penyebab payudara gatal

Rasa gatal pada payudara sering dirasakan oleh banyak wanita. Kadang rasa gatal ini bisa muncul dimana saja dan kapan aja. Jika digaruk bisa tambah gatal dan sulit hilang. Bagaimana ya mengatasinya?

Penyebab payudara gatal bisa beragam mulai dari kebersihan diri, pakaian, alergi sampai penyakit tertentu yang memicu rasa gatal pada payudara. Ketahui apa saja penyebab payudara gatal dan cara ampuh dalam mengatasinya. Yuk simak ladies!

Penyebab payudara gatal

Penyebab payudara gatal bisa beragam lho, mulai dari alergi kulit hingga kondisi tertentu. Payudara yang gatal tentu membuat tidak nyaman bahkan jika harus menggaruknya karena bisa malu jika terlihat oleh orang lain.

Untuk mengatasinya, perlu diketahui akar permasalahan pauyudara gatal sehingga tidak kembali timbul. Ini  penyebabnya:

1. Iritasi bahan kimia

Bahan kimia yang terdapat dalam parfum, sabun, lotion, krim atau pewangi pakaian dapat menjadi penyebab payudara gatal. Jika bahan tersebut tidak sesuai, maka dapat menjadikan iritasi kulit hingga payudara terluka.

2. Pakaian terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat tidak hanya sesak namun dapat memicu reaksi alergi seperti contact dermatitis. Bra yang merupakan pakaian pelindung payudara juga harus disesuaikan, hindari memakai bra terlalu ketat sehingga payudara lembab dan menyebabkan rasa gatal.

Baca juga: Apakah Pemakaian Sport Bra Aman untuk Sehari-Hari? 

3. Jamur di payudara

Jamur dapat tumbuh dimana saja, termasuk payudara memicu penyakit jamur di kulit payudara, salah satunya adalah kandidiasis intertriginosa yang sering menyerang lipatan payudara.

Selain gatal, jamur juga menyebabkan ruam dan memerlukan antijamur atau antihistamin agar dapat meredakan gejala infeksi jamur tersebut.

4. Bekas luka

Penyebab gatal pada payudara juga bisa disebabkan adanya bekas luka. Bekas luka operasi atau pembedahan dapat menyebabkan gatal. Bekas luka gatal ini sering terjadi bahkan setelah sekian lama operasi berlangsung.

Baca juga: 8 Penyebab Jerawat di Dada!

5. Cuaca

Cuaca yang terlalu kering atau dingin dapat memicu rasa gatal pada payudara. Kamu bisa meredakan gatal karena cuaca dengan mengoleskan pelembab pada kulit atau menggunakan pelembab udara dalam ruangan.

6. Penyakit kulit dan payudara

penyakit kulit eksim

Penyakit kulit sepeti dermatitis atopic atau eksim bisa membuat payudara terasa gatal. Gejala lainnya dari penyakit kulit payudara seperti ruam berkerak yang terjadi di sekitar puting payudara.

Infeksi jamur juga bisa menjadi sebab payudara gatal karena pertumbuhan jamur yang tidak terkendali pada payudara.

7. Terapi radiasi

Penyebab lainnya payudara terasa gatal bisa terjadi akibat melakukan terapi radiasi. Terapi radiasi ternyata dapat memicu rasa gatal pada payudara. Radiasi akan membunuh sel kulit sehingga menyebabkan kulit mengelupas, sensasi terbakar dan kekeringan pada kulit payudara.

8. Menopause

Menopause terjadi pada usia akhir 40 tahun dan awal 50 tahun. Efeknya hormon estrogen menjadi sangat berkurang, minyak juga menurun hingga kulit menjadi lebih kering. Payudara dan vagina juga dapat mengalami efek gatal karena menopause.

9. Kehamilan 

tanda awal kehamilan

Tahukah kamu, salah satu tanda kehamilan adalah adanya perubahan payudara, termasuk munculnya gejala gatal pada payudara? Pada saat hamil, terjadi banyak perubahan pada tubuh seperti kulit dan tubuh menjadi mekar untuk menyiapkan kehamilan. Payudara juga bisa gatal karena efek kehamilan.

10. Penyakit paget

Penyakit paget disebut sebagai salah satu kanker payudara yang langka. Gejala dari penyakit ini umumnya rasa gatal, timbul kerak dan kulit payudara yang bersisik. Gejala ini umumnya hanya muncul pada bagian payudara saja.

11. Pubertas

Masa pubertas awal ditandai dengan payudara yang mulai tumbuh. Kulit payudara akan meregang dan menimbulkan rasa gatal. Terkadang gatal di payudara juga disebabkan kenaikan berat badan dan rasa gatal ini cenderung masih wajar jika tidak terlalu mengganggu kenyaman dalam beraktivitas.

Dengan adanya berbagai penyebab payudara gatal di atas, bagaimana cara mengatasinya agar payudara nyaman dan terbebas dari rasa gatal?

Cara mengatasi rasa gatal pada payudara

Penyebab payudara gatal bisa beragam dan jika sudah mengalaminya, tentu kamu tidak ingin payudara gatal lagi bukan? Payudara gatal dan digaruk bisa menyebabkan luka dan ruam. Untuk mengatasinya, cobalah beberapa cara mudah ini:

1. Mencuci pakaian dengan bersih

Payudara gatal bisa dipicu karena kurang bersih dalam mencuci pakaian sehingga masih tersisa residu atau bahan kimia sabun pencuci. Cuci pakaian dan bilas dengan bersih agar tidak menimbulkan masalah pada kulit payudara dan area kulit lainnya.

2. Ganti produk

Menggan produk seperti sabun, krim, lotion, parfum dan produk lain yang tidak sesuai dengan kulit bisa menjadi tindakan tepat mengatasi rasa gatal pada payudara.

3. Pilih bra yang tepat

Memakai bra yang tepat mulai dari ukuran dan bahannya/ bra dengan kain renda atau busa dapat memicu rasa gatal. Cobalah ganti bahan bra seperti menggunakan bahan lembut yang dapat menyerap keringat.

Lepas bra pada saat tidur agar sirkulasi udara berjalan lancar dan iritasi pada payudara dapat mereda.

4. Hindari menggaruk payudara

Keinginan menggaruk memang tidak bisa ditahan jika payudara gatal. Namun cobalah untuk menahannya karena menggaruk dapat menyebarkan rasa gatal di area lain, timbul ruam hingga luka. Usap payudara dengan lembut jika terasa gatal dan menghindari kemerahan di kulit.

5. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan dari luar dan dalam sangat penting untuk mengatasi payudara gatal. Rajin mandi, mengganti dan mencuci pakaian sampai membersihkan ruangan agar terbebas dari rasa gatal.

6. Periksa ke dokter

Langkah terakhir jika payudara masih gatal dan tidak menunjukkan tanda mereda yaitu dengan memeriksakan diri dan identifikasi penyebab payudara gatal. Dokter akan memeriksa, menemukan penyebab utamanya dan memberikan krim atau obat khusus untuk mengobati gatal pada payudara.

Pengobatan untuk payudara gatal

Penyebab payudara gatal bisa bermacam-macam jenisnya. Ada sejumlah kondisi yang harus kamu ketahui dan perlu mendapatkan perawatan dari dokter ahli seperti:

  • Gatal sangat parah disertai gejala penyakit kulit
  • Gatal lebih dari seminggu
  • Gatal disertai nyeri dan bengkak pada payudara
  • Muncul ruam pada lipatan payudara bagian atas, bawah atau kedua sisi.
  • Gatal tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan rumah.
  • Kulit payudara menjadi tebal

Pengobatan pada payudara gatal akibat infeksi kulit bisa umumnya diresepkan dokter dengan obat antijamur seperti salep nystatin, salep miconazole dan clotrimazole, fluconazole tablet dan kapsul.

Dokter akan membantu mencari tahu penyebab gatal payudara dan biasanya akan memberi obat antibiotic dan merekomendasikan pengobatan lain yang disesuaikan dengan penyebab utamanya. Jika payudara gatal terasa tak wajar, jangan segan periksakan diri ke rumah sakit ya, ladies!

Share artikel ini
Reference