puasa di korea

Berpuasa di Tanah Air dengan di negeri orang, tentu rasanya akan berbeda. Terutama di negara dengan mayoritas bukan islam seperti di Korea Selatan. Sungguh berbeda dengan kondisi di Indonesia.

Meski Korea Selatan mayoritas agamanya bukan islam, tetapi bukan berarti tidak ada yang beragama Islam. Setidaknya ada sekitar 120 ribu hingga 130 ribu penduduk yang beragama Islam. Negeri ginseng ini menyimpan banyak cerita ketika bulan ramadan datang.

Mengenal lebih jauh puasa di Korea

Berbeda dengan Indonesia yang waktu siang dan malamnya terbagi dengan rata, sehingga puasa berlangsung tidak begitu lama. Umat Muslim di Korea Selatan harus berpuasa lebih dari panjang, berikut hal menarik di Korea ketika bulan Ramadhan.

1. Puasa lebih panjang ketika Musim Panas

Ketika musim panas, matahari terbenam lebih lama dari biasanya yaitu sekitar 17 jam per harinya dengan suhu panas yang bisa mencapai 25-38 derajat. Berbeda dengan Indonesia, dimana waktu siang hanya berlangsung selama 13 jam.

2. Informasi tentang Ramadan sedikit

Penduduk Korea Selatan sendiri masih banyak yang belum tahu tentang bulan puasa, sehingga umat muslim di sana harus lebih ekstra untuk menahan segala hal, karena restoran atau jajanan makanan tidak ditutup di siang hari seperti di Indonesia.

3. Masjid akan ramai sepanjang hari

Ketika bulan Ramadhan Masjid Central Seoul akan menjadi ramai baik siang maupun malam. Masjid ini akan penuh sepanjang bulan Ramadan, mengingat jarangnya ada masjid di Korea Selatan sehingga muslim akan sangat membludak ketika waktu tarawih.

4. Momen berkumpul bersama muslim negara lain

Karena muslim di Korea Selatan merupakan minoritas, sehingga bulan Ramadhan menjadi waktu yang pas untuk saling berkunjung antar muslim. Mulai dari mengkaji, buka bersama, shalat bersama. Kegiatan ini diadakan tidak hanya di Seoul tapi di kota besar lain seperti Busan.

5. Tradisi lomba baca Quran

Ternyata di Korea Selatan sendiri ada tradisi yang sering dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba setiap tahunnya, yaitu mengadakan lomba MTQ di Masjid Central Seoul. Kegiatan ini tentunya untuk meningkatkan keimanan dan silaturahmi antar warga muslim di Korea.

Berapa jam puasa di Korea?

Ramadhan di tahun 2022 ini bertepatan dengan musim semi atau saat peralihan dari musim dingin ke musim yang lebih hangat. Sehingga puasa berlangsung tidak begitu lama seperti musim panas yaitu sekitar 14 jam.

Melihat jadwal puasa di Korea Selatan waktu imsak datang sekitar pukul 04.35 pagi dan waktu berbuka pada pukul 18.53 sore. Sementar matahari terbit di Korea Selatan sekitar pukul 06.16 pagi dan tenggelam pada 18.56 sore.

Populasi muslim di Korea Selatan adalah sekitar 0.38 persen dari populasi masyarakatnya. Oleh sebab itu, suasana bulan puasa di Korea Selatan tidak akan begitu terasa jelas seperti di Indonesia atau negara mayoritas muslim lainnya yang selalu ada adzan setiap waktu shalat.

Komunitas muslim di Korea

Meski suasana yang kurang terasa jelas, komunitas muslim di Korea selatan sangat bersemangat dan damai untuk menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadan merupakan momen yang penting dalam kalender islam untuk melakukan ibadah dengan khidmat.

Meskipun tidak semua penduduk Korea Selatan mengetahui tentang Ramadan, tetapi mereka sangat toleransi dan menghargai kepercayaan dan adat islam. Sehingga, umat muslim di sana atau jika kamu sedang berada disana ketika puasa tidak perlu khawatir.

Tips menjalani ramadan di Korea agar tetap sehat

Menjalani puasa Ramadan di Negara lain memang tidak akan senyaman berpuasa di Negara sendiri. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika menjalankan puasa di Korea Selatan supaya tetap sehat.

Jangan melewatkan sahur

Waktu sahur adalah waktu yang sangat penting untuk menjalankan ibadah puasa, dimana kamu mengisi energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jika kamu melewatkan sahur, dikhawatirkan tubuh akan sakit dan tidak memiliki cukup energi untuk beraktivitas.

Perhatikan asupan makan

Ketika berbuka puasa rasanya segala jenis makanan yang dikonsumsi terlepas dari sehat atau tidaknya. Tetapi hal ini sebaiknya kamu hindari, pilih makanan berbuka yang sehat dan baik untuk tubuh seperti buah dan sayur yang mengandung banyak gizi dan vitamin.

Olahraga cukup

Olahraga memang hal yang penting untuk menjaga supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Ketika berpuasa kamu bisa tetap berolahraga dengan ringan jangan yang terlalu berat dan menguras energi terlalu banyak.
Berpuasa di Korea Selatan tahun ini mungkin tidak memiliki perbedaan terlalu jauh dengan di Indonesia. Tetapi dengan tingginya toleransi penduduk Korea, umat muslim di Korea pun bisa melakukan ibadah puasa dengan nyaman tanpa ada kekhawatiran.

Share artikel ini
Reference