body positivity

Akhir-akhir ini semakin banyak kata body positivity diucapkan, tapi apa sebenarnya artinya?

Sebenarnya kampanye body positivity sendiri dimulai pada akhir 1960-an, dalam bentuk yang berbeda. Saat itu, para aktivis berjuang untuk mengakhiri diskriminasi terhadap orang gemuk.

Sekarang, fokus dari body positivity adalah menyuarakan bahwa semua tubuh itu indah dan pantas untuk diapresiasi. Tidak hanya didefinisikan sebagai penerimaan tubuh terlepas dari bentuk dan ukurannya. Kamu juga dapat mendefinisikannya sebagai cara untuk lebih mencintai diri sendiri, terlepas dari kekurangan.

Di tengah media massa yang terus menjual standar kecantikan yang tidak realistis, media sosial menjadi wadah bagi perempuan untuk menantang cita-cita sempit tentang kecantikan dan citra tubuh.

Semua orang mengunggah foto diri mereka dengan berbagai hashtag seperti #bodypositive dan lainnya. Yuk, kenali lebih jauh tentang body positivity, dan bagaimana melakukannya dalam kehidupan sehari-hari!

Body positivity adalah

Body positivity adalah sebuah proses dan membutuhkan latihan penerimaan diri yang konstan. Meskipun proses ini mungkin sulit bagi sebagian orang, ini dapat meningkatkan kesehatan mental dan mendorong masyarakat yang lebih inklusif.

Pada awalnya, ini adalah gerakan yang mewakili apresiasi, rasa hormat, dan penerimaan tubuh apa adanya. Lebih khusus lagi, perspektif ini juga mencakup: Menghargai setiap aspek unik dari tubuh seseorang.

Bersyukurlah atas fungsi yang dapat dilakukan tubuh. Hal ini dilakukan dengan berfokus pada berbagai hal yang positif daripada kekurangan yang dimiliki.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang tubuh, perspektif ini diharapkan dapat membantu seseorang mengembangkan sikap yang lebih sehat dan realistis dengan tubuhnya sendiri dan mendapatkan body goals mereka sendiri.

Manfaat body positivity

manfaat body positivity
Manfaat body positivity

Salah satu tujuan utama dari sikap ini adalah untuk meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik. Memiliki citra tubuh yang sehat berperan dalam bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jika seseorang memiliki citra tubuh yang negatif, akan berisiko mengalami masalah mental.

Berikut adalah berbagai masalah yang dapat timbul dari citra tubuh yang buruk, antara lain:

1. Depresi

Wanita mengalami depresi pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada pria, dan beberapa peneliti percaya bahwa ketidakpuasan tubuh mungkin memainkan peran penting dalam menjelaskan perbedaan gender dalam tingkat depresi.

2. Tingkat percaya diri yang rendah

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa remaja yang memiliki ketidakpuasan pada tubuh berkaitan dengan harga diri seorang remaja semua kalangan, tidak melihat pada jenis kelamin, berat badan, ras, dan status sosial dan ekonomi seseorang.

3. Gangguan Makan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketidakpuasan tubuh terkait dengan gangguan makan, terutama di kalangan remaja perempuan.

Penggambaran bentuk tubuh yang ‘kurus itu ideal’ tidak hanya membahayakan kesehatan mental, tetapi juga menumbuhkan keyakinan bahwa kecantikan, kesuksesan, dan harga diri ditentukan oleh ketipisan.

Sebuah studi menemukan bahwa ketika seseorang menginternalisasi ide-ide ini, dia lebih cenderung mengalami ketidakpuasan dengan tubuhnya dan terlibat dalam diet yang tidak perlu.

10 cara melakukan body positivity

body positivity

Berikut berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menumbuhkan body positivity dalam diri kamu, antara lain:

1. Bersyukur

Ingatlah selalu juga bahwa bentuk, ukuran, dan penampilan tubuh seseorang tidak akan pernah menentukan kualitas diri. Jadi ucapkan terima kasih kepada tubuh Kamu setiap hari. Dengan ini, akan lebih mudah untuk menghargainya.

2. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

Tak heran jika maraknya pengguna media sosial terkadang membuat kamu secara tidak sadar membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pastikan, jangan mudah percaya begitu saja apa yang kamu lihat.

Jika merasa terganggu, kamu bisa mengonsumsi konten-konten yang lebih menarik, dan membahagiakan. Pasalnya, hidup tidak selalu dipenuhi dengan kegembiraan dan setiap orang memiliki jalan dan masalahnya sendiri.

3. Percaya diri untuk membuat keputusan

Ingatlah bahwa mengenal diri sendiri lebih baik daripada orang lain. Cintai diri sendiri dengan mempercayai keputusan yang dibuat. Kamu harus percaya bahwa Kamu sendiri mampu membuat keputusan yang baik untuk diri sendiri.

4. Saling mendukung

Jangan menghujat mereka yang tidak mengerti arti sebenarnya dari body positivity atau masih terpaku pada standar kecantikan masa lalu. Sebaliknya, kamu sendiri perlu merangkul mereka dan saling mendukung, dan tidak boleh disebarkan melalui penilaian atau kekerasan tetapi melalui kasih sayang.

5. Ubah perspektif

Ingat bahwa kamu tidak bisa mengubah apa yang akan terjadi pada dirimu. Namun, kamu bisa mengubah cara pandang dalam melihat sesuatu.

Memikirkan hal-hal yang membuat stres hanya akan menambah beban hidup. Kamu akan jauh lebih tenang jika fokus pada hal-hal yang menyenangkan dan terus bergerak maju.

6. Jauhi orang yang toxic

Dikelilingi oleh orang-orang beracun dapat memiliki efek negatif dalam diri. Jika ingin mencintai diri sendiri, maka kamu harus menjauhi orang-orang beracun. Jangan takut untuk melakukannya karena yang terpenting adalah kenyamanan dan kebahagiaan Kamu.

7. Utamakan dirimu sendiri

Mendahulukan diri sendiri mungkin terdengar egois, tetapi memiliki kebiasaan mendahulukan orang lain dapat menyakiti diri sendiri secara mental dan emosional. Ingatlah bahwa ada saatnya mendahulukan orang lain karena manusia pada dasarnya berempati.

8. Berbaik hatilah pada diri sendiri

Ini adalah cara terbaik untuk mencintai diri sendiri. Kamu mungkin telah menerima kritik atau hinaan keras dari orang lain, tetapi jangan menambah penderitaan Kamu dengan melakukan hal yang sama pada diri sendiri.

9. Terima kesalahan diri sendiri

Menerima kesalahan diri sendiri adalah cara penting untuk mencintai diri sendiri. Karena, kamu harus ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan semua orang pernah melakukan kesalahan. Menekan diri sendiri untuk tidak melakukan kesalahan hanya akan membuat kamu stres.

10. Menerapkan gaya hidup sehat

Perawatan diri terkadang dapat disamarkan sebagai cara untuk mengubah atau mengontrol penampilan Kamu sendiri. Konsumsilah makanan sehat karena memberi energi pada pikiran dan tubuh.

Berolahraga juga dapat membantu kamu merasa kuat dan berenergi, bukan karena Kamu mencoba mengubah atau mengendalikan tubuh sendiri.

Body positivity merupakan bentuk upaya untuk mengganti pola pikir negatif yang lama menjadi pola pikir yang baru, yang bisa menerima bahwa tubuh kita sempurna dengan segala bentuk kelemahan dan kelebihannya.

Share artikel ini
Reference