makanan untuk penderita anemia

makanan untuk penderita anemia

Mungkin, kamu sudah tidak asing lagi dengan nama penyakit anemia. Yap! Jadi, anemia adalah kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin, yang menyebabkan kekurangan oksigen pada tubuh. 

Nah, penderita anemia harus memilih jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi karena penyakitnya disebabkan oleh kekurangan nutrien seperti zat besi, vitamin B12, dan folat. 

Idealnya, penderita anemia harus mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, vitamin B12, dan folat untuk meningkatkan kadar sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh.

Sebab, jika didiamkan, anemia dapat menyebabkan timbulnya berbagai gejala, seperti lelah, lesu, pusing, sesak napas, dan pucat. 

Jadi, bila kamu menderita anemia, sebaiknya perhatikan gaya hidup dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Makanan untuk penderita anemia

Sebelum mengetahui jenis makanan yang bisa kamu konsumsi, kita akan membahas sedikit mengenai kondisi medis anemia.

Singkatnya, anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki sel darah merah yang sehat. 

Kondisi ini dapat disebabkan oleh kehilangan darah, penghancuran sel darah merah, atau ketidakmampuan tubuh untuk membuat sel darah merah yang cukup.

Nah, sel darah merah ini mengandung protein yang disebut hemoglobin. Hemoglobin tersebut juga mengandung zat besi. 

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat hemoglobin, sehingga sel darah merah akan sulit untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, alasan lainnya dari kondisi anemia adalah kekurangan folat dan vitamin B-12. Jadi, untuk penderita anemia, berikut ini enam makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau yang warnanya gelap, seperti bayam, kangkung, hingga sawi, termasuk dalam sumber zat besi nonheme terbaik. 

Dengan mengonsumsinya setiap hari, tubuh kamu akan terisi dengan kandungan zat besi sehingga mengurangi risiko terkena anemia.

  • Daging

Daging berwarna merah dan binatang unggas mengandung zat besi tinggi yang baik untuk tubuh.

Agar maksimal, kamu dapat mengonsumsi daging dan vitamin C agar bisa meningkatkan penyerapan zat besi.

  • Hati

Tahukah kamu kalau jeroan mengandung zat besi yang bagus untuk penderita anemia? Yap! Dari berbagai jenis jeroan, kamu dapat memilih hati, jantung, ginjal, dan lidah sapi buat makanan sehari-hari. 

  • Kacang-kacangan

Makanan lainnya untuk penderita anemia adalah jenis kacang-kacangan. Kamu dapat mengonsumsi kacang merah, polong, buncis, kedelai, hingga kacang hitam.

  • Biji-bijian

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi biji-bijian untuk meningkatkan kadar sel darah merah karena kandungan zat besinya tinggi. 

Beberapa jenis biji-bijian yang bisa kamu pilih adalah kacang mete, biji rami, hingga biji bunga matahari. 

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau menaburkan biji tersebut di atas yogurt.

  • Makanan laut

Bila kamu gemar dengan makanan laut, maka tak ada salahnya mengonsumsi jenis makanan tersebut, apalagi untuk penderita anemia. 

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan makanan laut mengandung zat besi heme. Pilih jenis makanan laut seperti kerang, tiram, kepiting, udang, dan ikan.

Itu dia enam pilihan makanan yang bisa dikonsumsi untuk penderita anemia. Lezat, bukan? Dari beberapa pilihan di atas, jenis makanan mana yang paling kamu suka?

Tips mendapatkan zat besi dari makanan

Terlepas dari jenis makanan yang harus kamu konsumsi, ada beberapa hal lain yang perlu kamu tahu supaya bisa mendapatkan zat besi dari makanan, seperti berikut ini.

  1. Jangan minum teh atau kopi saat makan.
  2. Hindari mencampur makanan yang kaya akan kalsium dan zat besi sekaligus.
  3. Masak makanan dalam waktu yang lebih singkat.
  4. Konsumsi makanan kaya besi dengan makanan lain yang mengandung beta karotene, seperti aprikot, bit, dan paprika merah untuk meningkatkan penyerapan
  5. Konsumsilah kombinasi jenis makanan yang mengandung besi baik heme dan non heme untuk meningkatkan asupan dan penyerapan zat besi 

Jika kamu sudah mencoba mengubah pola makan dan kadar zat besinya tetap rendah, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Intinya, dalam mengatasi anemia, diet yang sehat dan bergizi merupakan faktor penting yang harus kamu perhatikan. 

Beberapa makanan yang dapat membantu dalam mengatasi anemia adalah makanan dengan kandungan zat besi, vitamin B12, dan asam folat, seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Share artikel ini
Reference