manfaat lilin aromaterapi
Hidup Sehat

Manfaat Lilin Aromaterapi Dan Rekomendasi Wangi Terbaik

Imelda Rahmawati | Maret 10, 2022
Share

Lilin aromaterapi sering dijumpai di spa atau tempat perawatan tubuh. Manfaat lilin aromaterapi di tempat-tempat itu seperti, memperbaiki suasana hati, membuat tubuh dan otak pengunjung rileks, sehingga perawatan yang diberikan lebih maksimal dan menyeluruh.

Lilin aromaterapi adalah istilah umum untuk lilin yang mengandung minyak esensial. Terkadang sulit untuk membedakannya dengan lilin beraroma. Keduanya memiliki aroma harum dan digunakan untuk perawatan holistik, tetapi dengan satu perbedaan besar.

Lilin aromaterapi tidak hanya berbau harum, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memicu area otak kamu yang dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati kamu. Dengan aromaterapi, tubuh menjadi rileks, otak menjadi lebih fokus, dan suasana hati menjadi lebih baik.

Apa manfaat lilin aromaterapi?

Efek menenangkan dari lilin berdasarkan pada kerja otak memproses bau. Aroma lilin beraroma merangsang sistem limbik, bagian otak yang menampung memori dan emosi kita. Hormon seperti serotonin dan dopamin dapat diproduksi untuk membantu mengatur suasana hati. Oleh karena itu, keadaan emosi kita dipengaruhi oleh hubungan yang terjalin antara aroma, ingatan, dan emosi.

Singkatnya, aroma tertentu dapat menarik bagi kamu karena ingatan yang kamu miliki terkait dengannya. Aroma lilin aromaterapi seperti geranium, lavender, dan peppermint, telah terbukti berguna untuk pengobatan berbagai gangguan psikologis dan fisiologis.

Keuntungan potensial lain dari lilin aromaterapi ialah jarang menyertakan wewangian buatan. Satu studi tahun 2016 menemukan bahwa, 34,7% orang mengalami efek kesehatan yang merugikan sebagai akibat dari paparan wewangian buatan. Wewangi buatan menyebabkan migrain, sakit kepala, serangan asma, dan dermatitis kontak.

Bahan alami lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi terbaik adalah yang 100% alami. Menggunakan semua bahan alami sangat baik. Misalnya, ketika kamu menyalakan lilin aromaterapi, kamu akan mendapatkan pembakaran yang bersih dan aroma alami akan memenuhi rumah kamu.

Saat kamu mencari lilin aromaterapi, cari yang bebas paraben, PEGS, SLS, glikol, fenoksietanol, silikon, bahan sintetis, wewangian sintetis, atau pewarna sintetis. Lebih baik pilih lilin aromaterapi yang menggunakan 100% minyak esensial alami dan menggunakan bahan-bahan seperti minyak kedelai dan biji anggur sebagai dasar.

Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan minyak kedelai atau minyak nabati lainnya. Padatkan dengan suhu dingin agar minyak menjadi padat. Tambahkan aroma lain bila kamu mau. Aduk dan masukkan ke wadah dan jangan lupa dengan sumbunya.

Bila kamu ingin warnanya lebih menarik, tambahkan pewarna makanan sebelum memadatkannya. Tunggu hingga mengeras sebelum menggunakannya. Mudah, bukan? Lilin masih bisa didaur ulang dengan menambahkan aroma lain.

Macam-macam wangi lilin aromaterapi yang baik untuk tubuhmu

Ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai bahan lilin aromaterapi. Misalnya saja minyak esensial yang mampu meningkatkan suasana hati kamu, menghilangkan stres, meningkatkan fokus, mendorong tidur, dan banyak hal lainnya.

Setiap minyak esensial memiliki manfaat unik yang berbeda-beda, terlebih bila aroma yang kamu pilih sesuai dengan kondisi pikiran yang kamu inginkan. Sebagai contoh:

  1. Lavender, Chamomile, Palmarosa dan Ho Wood akan membantu tidurmu lebih nyenyak.
  2. Neroli, Mandarin dan Chamomile bisa membantu mengurangi stres.
  3. Grapefruit, Lemon Myrtle, dan Spearmint akan menginduksi kebahagiaan.
  4. Oranye, Cengkih, Mawar, dan Melati dapat merangsang konektivitas emosional dan cinta.

Nyalakan lilin aromaterapi yang paling sesuai dengan keinginan kamu. Saat lilin aromaterapi menyala, ambil napas dalam-dalam, tutup mata kamu dan visualisasikan keadaan pikiran yang ingin kamu capai saat itu. Saat kamu mengembuskan napas perlahan, lepaskan semua hal negatif. Gantikan pikiran tersebut dengan perasaan positif sehingga kamu lebih santai, fokus, dan positif.

Reference
Share