apa manfaat minum air putih

Mengonsumsi air putih bukan hanya menghilangkan haus namun memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh dan kulit. Apa manfaat minum air putih? Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan, minuman ini dapat membantu mengontrol kalori, hingga mencegah penuaan dini

Lantas, sebenarnya apa manfaat minum air putih dan seberapa banyak kita perlu mengkonsumsi air putih setiap harinya? berikut ulasannya. 

Apakah minum air putih bagus untuk kesehatan?

Air putih memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Dengan minum cukup air setiap harinya, tubuh dapat terhidrasi dan keseimbangan cairan pun dapat lebih terjaga.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60 persen air dimana cairan ini berperan dalam penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, pemeliharaan suhu tubuh, serta transportasi nutrisi. Jadi, mengkonsumsi air putih sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Berapa takaran gelas air putih dalam sehari?

minum air putih
Manfaat minum air putih

Kebutuhan air putih setiap orang dapat berbeda. Namun, umumnya orang dewasa disarankan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Namun, untuk orang dengan kondisi tertentu, seperti ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak, yakni 2,5 sampai 3 liter per hari. 

Selain itu, seseorang juga disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak jika setelah berolahraga, demam, muntah, cuaca panas, dan juga diare. Selain dari minuman, asupan cairan juga dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti semangka dan bayam yang memiliki kandungan air cukup tinggi. 

Manfaat minum air putih untuk kebutuhan tubuh

Apa saja manfaat minum air putih untuk tubuh? Berikut beberapa khasiatnya:

1. Baik untuk ginjal

Cairan tubuh akan mengangkut produk limbah untuk masuk dan keluar sel. Salah satu racun utama yang ada dalam tubuh adalah nitrogen urea darah.  Ini adalah limbah yang larut dalam air dan dapat dikeluarkan melalui urin oleh ginjal

Organ yang satu ini memiliki fungsi yang luar biasa untuk membersihkan sekaligus membuang racun dalam tubuh selama cairan tercukupi. Ketika, cairan tubuh tercukupi setiap harinya, urin akan berwarna terang dan tidak berbau menyengat. Sedangkan, jika cairan tubuh tidak tercukupi urin akan berbau dan memiliki perbedaan bapa konsentrasi dan warna urin. 

2. Mengontrol kalori

minum teh saat haid

Selain membantu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh, minum air putih juga dapat mengontrol kalori. Bukan rahasia lagi, jika air putih menjadi salah satu hal penting dalam program penurunan berat badan. 

Minum air juga akan membantu membuat tubuh merasa lebih kenyang. Orang yang sedang diet juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar air tinggi karena tubuh akan lebih lambat untuk menyerap makanan tersebut sehingga perut terasa kenyang lebih lama. 

3. Memberi energi otot

Apa manfaat minum air putih yang selanjutnya adalah memberi energi otot. Minum cukup air sangat penting, terutama ketika berolahraga. Saat olahraga, disarankan untuk minum cairan lebih awal dan selanjutnya mengkonsumsi air putih secara berkala. Tujuannya adalah untuk menggantikan cairan yang hilang karena tubuh berkeringat

4. Menjaga konsentrasi

Kurangnya cairan tubuh juga berdampak buruk pada fungsi otak yang menyebabkan sulit untuk berkonsentrasi dan fokus. Cukup minum dapat membantu otak supaya dapat berfungsi dengan baik. 

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Minum air putih juga berguna untuk menjaga fungsi pencernaan. Jika cairan tubuh tidak terpenuhi, kamu bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah sembelit. Selain mengkonsumsi serat, air putih juga berperan penting untuk melancarkan buang air besar. 

Manfaat minum air putih untuk kecantikan

Puasa skincare

Selain mengetahui apa manfaat minum air putih untuk kesehatan, kamu juga perlu tahu bahwa ternyata mengkonsumsi air putih juga bermanfaat untuk kulit. Berikut beberapa manfaat tersebut:

1. Meratakan warna kulit

Cukup minum air dapat membantu membuang racun pada tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, cairan ini juga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke kulit untuk memberikan warna kulit yang merata. 

2. Mencegah penuaan dini

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memiliki elastisitas kulit yang terjaga serta memiliki kulit lembab yang sehat. Elastisitas kulit yang baik akan mencegah tanda penuaan seperti munculnya garis halus dan kerutan. 

3. Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari

Manfaat minum air putih untuk kulit selanjutnya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari. Selain minum air putih, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari tersebut. 

4. Mencegah jerawat

Air putih yang cukup dapat menyembangkan kadar minyak pada kulit wajah. Sehingga dapat mencegah produksi sebum berlebih yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Ini sebabnya, penting untuk minum air putih untuk memiliki kulit yang sehat dan terbebas dari jerawat. 

5. Mencegah kulit kering

Apa manfaat minum air putih untuk kulit selanjutnya adalah mencegah kulit kering. Minum cukup air juga dapat mencegah kulit menjadi kering. Selain itu, juga dapat mencegah gatal pada kulit yang disebabkan karena kurangnya kelembaban pada kulit. 

6. Menjaga keseimbangan pH

Kulit yang sensitif dan berjerawat dapat dicegah dengan minum air putih yang cukup. Selain itu, minum air putih juga dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan bersih. Pasalnya, minum cukup air akan membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh kamu. 

7. Kulit menjadi lebih kencang

Minum air putih bukan hanya dapat menurunkan berat badan tapi juga menjaga kekencangan kulit. Penurunan berat badan yang tiba-tiba dapat menyebabkan kulit menjadi kendur. Minum air putih dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit sehingga kekencangannya lebih terjaga. 

Share artikel ini
Reference