manfaat temu ireng untuk memperlancar promil

Pernah mencoba tanaman herbal sebagai obat tradisional? Tanaman herbal memang kerap dijadikan jamu yang dapat meningkatkan kesehatan. Tanaman yang sering digunakan salah satunya adala temu ireng. 

Banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan tanaman ini, namun benarkah ada manfaat temu ireng untuk promil? Yuk simak apa itu temu ireng dan bagaimana manfaat tanaman ini untuk kebutuhan kesehatan.

Apa itu temu ireng?

manfaat temu ireng untuk promil

Banyak rempah-rempah dari tanaman yang sering dijadikan jamu, salah satunya yaitu temu ireng. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah curcuma aeruginosa dimana tanaman rempah ini seringkali bermanfaat untuk kesehatan. 

Tanaman ini memang mempunyai rasa yang pahit namun kelebihannya sebagai tanaman terbilang sangat banyak untuk kesehatan. 

Tanaman asli yang berasal dari kawasan asia tenggara ini kerap tumbuh di semak secara liar. Batangnya berwarna hijau dan lunak dengan panjang 50 cm dan tinggi hingga 2 meter. Daunnya berbentuk seperti lanset lebar dengan warna hijau sampai coklat dan agak gelap. 

Tanaman ini sering menjadi dasar dari pembuatan jamu herbal dan dapat mengatasi keluhan kesehatan dengan nutrisi yang tentunya tinggi untuk manfaat kesehatan itu sendiri. Apa saja kandungan yang terdapat pada tanaman temu ireng? 

Manfaat Susu Milo Untuk Promil, Penuhi Nutrisi Agar Cepat Hamil!

Kandungan temu ireng

Sebagai salah satu tanaman herbal, temu ireng memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan menjadi lebih baik. Adapun nutrisi atau kandungan pada temu ireng antara lain:

  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Pati
  • Antimikroba
  • Anti Radang
  • Alkaloid
  • Terpenoid
  • Antikanker
  • Minyak atsiri
  • Kurkumin
  • Tanin
  • Antijamur

Kandungan yang lengkap dan berguna untuk kesehatan ini memang tak main-main. Untuk dapat menetralisir rasa pahit yang terdapat pada temu ireng, carikan tanaman ini dapat dicampur dengan madu atau gula jawa sehingga dapat dinikmati tanpa rasa pahit yang berlebih. 

Tanaman temu ireng memang mirip dengan jahe atau kunyit, akan tetapi temu ireng mempunya bau dan rasa yang khas sehingga dapat dibedakan dengan mudah dengan jenis rempah yang lain. 

Manfaat khusus dari tanaman ini yaitu dapat membantu pasangan promil dalam mendapatkan keturunan dengan lebih cepat. Apa saja manfaatnya? 

Manfaat temu ireng untuk promil

manfaat minum temu ireng untuk promil

Banyak manfaat temu ireng untuk promil dengan meningkatkan kesuburan dan memperbaiki kesehatan reproduksi seorang wanita. Berikut khasiatnya:

1. Antioksidan 

Pengaruh radikal bebas dapat mempengaruhi metabolisme, sistem kekebalan hingga kesuburan seorang wanita.

Nah, temu ireng ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki kondisi tubuh atau sel yang rusak akibat paparan sel bebas.

2. Anti bakteri

Temu ireng dapat menjadi anti bakteri yang baik sehingga mencegah infeksi yang dapat mengganggu sistem reproduksi.

Organ vital yang lembab dapat merangsang pertumbuhan bakteri lebih cepat sehingga mengganggu kebersihan vagina. Temu ireng dapat membunuh bakteri dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin.

8 Manfaat Kunyit dan Sereh Untuk Promil, Intip Khasiatnya Ladies!

3. Meningkatkan potensi kehamilan

Temu ireng dikenal mempunyai kandungan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dan potensi memperoleh kehamilan seperti zat besi dan jenis kandungan lainnya.

Konsumsi rutin jamu temu ireng dapat membantu kesuburan, akan tetapi lakukan diskusi dengan dokter promil agar manfaatnya dapat lebih terasa maksimal.

4. Tinggi vitamin C

Kekebalan tubuh yang tinggi diperlukan pasangan promil agar tetap fit dan segar. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin c dapat membantu kekebalan tubuh menjadi semakin baik. Sehingga, proses reproduksi juga akan semakin membaik jika kekebalan tubuh dapat dijaga. 

Temu ireng memiliki manfaat vitamin c yang tinggi sehingga bisa menjadi jamu herbal untuk meningkatkan sistem imun bagi pasangan promil.

5. Atasi rasa sakit haid

Rasa nyeri atau sakit yang berlebihan pada saat haid bisa menjadi indikasi bahwa ada masalah pada sistem reproduksi.

Hal ini perlu diperiksakan lebih lanjut sehingga rasa sakit tidak menyebabkan masalah pada kesuburan sehingga menyulitkan program kehamilan. Temu ireng diketahui dapat meringankan rasa sakit yang berlebih pada saat haid.

6. Ramuan pasca melahirkan

Temu ireng memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membersihkan darah nifas secara optimal. Kondisi ini biasanya dirasakan pasca melahirkan sehingga reproduksi akan kembali membaik.

Untuk mengonsumsinya, lakukan pemeriksaan dan diskusi dengan dokter agar manfaatnya maksimal dan tidak ada efek samping yang membahayakan.

7. Detox alami tubuh

Untuk menghilangkan racun dalam tubuh secara alami, temu ireng bisa menjadi salah satu kuncinya.

Penyebab ketidaksuburan bagi pasangan promil bisa dilihat dari banyaknya racun yang menumpuk pada tubuh sehingga sebaiknya konsumsi jamu alami agar tubuh lebih sehat dan terbebas dari segala macam racun.

8. Penambah darah

Zat besi bagi seorang wanita yang sedang melakukan promil merupakan nutrisi yang sangat penting. Konsumsi temu ireng diketahui dapat membantu mengoptimalkan kesuburan karena dapat menambah darah secara alami.

Kekurangan darah dapat menyebabkan vitalitas dapat terganggu sehingga kesuburan seorang wanita juga menurun. 

Selain Memperkuat Imun Tubuh, Ini Manfaat Vitamin C untuk Promil!

Efek samping temu ireng 

Dengan berbagai manfaat dari temu ireng untuk promil, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat memanfaatkan temu ireng dengan maksimal untuk menghindari efek samping yang tidak diharapkan.

Ada beberapa efek samping yang mungkin timbul dan harus dibatasi konsumsinya seperti:

  • Temu ireng sebaiknya tidak dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang
  • Tidak dikonsumsi saat hamil dan menyusui
  • Hindari mengonsumsi jamu temu ireng bersamaan dengan obat yang diresepkan dokter

Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter jika sedang merencanakan promil dan hentikan konsumsi temu ireng jika tidak disarankan oleh dokter.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference