengetahui makanan untuk penderita skizofrenia juga penting karena makanan ini bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan fisik tapi juga dapat berpengaruh pada suasana hati dan menjernihkan pikiran.

Rekomendasi makanan untuk penderita skizofrenia

sayuran yang bisa dimakan mentah

Bagi penderita skizofrenia ada sejumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi, berikut beberapa makanan tersebut.

1. Sayuran

Sayuran memiliki kandungan serat dan vitamin bahkan rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Sayuran juga mengandung kalium yang dapat menjaga kadar gula darah. 

Serat yang terdapat dalam sayan dapat menurunkan berbagai masalah kesehatan yang kerap dikaitkan dengan skizofrenia seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. 

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pil apel, dan raspberry juga memiliki serat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan fisik yang kerap dialami penderita skizofrenia.

3. Salmon dan Ikan Berlemak Lainnya

Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon dapat mencegah dan meringankan gejala skizofrenia bahkan memperlambat perkembangan penyakit yang satu ini. 

4. Ayam saus marinara

Penelitian menunjukkan kandungan niacin pada ayam marinara dapat memperlambat perkembangan skizofrenia dan meringankan gejalanya.

5. Tiram dan kepiting

Tiram dan kepiting kaya akan kandungan seng. Para ahli sendiri kerap menghubungkan kadar seng yang rendah dengan penyakit skizofrenia. .

6. Kerang

Kerang memiliki kandungan vitamin B12 yang baik untuk penderita skizofrenia. Penyakit ini juga kerap dihubungkan dengan kadar vitamin B12 yang rendah dalam tubuh. Selain itu, penelitian juga menunjukan vitamin B12 dapat membantu meredakan gejala skizofrenia tersebut.

7. Bayam

Bayam memiliki kandungan folat yang dapat membantu meringankan gejala skizofrenia. Kamu bisa memasukan bayam dalam menu makanan sehat kamu.

Kaya Nutrisi dan Mudah Diolah, Segini Kalori Sayur Bayam

Gejala positif skizofrenia

skizofrenia paranoid
Portrait of young Asian lady with negative expression, excited screaming, crying emotional angry in casual clothing and looking at the camera over yellow background. Facial expression concept.

Gejala positif pada skizofrenia menunjukan bahwa seseorang tidak dapat membedakan mana yang nyata dan tidak. Berikut beberapa gejalanya:

1. Halusinasi

Orang dengan skizofrenia mungkin mendengar, melihat, mencium, atau merasakan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain. Jenis halusinasi pada skizofrenia sendiri meliputi:

  • Auditori. Kondisi dimana seseorang mendengar suara di kepalanya. Bentuktnya dapat amarah, desakan atau tuntutan untuk melakukan sesuatu. 
  • Visual. Kondisi ini terjadi ketika seseorang melihat objek, pla, atau orang yang tidak ada keberadaannya.
  • Penciuman dan pengecapan. Ini bisa mencakup bau dan rasa. Misalnya ia yakin ada serangga di tangannya atau merasakan sesuatu bergerak di tubuhnya.

2. Delusi

Ini adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa membedakan mana yang nyata dan yang tidak. Mereka juga kerap mempercayai hal-hal yang tidak sesuai dengan kenyataan seperti percaya mereka adalah presiden atau aktor. Berikut beberapa jenis delusi:

  • Delusi penganiayaan. Kondisi ini menyebabkan seseorang percaya bahwa sedang dibuntuti, dijebak, ditipu, atau diburu.
  • Delusi referensial. Seseorang percaya bahwa komunikasi publik seperti lirik lagu adalah pesan khusus yang hanya ditujukan pada dirinya.

Selain dua delusi tersebut, jenis delusi lain yang juga kerap dialami oleh penderita skizofrenia adalah delusi semantik, delusi erotomania, delusi agama, hingga delusi muluk.

3. Pikiran bingung dan bicara tidak teratur

Orang dengan skizofrenia juga dapat mengalami kesulitan pada pikiran mereka. Mereka tidak dapat mengikuti pembicaraan. Selain itu, kata-kata mereka juga dapat campur aduk dan tidak masuk akal.

4. Gangguan gerak

Beberapa orang dengan kondisi skizofrenia juga tampak gelisan dan kerap melakukan gerakan yang sama secara berulang. 

Apa Itu Gangguan Kepribadian Paranoid? Berikut Cara Mengatasinya!

Makanan yang baik untuk jiwa

Selain mengetahui makanan untuk penderita skizofrenia, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejumlah makanan yang baik untuk jiwa atau food for the soul. Berikut beberapa makanan tersebut.

1. Lemak ikan

Makanan dengan kandungan lemak omega-3 yang tinggi seperti sarden dan salmon dapat mengurangi gejala depresi, skizofrenia dan gangguan mental lainnya. 

2. Gandum utuh

Gandum utuh memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah gula sehingga kadar gula dalam tubuh tidak mudah naik. Perlu diketahui asupan gula berlebih dapat menyebabkan depresi hingga rasa cemas. 

3. Sayuran hijau

Kandungan asam amino pada sayuran hijau dapat berpengaruh pada produksi hormon yang berfungsi untuk mengendalikan suasana hati. 

Selain itu, beberapa sayuran hijau seperti bayam dan sawo memiliki kandungan asam folat yang baik untuk kesehatan mental.

4. Buah beri

Buah yang satu ini memiliki nutrisi tinggi dan kandungan antioksidan yang dapat menurunkan stres dan penuaan. Ini adalah makanan yang baik untuk kesehatan jiwa.

5. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan probiotik yang dapat meringankan depresi. Ini karena bakteri baik dalam makanan dan minuman fermentasi dapat mengusir bakteri jahat yang dapat menyebabkan kerusakan dan memblokir hormon dopamin dan serotonin. Rendahnya kadar tersebut dapat membuat suasana hati menjadi lebih muram. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference