Manfaat minyak cendana
Gaya Hidup Hidup Sehat

5+ Manfaat Minyak Cendana, Efektif Atasi Rasa Cemas

Putri Aprillia | Maret 11, 2022
Share

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan minyak cendana. Minyak ini memang sering dipakai untuk membuat parfum dan pengharum. Banyak orang menyukai aromanya. Namun, selain aromanya yang harum, ternyata minyak ini bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Selain digunakan dalam pengobatan tradisional juga digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi medis. Cari tahu apa saja manfaat minyak cendana dalam artikel di bawah ini.

Apa itu minyak cendana?

Minyak cendana (sandalwood oil) adalah minyak atsiri beraroma klasik yang berasal dari kayu dan akar pohon cendana. Biasanya minyak ini banyak ditemukan pada parfum dan aromaterapi. Aromanya harum dan klasik sehingga disukai banyak orang.

Di samping untuk wewangian, minyak ini juga sering digunakan untuk pengobatan tradisional, lho. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ini dapat mengobati masalah kesehatan tertentu.

Kandungan minyak cendana

Berdasarkan Jurnal Kultivasi Vol.17 dari Universitas Padjajaran, minyak yang berasal dari pohon cendana mengandung beberapa senyawa berikut ini:

  • Santalol
  • Santalen
  • Santen
  • Santenon
  • Santalal
  • Santalon
  • Isovaleraldehida

Manfaat minyak cendana

Dilansir dari situs Health Line, beberapa penelitian menyatakan bahwa minyak ini memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya, antara lain:

Mengatasi peradangan

Cendana dipercaya memiliki efek anti inflamasi. Cendana dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, termasuk saat seseorang mengalami psoriasis dan dermatitis atopik.

Melawan kanker kulit

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat senyawa dalam minyak yang bisa melawan kanker kulit. Senyawa ini dikenal dengan nama santalol.

Mengatasi rasa cemas

Jika kamu merasa cemas, atasi dengan menghirup aroma minyak cendana. Sebuah riset sudah menyatakan bahwa menghirup aroma ini bisa mengatasi gangguan kecemasan berlebihan.

Membantu menyembuhkan luka

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ruhr-Universitat Bochum menyatakan bahwa pada kulit manusia terdapat reseptor penciuman. Saat reseptor tersebut aktif karena minyak cendana, hal ini akan merangsang proses pertumbuhan sel kulit yang bisa membantu penyembuhan luka.

Mencegah munculnya flek hitam

Selain membantu proses penyembuhan luka, ternyata minyak ini juga bermanfaat untuk kulit wajah. Minyak ini tidak hanya mencerahkan kulit, namun juga mencegah munculnya flek hitam. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan senyawa alpha santalol.

Digunakan dalam pengobatan tradisional

Minyak ini juga berguna dalam pengobatan tradisional. Minyak ini diyakini bisa mengatasi beberapa penyakit, seperti flu, infeksi saluran kemih, wasir, kudis, masalah pencernaan, masalah otot, gangguan kesehatan mental, dan gangguan pada hati serta kantong empedu.

Namun, perlu diingat bahwa pemakaiannya dalam pengobatan tradisional masih memerlukan penelitian secara menyeluruh. Sehingga, dianjurkan untuk tidak memakainya sebagai pengobatan utama dalam mengatasi penyakit-penyakit tersebut.

Ciri-ciri minyak cendana asli

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal pastikan kamu tidak menggunakan minyak cendana abal-abal atau oplosan. Bila dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, minyak yang asli mempunyai tekstur yang lebih kental. Tekstur kentalnya mirip seperti gel, warnanya putih transparan, dan tidak berwujud parfum seperti yang banyak dijual di pasaran.

Minyak yang asli umumnya tidak berupa bibit parfum sehingga tidak dapat menyatu atau diencerkan dengan alkohol. Minyak yang asli biasanya dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan. Karena, beberapa penjual bisa saja menjual minyak yang palsu dengan harga yang mahal dan mengklaimnya sebagai yang asli.

Tips menggunakan minyak cendana

Agar hasilnya efektif, cobalah beberapa tips menggunakan minyak cendana berikut ini.

  • Sebelum menggunakan minyak ini sebagai obat topikal, sebaiknya melakukan patch test terlebih dahulu. Gunanya untuk melihat apakah kamu alergi terhadap minyak ini.
  • Batasi jumlah pemakaiannya. Hindari pemakaian minyak dalam dosis yang berlebihan karena tidak akan efektif.
  • Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari pemakaian minyak ini karena belum terdapat informasi mengenai keamanannya.
  • Jangan gunakan secara oral pada bayi dan pengidap penyakit ginjal.
  • Agar penggunaannya aman, sebaiknya gunakan di bawah pengawasan dokter.

Minyak cendana memang efektif dalam mengatasi rasa cemas, menjaga kesehatan kulit wajah, membantu penyembuhan luka, dan mengatasi peradangan. Namun, jika kamu memakainya untuk menyembuhkan gangguan kesehatan, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Reference
Share