Meskipun masih di tengah gelombang pandemic covid-19, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) akan diperingati sebagai momentum yang menggugah kepedulian dan partisipasi akan pemenuhan hak anak di Indonesia.

Tak heran jika kemudian banjir ucapan selamat Hari Anak Nasional pun digelar. Peringatan Hari Anak Nasional juga menjadi momentum penting.

Sebagai pengingat bahwa anak-anak mempunyai hak untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang, berpartisipasi sesuai dengan harkat dan martabat manusia, dan mendapatkan perlindungan baik itu dari kekerasan dan diskriminasi dalam bidang apapun.

Apa yang membedakan hari anak nasional 2022 dengan tahun sebelumnya?

Kapan Hari Anak Nasional Indonesia

aspek perkembangan anak usia dini
happy little asian girl having fun among blooming sunflowers under the gentle rays the sun. summer holiday,child holding magnifying glass and looking on sunflower for learning,flower education concept

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli dan gagasan yang tujuan awalnya adalah mewujudkan kesejahteraan anak.

Sangat penting bagi seluruh bangsa Indonesia untuk dapat menghargai, menghormati, menjamin hak tanpa membedakan atau diskriminati.

Serta memberikan yang terbaik dan menjamin kelangsungan hidup anak secara maksimal untuk tumbuh kembangnya.

Banyak cara untuk dapat merayakan Hari Anak Nasional sebagai bentuk kepedulian anak kesejahteraan anak.

Tentunya berbagai perayaan ini pun turut didukung negara sebagai salah satu lembaga yang menjamin kesejahteraan anak Indonesia. 

Bagaimana sejarah Hari Anak Nasional?

Baca juga: Hari Dokter Nasional, Kenali Sejarah dan Cara Memperingatinya!

Sejarah Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional merupakan salah satu perayaan nasional yang digalakkan sejak dulu. Penetapan hari anka nasional sejak 1951 terus diupayakan oleh Kongress Wanita Indonesia atau KOWANI. KOWANI merupakan federasi dari organisasi perempuan Indonesia. 

Pada sidang tahun 1951, gagasan ini disampaikan kowani meski masih sekadar prinsip sehingga belum ditetapkan tanggal perayaannya.

Dalam perjalanannya, Hari Anak Nasional mengalami beberapa pergantian tanggal lahir. Berdasarkan keputusan presiden nomor 44 tahun 1984, hari anak ditetapkan setiap tanggal 23 Juli. 

Usul penetapan Hari Anak Nasional ini dimulai usai ditetapkannya Undang-Undang No 4 Tahun 1979 yang berisi tentang Kesejahteraan Anak yang kemudian disahkan pada 23 Juli 1979.

Oleh karena itu Presiden Soeharto pun menggagas bahwa tanggal tersebut menjadi salah satu hari penting untuk merayakan Hari Anak Nasional.

Gagasan akan hari anak tersebut dinilai Soeharto sebagai salah satu langkah di mana anak-anak merupakan aset untuk kemajuan bangsa.

Sehingga hari anak ini patut untuk menjadi peringatan bagi bangsa dan negara. Sejak saat itu, perayaan hari anak terus menjadi gelaran rutin yang memperlihatkan bahwa Indonesia merupakan negara ramah anak.

Rangkaian selamat Hari Anak Nasional pun turut hadir dari berbagai pihak untuk merayakan hari spesial yang akan datang pekan ini, pada 23 Juli 2022. 

Baca juga: Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

Logo Hari Anak Nasional 2022

logo selamat hari anak nasinoal 2022

Cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan selamat Hari Anak Nasional pada 2 tahun lalu digelar dengan moderat dan penuh tantangan. Persebaran virus yang massif juga berdampak pada masyarakat, tak terkecuali anak-anak.

Pandemi ini, tak hanya orang dewasa yang mengalami berbagai persoalan, namun anak-anak juga mengalaminya. Tantangan-tantangan inilah yang kemudian menjadikan tema Hari Anak Nasional 2022 ini cukup eksploratif.

Dimana han mengambil tema, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sebagai salah satu langkah peringatan kesejahteraan anak Indonesia.

Dalam logo Hari Anak Nasional 2022 tergambar tiga anak yang salah satunya merupakan penyandang disabilitas memang bendera merah putih, dengan dua anak di sebelahnya.

Terdapat garis abu-abu yang memancar seolah siluet. Latar belakang merah putih dengan tulisan hari anak nasional, anak terlindungi, Indonesia maju.

Dalam logo ini terdapat filosofi yang memiliki arti sebagai berikut:

  • 3 anak memegang bendera. Hal ini menggambarkan bahwa setiap anak memiliki cita-cita atau impian yang dapat diraih dengan semangat, dukungan dan doa. 
  • Warna merah putih. Warna ini merupakan lambing dari bekersmaan dan nasionalisme anak Indonesia untuk tetap berlaku kreatif, semangat dan saling dukung dalam masa sulit.
  • Garis abu-abu. Gambaran situasi covid-19 yang pada akhirnya berdampak pada perubahan pola hidup anak dimana dalam keadaan apapun, anak-anak harus tetap diupayakan haknya, penuh gembira dan kreatif serta dalam perlindungan keluarga.

Kenapa 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional?

Menurut Kementerian Pemberdayaan Dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), peringatan selamat Hari Anak Nasional merupakan kepedulian bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Cara paling mudah dalam pemenuhan hak kesejahteraan anak adalah dengan mendorong keluarga yang merupakan lembaga pertama dan utama untuk memberikan perlindungan kepada anak.

Dengan ini diharapkan bahwa anak akan menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, ceria, sehat, cinta tanah air dan berakhlak mulia.

Pemerintah pun tetap menghimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah awal peringatan Hari Anak Nasional di tengah pandemi covid-19 yang masih naik turun ini.

Mengapa Hari Anak Nasional terus diperingati?

Mengapa harus memperingati Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional terus peringati sebagai upaya untuk kesejahteraan anak, pemenuhan hak anak sehingga anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Upaya ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap anak baik dari keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. 

Kamu bisa ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Anak Nasional dalam berbagai cara, lho. Ini contohnya:

  • Mengadakan lomba anak seperti lomba mewarnai, membaca puisi, membuat video, menyanyi, fotografi, dan sebagainya.
  • Mengupayakan lingkungan yang ramah anak.
  • Membuat pelatihan sederhana untuk anak-anak dari lingkup yang paling kecil, seperti keluarga dan tetangga,
  • Ikut merayakan di sosial media dengan membuat twibbon Hari Anak Nasional 2022.

Anak-anak memerlukan orang dewasa agar mendapatkan hak penuh untuk tumbuh dan berkembang. Jangan lupa untuk ucapkan selamat Hari Anak Nasional 2022, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju!”

Share artikel ini
Reference