manfaat folavit 400 untuk promil

Manfaat Folavit 400 untuk promil memang masih banyak dipertanyakan. Pasalnya asam folat yang merupakan kandungan dari suplemen makanan ini, lebih efektif digunakan untuk masa kehamilan atau prenatal.

Apakah ini artinya Folavit 400 tidak berdampak pada kesuksesan promil? Mari kita simak jawabannya di bawah ini, ladies!

Bisakah Folavit 400 untuk promil?

Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah tidak sepenuhnya bisa. Sebagaimana diketahui, asam folat ─ kandungan utama dalam Folavit 400 ─ merupakan vitamin yang sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan janin selama masa kehamilan. 

Namun demikian, asam folat tetap bagus untuk menjaga kesehatan secara umum dan membantu kesuburan. Profesional medis juga merekomendasikan agar pria mengonsumsi asam folat saat mencoba untuk memiliki anak, karena dapat meningkatkan kualitas sperma mereka.

Manfaat Daun Bidara untuk Promil, Sudah Tahu?

Kegunaan dan manfaat Folavit 400

Selain untuk promil, Folavit 400 juga baik untuk membantu mengatasi/mengurangi gejala berikut

  1. Anemia megaloblastik defisiensi folat (anemia makrositik yang disebabkan oleh defisiensi atau gangguan penggunaan vitamin B12 atau asam folat)
  2. Anemia megaloblastik defisiensi folat pada bayi
  3. Pengobatan defisiensi folat pada sindrom malabsorpsi (gangguan yang terjadi ketika seseorang tidak dapat menyerap nutrisi). Pemberian Folavit parenteral mungkin perlu dipertimbangkan jika pengobatan oral tidak efektif.
  4. Anemia megaloblastik pada kehamilan
  5. Anemia megaloblastik yang berhubungan dengan alkoholisme
  6. Anemia megaloblastik yang berhubungan dengan terapi antikonvulsan
  7. Defisiensi folavit/anemia megaloblastik yang berhubungan dengan anemia hemolitik mis. Anemia Sel Sabit

Suplemen yang bagus untuk promil

Di bawah ini, adalah daftar beberapa vitamin dan suplemen penting yang dapat kamu pertimbangkan saat mencoba untuk hamil. Penting untuk diperhatikan bahwa kamu harus menerima banyak vitamin dan mineral harian dari sumber makanan. Tetapi jika kamu kesulitan mendapatkan semua jumlah harian yang direkomendasikan melalui makanan, suplemen adalah tambahan yang bagus untuk diet. 

Manfaat Akupuntur Untuk Promil: Benarkah Jadi Cara Paling Ampuh?

  1. Acetyl L-carnitine

Acetyl L-carnitine (ALC) dapat dikonsumsi oleh pria dan wanita untuk membantu meningkatkan kesuburan. Suplemen dengan kandungan ALC membantu mobilitas sperma untuk pria dan mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem reproduksi wanita yang sehat. 

ALC juga dapat membantu memperbaiki gejala PCOS, endometriosis, dan amenore – semua penyakit yang biasanya berdampak negatif pada kesuburan wanita.

Jumlah yang disarankan: 1.000-3.000 miligram setiap hari untuk pria dan wanita.

  1. Vitamin B6 dan B12

Vitamin B tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan sel telur dan mencegah infertilitas ovulasi, tetapi bahkan dapat meningkatkan kualitas sperma. Bagi wanita, kadar homosistein yang tinggi dalam folikel sering dikaitkan dengan masalah ovulasi. Sedangkan tingkat homosistein yang rendah dapat meningkatkan kemungkinan hamil! 

Sebuah studi di jurnal medis Toksikologi Reproduksi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen folat dan vitamin B6 dan B12 menurunkan kadar homosistein mereka, dan ini terjadi pada wanita dengan riwayat keguguran. 

Sebuah studi terpisah yang dilakukan pada tahun 2017 berjudul “Vitamin B12 dan Kualitas Air Mani” juga menemukan bahwa peningkatan asupan B12 pada pria menghasilkan peningkatan kualitas air mani.

Jumlah yang disarankan: Untuk B12, 1.000 mikrogram seminggu sekali untuk pria dan wanita. Untuk B6, 1,4 miligram untuk pria dan 1,2 miligram untuk wanita setiap hari.

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat dan dapat meningkatkan sistem reproduksi yang sehat baik pada pria maupun wanita. Bagi wanita, vitamin C dapat mengurangi dampak negatif radikal bebas, yang pada gilirannya mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Ini juga dapat membantu mengatur siklus menstruasi seseorang dan meningkatkan ovulasi normal. 

Mengenai dampak vitamin C pada kesuburan pria, The Nutrition and Food Security Research Center menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C dengan vitamin E meningkatkan jumlah, mobilitas, dan terkadang kualitas DNA sperma.

Jumlah yang disarankan: 90 miligram setiap hari untuk pria dan 75 miligram setiap hari untuk wanita.

  1. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 (juga disebut Coq10) adalah senyawa alami pada manusia, dan telah terbukti dapat meningkatkan kesuburan – terutama pada wanita di atas 40 tahun. Tidak hanya meningkatkan kualitas sel telur tetapi juga membantu menebalkan lapisan rahim.

Hal ini penting karena wanita dengan lapisan rahim yang lebih tipis seringkali lebih sulit hamil. Tetapi jika kamu mengonsumsi suplemen Coq10, kamu harus berhenti mengonsumsinya setelah hamil.

Jumlah yang disarankan: Jumlah yang disarankan akan bervariasi tergantung pada kebutuhanmu, tetapi biasanya antara 100-600 miligram per hari sering direkomendasikan untuk pria dan wanita.

  1. Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan hormon sehat, yang pada gilirannya penting untuk kesuburan. Selain itu, vitamin ini juga diduga dapat meningkatkan stimulasi ovarium pada wanita dan kualitas air mani pada pria.

Jumlah yang disarankan: 2.000 hingga 4.000 unit internasional (IU) setiap hari untuk pria dan wanita.

  1. Vitamin E

Sangat penting bagi kamu yang berusia 35 tahun ke atas yang mencoba hamil untuk mengonsumsi vitamin ini.

Sebuah studi bernama “Vitamin E sebagai Antioksidan dalam Kesehatan Reproduksi Wanita” menunjukkan bahwa vitamin E meningkatkan kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas sel telur. 

Untuk pria, ini membantu meningkatkan kualitas sperma, menurut penelitian di International Journal of Reproductive Biomedicine. 

Jumlah yang disarankan: 15 miligram setiap hari untuk pria dan wanita.

  1. Zat besi

Mengonsumsi suplemen zat besi dapat membantu wanita mencegah anemia defisiensi besi. Infertilitas ovulasi dapat dikaitkan dengan kekurangan zat besi, dan penelitian jangka panjang oleh Departemen Nutrisi dan Epidemiologi terhadap lebih dari 18.000 wanita menunjukkan bahwa suplementasi zat besi tampaknya menurunkan risiko infertilitas ovulasi.

Jumlah yang disarankan: 27 miligram setiap hari untuk pria dan wanita.

  1. Omega-3

Omega-3 dapat bermanfaat bagi pria dan wanita, meningkatkan motilitas sperma pria dan membantu mencapai kehamilan pada wanita di atas usia 35 tahun. Omega-3 dapat membantu kualitas sel telur secara keseluruhan pada wanita yang mencoba untuk hamil. 

Kamu dapat menemukan Omega-3 dalam makanan laut, atau pil minyak ikan. Jika kamu ingin mendapatkan Omega-3 melalui suplemen, carilah kandungan DHA (docosahexaenoic acid), karena DHA (docosahexaenoic acid) adalah yang paling sering tersedia secara hayati (lebih mudah diserap dan digunakan tubuh).

Jumlah yang disarankan: 500-1.000 miligram setiap hari untuk pria dan wanita.

  1. Selenium

Banyak yang memandang selenium sebagai vitamin “super” untuk kesuburan, karena kekuatan antioksidannya. Selenium membantu mempromosikan folikel rahim yang sehat, tempat telur dikembangkan dan dilepaskan. 

Dianjurkan agar wanita hamil mengonsumsi sekitar 60 mcg setiap hari saat mencoba untuk hamil. Ini juga bagus untuk pria. Selenium yang rendah pada pria dapat menyebabkan penurunan mobilitas dan kualitas sperma.

Jumlah yang disarankan: 55 mikrogram setiap hari untuk pria dan wanita.

  1. Seng

Seng sangat penting untuk membuat sperma, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan seng dapat menyebabkan sperma berkualitas rendah. 

Mengenai seng dan kesuburan wanita, studi tahun 2019 dari Robinson Research Institute, Adelaide Medical School, Waite Research Institute, dan School of Medical Science menemukan bahwa kadar seng yang lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan waktu yang lebih lama untuk mencoba hamil, jadi seng dapat membantu pembuahan dan perkembangan sel telur.

Jumlah yang disarankan: 11 miligram setiap hari untuk pria dan 8 miligram setiap hari untuk wanita.

Mengonsumsi vitamin dan suplemen ini dapat bermanfaat sebelum pembuahan, selama kehamilan, dan sesudahnya. Banyak dari yang tercantum di atas tersebut, seperti asam folat, B12, B6, dan zat besi, sudah dapat ditemukan dalam vitamin prenatal. 

Penting untuk berbicara dengan dokter tentang suplemen apa yang mungkin tepat untukmu, dan bagaimana suplemen tersebut dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan dan kehamilan yang sukses.

 

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference