manfaat kuaci untuk promil

Yoonies, apakah saat ini kamu dna pasangan sedang mendambakan kelahiran si kecil dengan mengikuti program kehamilan?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan saat suami istri ingin mendapatkan keturunan, salah satunya dengan meningkatkan Kesehatan reproduksi dan menjaga Kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada banyak upaya yang dapat dilakukan, salah satunya dengan memperbanyak konsumsi makanan mengandung nutrisi tinggi. Ada makanan peningkat kesuburan yang bisa kamu dan pasangan konsumsi, salah satunya adalah biji bunga matahari atau kuaci. 

Benarkah ada manfaat kuaci untuk promil yang dapat dirasakan untuk kesuburan? Yuk simak fakta manfaat cemilan ringan yang satu ini.

Kandungan kuaci

manfaat kuaci untuk promil

Siapa yang tidak ketagihan dengan cemilan ringan gurih Bernama kuaci? Cemilan ini mempunyai ukuran kecil yang berasal dari biji bunga matahari. Memang agak sulit untuk membuka kulit kuaci, namun kuaci bisa menjadi cemilan favorit yang tak bisa dipungkiri kelezatannya. 

Ada banyak manfaat dan khasiat dari kuaci yang bisa kamu peroleh jika mengonsumsi cemilan ini secara rutin, lho.

Cemilan dengan nama lain helianthus annuus ini dipanen dari kepala bunga matahari dan biasanya setiap bunga dapat menghasilkan hingga 2000 biji.

Tidak heran jika kuaci banyak disukai karena cemilan ini banyak mengandung nutrisi, dalam setiap 100 gramnya kuaci mempunyai kandungan seperti:

  • 1,2 g Air
  • 582 kalori (Kal) Energi
  • 19,33 g Protein
  • 49,8 g Lemak
  • 3,8 mg Zat besi 
  • 129 mg Magnesium
  • 79,3 mcg Selenium
  • 1155 mg Fosfor
  • 24,07 g Karbohidrat
  • 11,1 g Serat
  • 70 milligram (mg) Kalsium
  • 850 mg Kalium 
  • 3 mg Natrium
  • 7,04 mg Niacin
  • 26,1 mg Vitamin E 
  • 237 mcg Folat
  • 5 mikrogram (mcg) Beta-karoten
  • 5,29 mg Seng
  • 1,4 mg Vitamin C
  • 0,106 mg Thiamin (vitamin B1)
  • 0,246 mg Riboflavin (vitamin B2)

Dengan kandungan yang kompleks, kuaci memang dikenal dapat memberikan manfaat yang tak main-main untuk kesehatan seperti dapat menjaga berat badan tetap ideal, mencegah penyakit kanker, mengurangi stres berlebih, menyehatkan kulit, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung hingga dapat melancarkan pencernaan.

Selain itu ternyata ada manfaat kuaci untuk promil yang dapat dirasakan untuk pasutri yang ingin melakukan promil. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Kacang Almond Untuk Promil Dan Kesehatan, Tinggi Nutrisi Dan Gizi!

Manfaat kuaci untuk promil

Kuaci memang cemilan yang selintas biasa saja karena ukurannya yang kecil dan tidak terlalu banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat kuaci untuk membantu promil. 

Upaya pasangan promil dalam mendapatkan keturunan bisa dimulai dari meningkatkan kesuburan, mengonsumsi makanan dan suplemen yang meningkatkan fertilitas, menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga rutin. Disamping itu, ketahui fakta manfaat kuaci untuk promil yang dapat dirasakan pasangan promil, sepertu:

1. Tinggi protein untuk persiapan kehamilan

Pasangan yang ingin segera mempunyai keturunan dapat mengonsumsi banyak protein nabati hingga risiko infertilitas anovulasi dapat dihindari. Jika ada gangguan ini, maka sistem reproduksi dapat terganggu dan sel telur sulit untuk matang, akibatnya sel telur akan gagal untuk dibuahi oleh sperma.

Kuaci tinggi protein yang dapat meningkatkan kesuburan dan memperbaiki jaringan tubuh. Konsumsi cemilan ini juga dapat menjaga bayi tetap sehat dalam kandungan dan memberikan kekuatan untuk memperbaiki serta membangun sel tubuh.

2. Suplemen alami

Kuaci sering dijadikan sebagai tambahan nutrisi atau suplemen karena kandungan yang kompleks didalamnya. Kuaci dapat dimanfaatkan sebagai penambah kesuburan alami dan tentunya aman meskipun dikonsumsi setiap hari.

4. Omega 3 untuk Kesehatan reproduksi

omega 3 untuk ibu hamil

Keseimbangn hormon sagat penting utnuk menjaga kesuburan bagi pasangan promil. Kondisi ini dapat semakin membaik apabila konsumsi omega 3 rutin dilakukan.

Omega 3 dapat meningkatkan Kesehatan reproduksi wanita, produksi lendir serviks sehingga meningkatkan ovulasi. Selain itu omega 3 dapat memperkuat Rahim dan meningkatkan aliran darah.

5. Sumber folat untuk calon janin

Asam folat sangat penting untuk mempersiapkan perkembangan calon janin. Salah satu vitamin ini sangat dibutuhkan untuk Kesehatan reproduksi. Asam folat yang dikonsumsi rutin dapat mencegah cacat pada janin dan meningkatkan perkembangannya agar sesuai dengan usia kehamilan. 

6. Vitamin E dan seng untuk kesuburan

Manfaat kuaci untuk promil selanjutnya adalah bagus untuk kesuburan. Kesuburan sangat erat kaitannya dengan perkembangan dan Kesehatan sperma yang bagus.

Kuaci yang tinggi kandungan seng dan vitamin E diketahui dapat mencegah cacat kromosom, mencegah keguguran dan meningkatkan kesuburan pasangan promil.

Kuaci juga dapat menjadi cemilan sehat yang dapat meningkatkan jumlah sperma, sumber antioksidan yang baik. Beberapa manfaat dari kuaci juga dapat menebalkan dinding Rahim pada wanita sehingga lebih kuat dan bantu atasi gejala sindrom ovarium polikistik atau pcos.

7. Ideal untuk cemilan penurun berat badan

camilan untuk pola makan ibu hamil saat puasa

Salah satu kelancaran dalam menjalankan promil adalah berat badan yang stabil. Dokter tentu akan menyarankan pasangan promil untuk melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin lemak sehat, dan mineral.

Kuaci dapat menjadi pilihan cemilan yang dapat menjaga berat badan tetap seimbang, membantu diet dengan kandungan kalorinya yang rendah namun tinggi akan nutrisi. Kuaci dapat dijadikan cemilan sehat yang dapat membantu kesuburan dan kekurangan gizi.

Ternyata cukup banyak manfaat kuaci untuk promil yang dapat dirasakan pasangan yang ingin melakukan program hamil ya, yoonies. Namun selain itu, selalu terapkan pola hidup sehat dna jaga kesuburan serta Kesehatan alat reproduksi dengan cara sehat dan aman.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Rahim, Sudah Tahu?

Tips mengonsumsi kuaci

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kuaci untuk promil, ada baiknya menerapkan tips memilih kuaci berikut ini:

  • Hindari membeli atau mengonsumsi kuaci yang terlalu asin, pilih yang hanya sedikit rasa asin untuk menambahkan rasa saja.
  • Pilih kuaci dengan kualitas yang baik, masih bagus cangkangnya dan dipanggang dengan baik agar terhindar dari unsur radikal bebas
  • Rendam biji kuaci dan keringkan, setelah itu hangatkan dalam oven agar tetap terjaga kebersihannya.
  • Taburkan kuaci dalam makanan seperti salad, oatmeal atau smoothies.

Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference