manfaat susu kedelai untuk promil

Susu kedelai merupakan minuman non-dairy yang sering dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Hal ini karena susu kedelai tidak berasal dari protein hewani. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi dan termasuk susu yang rendah kalori.

Terbuat dari kacang kedelai dan air yang disaring menggunakan saringan khusus. Manfaat susu kedelai untuk promil juga beragam, mengandung asam lemak esensial omega-3 dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi dan dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita.

Ketahui berbagai manfaat susu kedelai untuk promil dan efek sampingnya sebelum kamu mengonsumsinya!

Pengaruh susu kedelai dan kesuburan

Manfaat susu kedelai terutama bagi wanita yang promil yakni bisa meningkatkan kesuburan. Maka dari itu, susu kedelai ini bisa kamu konsumsi karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Penelitian dilakukan terhadap 36 wanita yang tidak menstruasi selama enam bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggonsumsi susu kedelai per hari sebanyak 6 gram memiliki tingkat ovulasi dan menstruasi lebih tinggi jika dibanding orang yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Selain itu, manfaat susu kedelai bagi wanita juga berkat peran fitokimia dalam mengangkat efek negatif dari BPA yang merupakan zat kimia dari plastik yang bisa mempengaruhi kesuburan wanita.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kedelai sebelum menjalani inseminasi yakni teknik memasukkan sperma dalam rahim, memiliki peluang keberhasilan lebih tinggi dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kedelai.

Berapa Kalori Susu Kedelai? Ini Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan!

Faktanya, bukti menunjukkan bahwa untuk wanita yang menjalani fertilisasi in vitro atau IVF, mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar dapat meningkatkan peluang untuk hamil.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat susu kedelai untuk kesuburan.

Manfaat susu kedelai untuk promil

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi susu kedelai selama promil:

1. Menjaga kesehatan janin

Adanya kandungan asam folat bisa membantu melancarkan metabolisme sel pada seluruh tubuh kamu, termasuk ovarium. Saat proses metabolisme sel pada tubuh kamu berjalan baik, kesehatan sel telur juga baik. Oleh sebab itu, proses produksi sel telur berjalan dengan lancar.

Selain itu, asam folat juga bisa menjaga kesehatan pada janin, mencegah keguguran, serta mengurangi risiko cacat lahir.

2. Sumber lemak yang baik

Selain sebagai sumber lemak yang baik dan menyehatkan, secangkir susu kedelai juga memiliki kalori yang rendah. Sehingga cocok untuk kamu konsumsi saat sedang menjalankan diet dan menjaga berat badan saat hamil, dan sebagai alternatif buat kamu yang menerapkan gaya hidup vegetarian.

8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Promil dan Ragam Kesehatan Lainnya

3. Sumber protein yang baik

Susu kedelai dapat dikonsumsi ibu hamil sebagai sumber protein. Beberapa jenis protein yang terdapat dalam susu kedelai adalah treonin, arginin, isoleusin, glisin, dan lisin.

Semua diketahui berperan besar dalam memastikan perkembangan organ janin berjalan dengan sempurna. Asam amino pada susu kedelai juga memiliki peran penting terhadap kecerdasan anak.

4. Mengurangi gejala menopause

Selain meningkatkan kesuburan, susu kedelai juga memiliki manfaat lain bagi wanita. Isoflavon adalah kelas fitoestrogen yang ditemukan secara alami dalam kedelai yang berperan sebagai estrogen dalam tubuh.

Terjadinya hormon estrogen yang menurun saat menopause. Kedelai bisa berperan sebagai estrogen alami yang dapat mengurangi berbagai gejala yang timbul saat menopause.

Berapa banyak susu kedelai yang diminum untuk promil?

Manfaat susu kedelai untuk promil memang beragam. Namun demikian kamu harus tetap mengonsumsi susu kedelai secukupnya tanpa mengkhawatirkan potensi risikonya.

Menurut pedoman yang diterbitkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists dan U.S. Soybean Export Council.

Namun, tidak ada pedoman resmi berapa banyak yang boleh kamu makan. Contoh kedelai dalam jumlah sedang adalah:

  • 1 cangkir susu kedelai
  • 1/2 cangkir tahu
  • 1/2 cangkir tempe
  • 1/2 cangkir pengganti daging kedelai
  • 1/2 cangkir kedelai

Setiap orang berbeda, dan dokter kamu mungkin memiliki rekomendasi khusus untuk kamu. Jika kamu secara teratur makan makanan yang mengandung kedelai, bicarakan dengan dokter kamu tentang berapa banyak yang aman untuk kamu makan selama kehamilan.

Kamu bisa makan semua jenis kedelai, tetapi varietas yang difermentasi seperti tempe, miso, dll.

Efek samping susu kedelai promil

Manfaat susu kedelai untuk promil memang banyak, tapi jangan salah susu kedelai jika dikonsumsi tidak benar juga bisa menimbulkan efek samping, seperti:

  1. Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang dapat memicu terjadinya migrain.
  2. Penelitian yang dilakukan pada objek hewan menemukan bahwa konsumsi susu kedelai secara berlebihan dapat memicu munculnya tumor atau cacat fisik pada janin.
  3. Beberapa ibu hamil ada juga yang mengalami alergi seperti gangguan pernapasan, ruam, muntah, mual, dan bengkak.
  4. Dalam kasus yang jarang terjadi, meminum susu kedelai dapat menyebabkan reaksi alergi parah yang mengancam keselamatan penderitanya.

Selama promil maupun hamil, boleh mengonsumsi susu kedelai. Pastikan kamu tidak meminum susu kedelai secara berlebihan supaya bisa meminimalisir terjadinya efek samping.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference