manfaat kulit pisang untuk wajah

Buah tropis ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Selain untuk perawatan wajah kamu, pisang juga membantu melancarkan sistem pencernaan kamu. Menariknya, tidak hanya buahnya saja, kulit pisang juga memiliki segudang manfaat yang bisa kamu dapat.

Pasalnya, kulit pisang mengandung berbagai vitamin B6, vitamin B12, magnesium, potasium, kaya akan serat, dan protein. Menurut jurnal Applied Biochemistry and Biotechnology, ternyata kulit pisang memiliki manfaat kulit pisang untuk wajah karena adanya berbagai senyawa bioaktif seperti karotenoid, polifenol yang baik untuk wajah kamu.

Hingga saat ini, ada 40 senyawa berbeda yang teridentifikasi dalam kulit pisang, seperti yang dilaporkan dalam studi Januari 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods. Yuk, simak lebih lanjut mengenai manfaat kulit pisan di bawah ini!

Manfaat kulit pisang untuk wajah

Puasa skincare

Manfaat kulit pisang didapatkan dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Kulit pisang terbukti secara ilmiah kaya akan senyawa bioaktif, seperti karotenoid, polifenol, dan asam fenolik. Ketiga senyawa ini dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit kamu.

Meski penelitian tentang manfaat kulit pisang pada wajah masih sangat terbatas, berbagai kandungan dalam kulit pisang sendiri memiliki manfaat sebagai antimikroba, antioksidan, dan antiradang.

Ada juga manfaat kulit pisang yang dipercaya turun temurun di kalangan masyarakat untuk wajah. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Merawat kulit

Kulit pisang kaya akan antioksidan dan antimikroba serta mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kulit.

Memang belum ada penelitian yang memastikan manfaat kulit pisang untuk kulit. Namun, mengoleskan kulit pisang ke tubuh dipercaya dapat memutihkan dan melembabkan kulit, mengurangi kerutan dan kantung mata, serta menghilangkan bekas jerawat.

2. Menghilangkan kerutan

Bertambahnya usia tentu wajah akan mengalami penurunan jumlah kolagen yang mana bisa membuat kulit kamu berkerut dan kendur. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan kandungan silika pada kulit pisang dengan membuat masker.

Caranya campurkan kulit pisang yang sudah dihaluskan dengan kuning telur, oleskan pada wajah selama 5 menit, lalu bersihkan dengan air hangat hingga bersih.

3. Hilangkan bekas jerawat

Para pendukung mengklaim bahwa pisang dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit dengan bantuan vitamin A dan C. Hal ini dapat bermanfaat untuk bekas jerawat serta bintik matahari.

9 Manfaat Masker Pepaya untuk Kecantikan Kamu Ladies!

4. Perlindungan terhadap sinar matahari

Meskipun masker wajah tidak dapat menggantikan tabir surya harian kamu, pisang mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan alami kulit kamu untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini berkat adanya berbagai kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

5. Masker wajah pisang untuk kulit kering

Beberapa orang mengklaim pisang dapat membantu kulit kering. Hal ini mungkin berkaitan adanya kandungan vitamin B6 serta potasium. Namun demikian, masih banyak penelitian lebih lanjut.

Berapa lama meninggalkan kulit pisang di wajah?

Healthline menyebutkan bahwa kulit pisang memang kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi yang dapat mencerahkan kulit serta dapat mengurangi kerutan pada kulit wajah. Bahkan, kulit pisang juga bisa sebagai pelembab untuk menghidrasi kulit.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa manfaat kulit pisang untuk wajah juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik. Oleh sebab itu, sering digunakan untuk membantu meredakan gatal pada kasus psoriasis dengan cara mengoleskan pada area kulit yang terkena. Kamu bisa menggunakannya dengan cara:

– Gosok perlahan bagian dalam kulit pisang (bagian putihnya) di wajah kamu.
– Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

Efek samping masker kulit pisang

Meski jarang terjadi, reaksi alergi juga patut kamu waspadai terhadap penggunaan masker ini. Jika kamu memiliki alergi pisang, sebaiknya kamu menghindari penggunaan masker pisang pada wajah.

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Selain itu, alergi serbuk sari juga berisiko kamu mengalami alergi pada pisang. Berikut adalah berbagai tanda reaksi alergi terhadap masker kulit pisang pada wajah, antara lain:

Kulit gatal, ruam merah atau gatal-gatal, pembengkakan kulit, bersin, mengi dan gejala asma lainnya

Manfaat kulit pisang untuk wajah memang banyak. Namun, reaksi alergi yang parah setelah penggunaan pisang juga mungkin saja terjadi.

Biasanya disebut anafilaksis yakni kondisi yang mengancam jiwa seseorang, dan harus segera membutuhkan pertolongan medis. Gejalanya sendiri biasanya mengalami pembengkakan pada wajah, kesulitan bernapas, dan pingsan.

Penggunaan masker wajah yang dilakukan beberapa kali seminggu juga membantu kesehatan kulit kamu secara keseluruhan. Masker kulit pisang hanya salah satu pilihan alami yang bisa kamu pilih. Namun, penelitian mengenai pisang serta manfaat kulitnya masih minim.

Share artikel ini
Reference