kalori capcay

Capcay sebagai makanan rendah kalori, dapat dikonsumsi untuk menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Meski rendah kalori, makanan jenis ini tetap bisa memberikan rasa kenyang.

Nama capcay sendiri diambil dari dialek Hokkien, yaitu “cap” yang berarti sepuluh dan “cay” yang berarti sayur. Jadi capcay berarti makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena terbuat dari sepuluh jenis sayuran.

Capcay adalah masakan yang identik dengan aneka sayuran yang biasanya terdiri dari; wortel, sawi, jamur, jagung, kubis, kacang polong, brokoli, bawang bombay dan tomat.

Masakan yang berasal dari China ini biasanya dimasak dengan cara digoreng yang bisa menghasilkan varian capcay kering dan kuah. Jadi, berapa kalori capcay tanpa nasi? simak juga resep sehat cara membuatnya!

Jumlah kalori capcay

Capcay menjadi menu favorit banyak keluarga karena selain mudah dibuat, masakan ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jumlah kalorinya mencapai 67 hingga 120 kalori bergantung pada setiap porsinya.

10 Manfaat Pepaya Dan Kalorinya Yang Sangat Rendah!

Misalnya, wortel merupakan sumber serat, vitamin A, C, dan K, dan biasanya sebagian kalori dalam wortel berasal dari gula. Selain itu, sawi putih juga mengandung protein, kalsium dan vitamin A, B, B2. Selain itu, jagung juga sebagai sumber karbohidrat dan serat.

Kalori capcay tanpa nasi

Kalori capcay tanpa nasi

Berikut beberapa kalori capcay tanpa nasi dengan mengetahui detail jumlah kalorinya, kamu bisa memilih mana yang cocok untuk kamu konsumsi saat sedang menjalani program diet. Berikut rincian kalori dalam 100 gram capcay dan satu mangkoknya:

100 gram capcay kuah mengandung 67 kalori
Pemecahan Kalori: 34% lemak, 57% karbohidrat, 9% protein.

Sementara dalam satu mangkok capcay kuah mengandung 120 kalori
dengan rincian kalori: 34% lemak, 57% karbohidrat, 9% protein.

Resep sehat masak capcay

Berikut resep yang bisa kamu coba untuk membuat capcay yang enak tapi tetap sehat.

Bahan saus capcay :

100 gram wortel
100 gr buncis
50 gr sawi hijau
50 gram kubis
50 gr jagung
50 gram brokoli
50 gr jamur
sdt merica
sdt minyak wijen
1 sdm tepung maizena
1 sdt garam
8 cabai rawit
20 gr daun bawang (iris tipis)
kepala bawang (cincang)
100 gram ayam (potong dadu)
Air matang secukupnya

Bahan bumbu capcay :

5 butir bawang putih
3 bawang merah

Cara masak capcay kuah dengan mudah:

  • Bersihkan semua sayuran
  • Siapkan wajan, lalu masukkan bawang bombay dan bumbu halus. Tumis hingga harum, masukkan cabai rawit.
  • Masukkan ayam suwir, lalu masukkan sayuran yang sudah dibersihkan. Campur dengan baik.
  • Tambah merica, daun bawang, cincang, dan garam. Setelah itu tambahkan air secukupnya, dan jangan lupa koreksi rasa.

Cara masak capcay kuah kental:

  • Bersihkan semua sayuran
  • Siapkan wajan, lalu masukkan bawang bombay dan bumbu halus. Tumis hingga harum, masukkan cabai rawit.
  • Masukkan ayam suwir, lalu masukkan sayuran yang sudah dibersihkan. Campur dengan baik.
  • Tambahkan minyak wijen, garam, merica, saus tiram, serta air secukupnya.
  • Koreksi rasa, lalu untuk membuat kuah capcay kental, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan terlebih dahulu dengan air.
  • Setelah dirasa matang, tambahkan daun bawang, lalu aduk dan tunggu sampai matang sesuai selera.

Hal yang perlu diperhatikan saat konsumsi capcay

Meskipun banyak sekali manfaat sayuran capcay, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan saat kamu mengonsumsi selain kalori capcay untuk diet kamu, antara lain:

Penggunaan minyak dan lemak lainnya

Penggunaan minyak dan lemak juga perlu diperhatikan saat mengolah masakan capcay. Hal ini karena sayuran pada dasarnya memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, namun kebanyakan orang menambahkan minyak atau protein dalam jumlah besar dengan kandungan lemak yang tinggi.

Jika kamu sedang diet dan mengonsumsi capcay, maka sebaiknya kamu tidak menggunakan minyak terlalu banyak dan menambahkan protein yang cukup. Capcay adalah menu sehat dari banyak sayuran lezat dan cocok untuk diet sehat.

Jika kamu tidak terlalu suka makan sayur, menu capcay seafood atau dengan tambahan daging bisa menjadi menu alternatif yang enak dan menyehatkan.

8 Makanan yang Mengandung Zinc, Lezat dan Menyehatkan

Penggunaan garam

Biasanya orang akan menambahkan penyedap rasa dan garam untuk memperkaya rasa capcay yang dimasak. Sayangnya kebiasaan ini bisa memicu kadar natrium yang terlalu tinggi dalam makanan yang berakibat pada peningkatan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengontrol kadar garam saat memasak capcay agar kandungan nutrisi setiap sayuran tetap terjaga.

Meski terdiri dari banyak sayuran, kalori capcay cukup tinggi. Namun, kamu bisa memperhatikan beberapa hal yang membuat kalori dalam capcay naik. Seperti garam atau penyedap rasa, dan minyak goreng.

Share artikel ini
Reference