menu sahur diet
Gaya Hidup Hidup Sehat

Menu Sahur Diet Terbaik dan Tips Diet Tanpa Menyiksa Saat Puasa

Putri Aprillia | Maret 31, 2022
Share

Apakah kamu merencanakan diet pada bulan puasa tahun ini? Banyak orang yang memanfaatkan momen puasa sebagai waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Alih-alih menurun, terkadang berat badan malah semakin naik karena cara diet yang salah.

Pentingnya mengetahui bagaimana merencanakan menu sahur diet dan berbuka dengan tepat agar program diet kamu tercapai. Bagaimana caranya? Simak dari pembahasan berikut ini ya, ladies!

Bolehkah diet saat berpuasa?

Saat berpuasa, terkadang banyak orang yang khawatir akan mengalami kenaikan berat badan karena pola makan yang berubah dari kebiasaan. Napsu makan sahur dan berbuka juga menjadi tinggi sehingga menggagalkan program penurunan berat badan. Apakah selama puasa diet diperbolehkan?

Saat ini sudah banyak rekomendasi dan saran diet saat berpuasa. Kamu bisa tetap melakukan diet meskipun sudah seharian berpuasa. Bagaimana aturan dan tips diet saat berpuasa dapat kamu ketahui dari ulasan berikut ini.

Aturan diet saat berpuasa

Agar program diet lancar, kamu tetap harus memahami bagaimana aturan diet saat berpuasa, bagaimana aturannya?

  • Konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Pastikan jika kamu mengonsumsi makan sahur dan berbuka dengan porsi nutrisi yang cukup. Makanan harus mengandung karbohidrat, serat, protein, mineral, vitamin dan kandungan bermanfaat lain agar diet sukses.
  • Atur menu sahur diet dan berbuka setiap hari. Mengatur menu sahur dan berbuka setiap hari bisa membuat diet lancar dan berat badan stabil. Aturan dalam diet saat berpuasa yaitu tetap makan makanan sehat dan bergizi agar asupan untuk tubuh tetap terjaga.
  • Rencanakan menu sehat. Jangan lupa untuk merencanakan menu sahur dan berbuka yang sehat untuk membuat diet kamu sukses, ya.

Menu sahur diet harus mengandung karbohidrat kompleks, protein, sayur dan buah. Untuk rekomendasi menu sahur untuk diet, kamu bisa coba dengan menu berikut ini.

Kandungan gizi menu sahur diet yang sehat

Asupan energi selama berpuasa harus tetap cukup meskipun kamu ingin diet. Kebutuhan kalori harian sebanyak 500-600 kkal harus terpenuhi dalam setiap menu sayur ya, ladies. Menurut Kementrian Kesehatan, komposisi makanan dalam satu piring kecil dianjurkan memiliki jumlah sebagai berikut:

  • Karbohidrat sebanyak 2/3 piring
  • Protein sebanyak 1/3 piring
  • Vitamin, mineral, serat sebanyak 1/3 piring
  • Sumber zat gizi 2/3 piring

Contoh menu sahur diet dengan kisaran kalori 500-600 kkal antara lain:

  • Kentang rebus dengan kulit, tumis buncis, daging bistik, jagung dan wortel, sop buah
  • Nasi merah, tahu/tempe bacem, ayam rebus, sayur bening, buah semangka
  • Ayam panggang, pepes tahu, telur orak-arik, jagung kukus, salad buah

Selain itu kamu dapat mencoba menu sahur dan berbuka dengan kreasi sendiri dengan perhitungan rata-rata kalori diatas, ya.

Tips menu sahur diet selama bulan Ramadhan

Bagaimana tips menjalani diet selama bulan puasa? Kamu dapat melakukan beberapa tips mudah berikut agar program diet kamu menjadi lancar.

1. Makan sahur dan buka dengan gizi seimbang

Tips melakukan diet saat berpuasa adalah tetap memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Pastikan jika menu sahur dan berbuka sudah memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Penuhi karbohidrat kompleks, protein, serat, mineral dan vitamin dalam setiap menu makan sahur dan berbuka.

2. Hindari makanan dari produk olahan

Banyak orang yang menyukai makanan olahan atau junk food. Makanan ini memang enak dan sering membuat ketagihan. Sebaiknya hindari makanan olahan karena jenis makanan ini banyak mengandung pemanis buatan, sodium, monosodium glutamat (MSG) dan lemak. Pilih bahan makanan segar untuk menu sahur diet dan berbuka.

3. Hindari makanan dan minuman manis

Selama berpuasa, terkadang keinginan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman manis semakin tinggi. Tentu saja ini bisa menggagalkan program diet kamu, lho. Hindari jenis makanan ini jika karena dapat menaikkan berat badan. Untuk solusinya, sediakan selalu kurma yang merupakan makanan manis namun kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan.

4. Makan perlahan

Pada saat memulai berbuka, sebaiknya jangan langsung makan makanan berat. Mulai dengan kurma dan air putih, jus jeruk tanpa gula lalu sup hangat. Hidangan utama dapat kamu santap setelah selesai shalat untuk mengendalikan nafsu makan yang tinggi saat berbuka.

5. Makan dengan porsi cukup saat berbuka

Pada saat berbuka bukan waktu untuk balas dendam dengan memakan sebanyak mungkin makanan atau minuman, tetap makan dengan porsi cukup baik saat sahur dan berbuka namun dengan nutrisi makanan yang lengkap untuk program diet lebih lancar.

6. Hindari makanan berminyak

Makanan seperti gorengan memang saat menggiurkan saat berbuka atau sahur, namun bagi kamu yang sedang berdiet, jenis makanan ini sangat tidak disarankan. Makanan berminyak mengandung lemak jenuh lebih tinggi dan menyebabkan berat badan meningkat.

Lemak jenuh ini dapat memicu kolesterol jahat (LDL) sehingga rawan muncul diabetes atau jantung. Coba ganti camilan dengan buah potong atau jus buah.

7. Perbanyak air putih

Menjaga berat badan ideal harus dibarengi dengan asupan air putih yang cukup selama puasa, pakai rumus 2-4-2 untuk asupan air putih selama puasa yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Dengan rumus menu sahur diet ini, kamu tetap dapat melakukan diet aman tanpa kehilangan cairan tubuh selama berpuasa.

8. Tidur cukup

Tidur cukup bisa menjadi tips diet saat berpuasa. Jika kurang tidur, maka hormone ghrelin dapat meningkat dan membuat nafsu makan bertambah sehingga tak jarang kamu bisa kalap saat waktu makan tiba.

9. Tetap olahraga

Saat berpuasa kamu masih tetap dapat melakukan olahraga agar program diet tetap lancar tanpa hambatan. Lakukan olahraga 30-60 menit sebelum waktu berbuka atau malam hari setelah tarawih. Rutin berolahraga selama 30 menit bisa menjadi cara diet ampuh selama bulan puasa.

10. Hindari makanan “putih”

Makanan putih seperti nasi putih, gula putih, dan roti putih termasuk dalam makanan yang layak dihindari jika ingin melakukan diet selama berpuasa. Roti putih diproses dari tepung putih dimana nutrisinya hilang karena proses tersebut, sama seperti nasi putih atau gula. Sebaiknya pilih roti dari biji-bijian seperti roti gandum atau beras merah organic untuk diet selama bulan puasa.

Tips menjalani diet selama puasa ini dapat kamu lakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil dan tidak bertambah. Ketahui jenis menu sahur diet dan berbuka yang tepat agar program diet lancar jaya saat bulan puasa.

Reference
Share