mimpi melahirkan saat hamil

Mimpi melahirkan saat hamil sangat mungkin dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Pikiran tentang cara mengeluarkan bayi dari perut yang menyakitkan mungkin selalu menghantui para ibu. Namun jangan panik dulu, karena bisa jadi proses persalinan tidak semenyeramkan itu!

Tidak hanya mimpi melahirkan, para ibu hamil juga banyak mengalami mimpi aneh saat hamil tua. Apakah mimpi ini menjadi pertanda sesuatu? Yuk simak penjelasan lengkapnya disini!

Mimpi melahirkan saat hamil

arti mimpi haid

Jika bermimpi melahirkan saat kamu benar-benar sedang hamil, maka makna di baliknya tidak perlu dipertanyakan lagi. Menurut Lauri Loewenberg, seorang pakar mimpi dan penulis Dream on It: Unlock Your Dreams, Change Your Life, jika kamu sedang hamil lalu bermimpi melahirkan, artinya alam bawah sadar sedang mempersiapkan diri untuk menyambut peristiwa besar.

Lauren juga mengatakan bahwa kamu tidak perlu khawatir jika melihat mimpi-mimpi aneh saat sedang hamil. Seperti mimpi melahirkan ikan atau melihat anak kucing baru lahir dengan gigi lengkap. Jangan biarkan mimpi aneh tersebut menjadi buruk dan membuatmu stress, karena semua itu hanya ekspresi alam bawah sadar saat persalinan nanti.

Mimpi aneh saat hamil tua

mimpi basah

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, mimpi yang kamu lihat mungkin menjadi lebih aneh dan terkadang buruk daripada sebelumnya. Seringkali mimpi-mimpi ini merupakan refleksi dari pikiran, perasaan atau kecemasan yang kamu alami di siang hari.

Tidak hanya kekhawatiran akan persalinan yang akan dialami, kecemasan saat hendak menjalani peran sebagai ibu baru juga mungkin dapat mempengaruhinya. Jika terlalu mengganggu, kamu bisa menceritakan mimpimu kepada pasangan, bidan, atau dokter kandungan yang mengawasi masa kehamilanmu.

Ada beberapa jenis mimpi yang mungkin kamu alami meskipun tidak secara spesifik, berikut penjelasanya:

1. Mimpi berada dalam perjalanan saat hamil

Mimpi tentang perjalanan bisa jadi merepresentasikan kesiapan kamu menjalani peran sebagai ibu baru. Jika perjalanan di mimpi kamu menyenangkan, berarti kamu siap dan menikmati peran baru tersebut. Namun sebaliknya, jika perjalanannya cukup sulit mungkin kamu masih cemas.

2. Mimpi bermain game saat hamil

Bermain game atau olahraga di dalam mimpi, bisa jadi menjadi simbol bahwa kamu berkeinginan kuat untuk menang sebagai seorang ibu dalam merawat anak. Perubahan emosi selama bermain game karena kalah atau ganti pemain, mungkin menyimbolkan perasaan kamu yang naik turun selama kehamilan dan menunggu kehadiran sang bayi.

3. Mimpi persalinan saat hamil

Penelitian menunjukkan bahwa hingga 10 persen wanita hamil mengalami mimpi buruk setidaknya sekali seminggu. Bermimpi tentang persalinan yang lama dan menyakitkan atau tidak sampai ke rumah sakit tepat waktu. Meskipun terlihat sangat menakutkan dan mengganggu, ingatlah bahwa semua itu hanyalah cerminan dari kekhawatiran dalam dirimu sendiri.

4. Mimpi melihat binatang melahirkan

Bermimpi melahirkan binatang atau melihat mereka melahirkan, menjadi cerminan persiapan persalinan melalui gambaran yang sederhana yaitu binatang. Namun di sisi lain, mimpi ini mungkin mengungkapkan ketakutan mendasar untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas makhluk yang tidak berdaya.

5. Mimpi mengeluarkan bayi dari rahim dan mengembalikannya

Meskipun terdengar sangat mengerikan, tapi mimpi ini kemungkinan besar merupakan cerminan dari keinginan kamu melihat bayi berkembang secara normal. Arti lain dari mimpi ini yaitu orang tua yang khawatir melihat bayinya dan bertanya pada diri sendiri “Apakah aku bisa mencintai bayi ini dengan baik?”

6. Mimpi pasangan selingkuh

Mimpi perselingkuhan yang kamu lihat, biasanya merupakan tanda bahwa kamu merasa rentan dan tidak aman. Saat tubuh mengalami perubahan, kamu mungkin tidak selalu merasa menarik, sehingga khawatir jika suami masih menginginkan kamu atau tidak. Lagi lagi, hal ini berakar dari kecemasan dan tekanan pikiran yang kamu alami.

7. Mimpi lupa tempat meletakan bayi

Banyak orang tua yang takut bahwa mimpi ini menjadi sebuah firasat firasat buruk. “Pasien berbagi mimpi tentang kehilangan bayi, atau membahayakan bayi,” kata Marjorie Greenfield, penulis The Working Woman’s Pregnancy Book.

Greenfield juga mengatakan, “Saya memberitahu mereka bahwa mimpi adalah cara otak mengatasi ketakutan dan kecemasan. Mimpi hanyalah proyeksi dari apa yang sedang kamu hadapi dan tidak dapat memprediksi masa depan.” Alam bawah sadar kamu mungkin sedang ribut sekarang karena mempersiapkan babak baru dalam hidup.

Baca juga:

Mengelola stress dengan baik menjadi kunci menghentikan berbagai mimpi aneh yang kamu alami selama hamil. Percayalah bahwa hal buruk tidak akan terjadi dan hanya hal baik yang akan datang ke dalam hidupmu!

Share artikel ini
Reference