Siapa sangka jika ternyata daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk wajah, bahkan bukan hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan wajah. Kamu bisa gunakan daun jambu biji ini sebagai cara alami untuk merawat kulit wajah, loh. Yuk, ketahui langsung sejumlah manfaat daun jambu biji untuk wajah berikut ini. 

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

Berikut beberapa manfaat daun jambu biji yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

1. Membantu mengurangi kerutan di wajah

Daun jambu biji ternyata memiliki sifat anti-aging yang dapat mencegah munculnya kerutan pada kulit. Selain itu, jambu biji juga dapat mencegah efek radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Rebusan daun jambu biji juga diketahui dapat mencegah keriput, dan munculnya ragis halus serta memperbaiki tekstur kulit.

13 Cara Alami Agar Awet Muda dan Terhindar Penuaan Dini

2. Membantu mengatasi bintik hitam

Munculnya bintik hitam pada wajah memang bisa mengganggu penampilan. Kamu bisa gunakan jambu biji sebagai cara alami untuk mengatasi bintik hitam tersebut sehingga kulit tampak lebih bersih dan bebas noda.

3. Meredakan gatal di wajah

Tidak jarang, wanita juga kerap mengalami gatal pada wajah. Kamu bisa mengatasi rasa gatal tersebut dengan menggunakan daun jambu biji. Pasalnya, daun yang satu ini memiliki senyawa penghambat alergi yang dapat sembuhkan rasa gatal.

4. Meratakan warna kulit

Manfaat daun jambu biji untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi hiperpigmentasi yang membuat warna kulit tidak merata. Dengan menggunakan jambu biji, hiperpigmentasi dapat teratasi sehingga warna kulit akan lebih merata. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam daun jambu biji juga dapat membantu kecilkan pori-pori kulit kamu sehingga kulit jadi lebih bersih.

5. Mengatasi jerawat

Daun jambu biji memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk mengatasi jerawat hingga bintik hitam pada wajah. Selain itu, daun ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat membandel. 

Sebuah penelitian di American Journal of Research juga telah mengungkapkan bahwa menggunakan  daun jambu biji secara teratur dan konsisten pada kulit dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat 

6. Membantu menghilangkan komedo

Komedo merupakan masalah kulit yang cukup umum dialami banyak orang. Untunya manfaat daun jambu biji untuk wajah juga dapat mengatasi komedo sekaligus mengecilkan pori-pori. 

Ciri-Ciri Jerawat Hormon Dan Cara Mengobatinya

Cara pakai daun jambu biji

penuaan dini pada wajah

Selain mengetahui sejumlah manfaatnya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan daun jambu biji untuk wajah sehingga khasiatnya akan lebih maksimal.

  1. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji dan sedikit air.
  2. Haluskan daun jambu biji tersebut dengan air hingga berubah menjadi pasta.
  3. Oleskan pasta tersebut pada wajah yang bersih sampai mengering.
  4. Jika sudah, kamu bisa bersihkan dengan menggunakan air bersih dan pencuci muka.

Daun Jambu Biji Untuk Wajah: Sarat Akan Manfaat, Yuk Simak Cara Membuat Maskernya!

Manfaat lain daun jambu biji

Selain untuk kulit wajah, ada banyak manfaat daun jambu biji lainnya, yakni:

1. Menyembuhkan infeksi kulit kepala

sifat antibakteri pada daun jambu biji dapat membantu mengatasi infeksi kulit kepala. Kamu bisa gunakan rebusan daun jambu biji sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

2. Mengatasi rambut rontok

Daun jambu biji dapat mengatasi kerontokan rambut. Kamu bisa gunakan air rebusan daun jambu biji untuk membasuh rambut. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala selama beberapa menit.

3. Meredakan gejala sakit menstruasi

Banyak wanita mengalami kram perut saat menstruasi. Kamu bisa gunakan daun jambu biji ini untuk mengatasi nyeri tersebut. Selain itu,sebuah studi juga menunjukan bahwa mengkonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji dapat menurunkan intensitas nyeri ketika haid.

4. Baik untuk pencernaan

Baik buah dan daun jambu biji dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bahkan, jambu biji juga dapat menggerakan usus sehingga tidak sembelit.

Bukan hanya buahnya, ekstrak daun jambu biji juga diketahui baik untuk pencernaan dan dapat mengatasi diare.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

Baik daun maupun buahnya, jambu biji dikenal dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini karena kalorinya yang kecil namun seratnya cukup banyak sehingga cocok untuk kamu jadikan sebagai menu diet yang mengenyangkan.

Share artikel ini