berapa kalori cilok

Siapa yang tidak kenal dengan cilok? Jajanan khas dari bandung ini biasanya terbuat dari tepung kanji, tepung tapioka, atau tepung aci dengan tekstur kenyal dan rasa gurih.

Banyak modifikasi cilok yang bisa kamu buat agar kalori cilok menjadi rendah, seperti pemakaian tepung rendah kalori atau mengganti bahan utama dengan oatmeal.

Menggunakan bahan utama rendah kalori tentu akan membuat gizinya lebih, khususnya untuk kamu yang sedang dalam program diet. 

Yuk coba simak berapa kalori cilok dan resep cilok sehat yang bisa dibuat sendiri di rumah!

Informasi gizi cilok

Cilok dikenal sebagai camilan yang sering dijumpai di mana saja. Banyak penjual yang menjajakan cilok basah bersama dengan cimol. Kamu tentu menyukai jajan tepung ini bukan? 

Namun, bagi kamu yang sedang diet, jumlah kalori cilok memang terbilang masih tinggi karena penggunaan bahan tepung tapiokanya. Meskipun begitu, kamu masih tetap boleh mengonsumsi cilok dengan porsi yang wajar, kok. 

Menurut Fatsecret, informasi gizi dari 100 gram cilok antara lain mengandung:

  • 2,57 gr lemak
  • 58,17 gr karbohidrat
  • 2,45 gr protein

Jumlah kalori dan karbohidrat cilok masih cukup tinggi sehingga disarankan untuk mengonsumsi cilok dalam porsi yang sedikit. Darimana kalori cilok berasal?

Renyah dan Gurih, Ternyata Segini Kalori Cireng Goreng!

Kalori cilok

berapa kalori cilok

Kalori cilok 100 gramnya mengandung sebanyak 266 kkal. Kalori tersebut berasal dari bahan-bahan pembuat cilok itu sendiri, seperti tepung aci atau tepung tapioka. Namun tepung tapioka dikenal lebih sehat daripada tepung terigu.

Bahan utama dalam cilok ini sering dibuat untuk pengental saus, pengikat untuk adonan nugget, burger, dan sebagainya. Tepung tapioka sebagai bahan pembuat cilok juga mempunyai beberapa manfaat seperti berikut.

Berapa Kalori Tepung Tapioka? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan!

Manfaat tepung tapioka dalam cilok

Berikut ini beberapa manfaat dari tepung tapioka yang terkandung dalam cilok.

Bebas gluten

Tepung tapioka yang berasal sari singkong merupakan makan yang bebas gluten secara alami. Makanan ini sangat cocok untuk orang yang mempunyai intoleransi terhadap gluten seperti penderita celiac.

Pilih tepung tapioka gluten free yang banyak dijual dipasaran sehingga tetap aman untuk bahan pembuat cilok di rumah.

Melancarkan pencernaan

Mengandung pati resisten, tepung tapioka dapat dicerna tubuh agar dapat melancarkan pencernaan. Sama halnya seperti serat yang dapat mencegah sembelit atau sulit buang air besar.

Pati dalam tepung tapioka juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga menurunkan bakteri jahat dan menghindari peradangan.

Baik untuk penderita stroke, hipertensi dan jantung

Mempunyai kandungan natrium yang rendah, tepung tapioka dalam kalori cilok juga menguntungkan pasien tekanan darah tinggi, stroke, hingga jantung jika ingin memilih camilan sehat. Sebaiknya tidak menambahkan banyak garam pada adonan sehingga manfaatnya dapat maksimal untuk dikonsumsi.

Mempunyai rasa netral

Tepung tapioka dikenal memiliki rasa hambar sehingga tidak mempengaruhi makanan. Pada cilok tentu tidak akan membuat cemilan ini terasa tepung dan hanya rasa gurihnya saja yang tertinggal.

Mudah dikunyah

Tepung tapioka dikenal mudah dimakan dan dikunyah serta aman untuk perut. Bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam mengunyah makanan dapat menggunakan bahan utama tepung ini agar mudah dikonsumsi.

Beberapa orang mempunyai kondisi kesulitan memproses makanan dapat menggantinya dengan jenis tepung ini.

Tertarik mencoba resep cilok rendah kalori? Yuk simak tips dibawah ini.

Berapa Kalori Capcay? Yuk Coba Resep Capcay untuk Diet Kamu!

Resep cilok rendah kalori

resep cilok enak dan sehat

Kalori cilok yang tinggi bisa dibuat rendah dengan pemilihan dan takaran bahan pembuat cilok. Berikut ini resep cilok rendah kalori yang bisa dibuat di rumah.

Bahan-bahan:

  • Oatmeal, 30 gram
  • Tepung tapioka, 50 gram
  • Jamur kuping, 15 gram
  • Bawang putih halus, 4 siung
  • Garam, secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Penyedap rasa jamur sehat
  • Air

Cara membuat:

  • Oatmeal dihaluskan dengan menggunakan blender, campur dengan tepung tapioka, bawang putih, jamur kuping, merica, garam, penyedap rasa. Aduk rata.
  • Beri air sedikit demi sedikit pada adonan.
  • Uleni adonan cilok agar bahan tercampur rata.
  • Bulatkan adonan sesuai selera.
  • Rebus adonan cilok sampai matang. Indikasi matang adalah cilok dapat mengambang.
  • Angkat cilok dan siap disajikan.

Membuat cilok rendah kalori sangat mudah. Kamu juga dapat membuat dengan berbagai bahan tambahan atau pengganti yang juga rendah kalorinya. Konsumsi cilok pada saat tertentu saja, jangan terlalu banyak dan makanlah dengan porsi yang kecil agar kalorinya tetap aman. Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference