manfaat detox wajah

Detox wajah merupakan salah satu istilah yang tidak asing dalam dunia kecantikan. Metode ini salah satu yang sangat diminati karena mempunyai beragam kelebihan dan manfaat.

Radikal bebas dan sinar matahari dapat mempercepat penuaan dan produksi sebum pada wajah sehingga sangat penting bagi wajah untuk dapat diangkat berbagai permasalahannya.

Yuk simak apa itu detox wajah, manfaat dan cara detox secara alami!

Apa itu detox wajah?

cara totok wajah di rumah

Kemajuan teknologi dan perawatan kecantikan menjadikan wanita tak perlu banyak bersusah payah agar mendapatkan wajah yang cantik, mulus, bebas dari permasalah wajah, dan tanda penuaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah metode detox wajah.

Detox wajah merupakan jenis perawatan dengan membersihkan kulit dari berbagai kotoran yang menempel.

Tujuan dari detox wajah adalah memperbarui, merevitalisasi, dan mengangkat sel kulit agar terlihat segar dan sehat.

Beberapa proses perawatan detox wajah mengakibatkan wajah memerah, timbul jerawat dan respon kulit lain terhadap adanya perubahan pada saat detox wajah.

Hal ini merupakan normal dan dapat terjadi. Respon wajah ini akan memudar dan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Manfaat Putih Telur Dari Kesehatan Sampai Meremajakan Kulit Wajah

Manfaat detox wajah

manfaat facial wajah

Detox wajah dapat mengembalikan struktur kulit sehat dan mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tanpa bersih, sehat dan segar. Simak manfaat detox wajah di bawah ini:

1. Menghilangkan minyak pada kulit

Kulit yang terlalu berminyak dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Detoksifikasi kulit dapat membantu membuang racun dan minyak berlebih sehingga kulit menjadi jauh lebih sehat dan kenyal.

Minyak juga dapat menyebabkan penumpukan sebum dan memicu jerawat serta permasalah wajah mudah datang.

8 Rekomendasi Face Wash Kulit Berminyak Dan Tips Cuci Muka

2. Menghilangkan komedo

cara menghilangkan komedo hitam

Komedo sering muncul pada saat produksi sebum meningkat. Sebum merupakan zat alami wajah yang akan muncul. Nah, detox ini membuat kulit terhindar dari minyak dan menghilangkan komedo yang muncul. 

3. Menyamarkan pori-pori

Pori-pori wajah akan terasa lebih kecil setelah melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh. Sebenarnya, kondisi genetik memang dapat menyebabkan pori-pori wajah tetap ada.

Namun, dengan rutin detox, kamu dapat mengecilkan pori pori dan menghindarkan kulit dari berbagai masalah wajah. Kulit akan terasa lebih kencang dan sehat.

Kenapa Pori Pori Membesar? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya!

4. Menutrisi kulit

Pada saat detox, biasanya kulit akan diberikan asupan vitamin C dimana vitamin ini sangat bermanfaat untuk perbaikan, perkembangan dan pertumbuhan kulit.

Manfaat vitamin C juga akan mencegah kulit mengalami peradangan dan pigmentasi akibat paparan sinar uv. Produksi kolagen dapat meningkat lebih baik dengan rutin melakukan detox wajah.

5. Menghidrasi kulit

Detox wajah dapat dilakukan dengan banyak minum air putih minimal 2 liter per hari.

Dengan cara ini kulit akan lebih bercahaya, ternutrisi dan terhidrasi. Asupan cairan juga bisa didapat dari konsumsi buah dan sayuran segar setiap hari.

Perbedaan Toner dan Moisturizer, Sesuaikan dengan Kulitmu ya!

6. Mencegah jerawat timbul

jenis jerawat

Jerawat biasanya muncul karena kulit kotor akibat sisa make up atau kotoran dari area luar.

Kotoran yang menempel pada wajah dapat menyebabkan jerawat dan masalah wajah lainnya seperti bintik hitam, komedo, dan kerutan.

7. Memberikan oksigen untuk kulit

Kulit yang mengalami luka dapat diatasi dengan oksigen yang lancar mengaliri kulit. Produksi kolagen juga akan lebih meningkat dengan adanya oksigen.

Detox wajah menjadi perawatan yang penting dalam meningkatkan suhu kulit dan sel sel wajah menjadi lebih mudah dialiri oksigen.

Cara ini menjadi perawatan yang mudah untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

8. Memperbaiki struktur kulit

Struktur kulit dapat rusak jika sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat serta makanan manis.

Dengan rutin melakukan detox, maka berbagai kerusakan kulit dapat diatasi dan kondisi kulit akan jauh lebih sehat.

Perawatan ini tentunya dapat diimbangi dengan pola makan yang baik dan sehat serta menghindari berbagai penyebabnya.

9. Meratakan warna kulit

Warna kulit menjadi rata dan cerah bisa didapatkan dengan detox wajah secara rutin. Kulit akan dapat memperbaiki sel selnya dan menghindari pigmen kulit gelap akibat paparan sinar matahari.

Secara perlahan kulit akan kembali ke warna semula dna terhindar dari kulit yang tidak rata.

Mengenal Apa itu Hiperpigmentasi Kulit dan Cara Mengatasinya

10. Menunda penuaan kulit

penuaan dini pada wajah

Usia yang semakin bertambah dapat menghilangkan kelenturan dan kekencangan kulit. Dengan melakukan detox secara rutin, kulit akan kembali kencang dan penuaan dini dapat dihindari.

Kulit akan lebih sehat, kenyal, dan tampak awet muda dengan rajin melakukan perawatan wajah yang tepat.

11. Mengencangkan kulit

Usia yang semakin bertambah dapat menyebabkan kerutan halus, garis-garis, dan kulit yang semakin mengendur.

Dengan melakukan detox wajah, kulit yang menua dapat lebih kencang dan semakin muda. Kelembaban kulit dapat diatasi dengan rutin melakukan detox dan perawatan setiap hari.

Manfaat detox wajah ini dapat dilakukan dengan perawatan alami setiap hari. Bagaimana caranya?

Apakah Minuman Kolagen Halal? Yuk, Simak Detailnya Di Sini!

Cara melakukan detox wajah sendiri

cara melakukan detox wajah

Facial detox dapat membantu mengeluarkan racun dan membebaskan kulit dari berbagai masalah wajah. Beberapa cara alami yang dapat dipakai antara lain:

  • Bersihkan wajah rutin. Membersihkan wajah secara rutin dapat membantu detox secara alami menggunakan sabun atau facial wash yang cocok untuk tipe wajah. Rutin membersihkan wajah 2x sehari dapat membantu meminimalisir kotoran penyebab masalah wajah.
  • Facial wajah. Facial dapat dilakukan agar dapat membersihkan wajah secara menyeluruh. Cara ini juga dapat meredakan stress dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Proses ini dapat dilakukan di klinik atau dokter kulit.
  • Pakai uap alami. Untuk mengecilkan pori-pori dengan alami, lakukan penguapan wajah dengan rutin agar dapat mengakykan kotoran pada wajah sebanyak mungkin.
  • Pakai masker. Masker dapat dipakai secara rutin untuk mengangkat kotoran dari lapisan kulit wajah. Pakai masker yang cocok dengan tipe wajah agar dapat menjadi detox alami.
  • Cukup minum. Minum banyak air dalam sehari dapat membantu detox secara alami. Car aini menjadi alternatif untuk kulit agar tetap terhidrasi dan lembab.
  • Perhatikan pola makan. Memperhatikan pola makan yang sehat, menghindari junk food dapat membantu wajah menjadi lebih sehat dan segar. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi agar membantu kulit tetap sehat dan bersih.

Detox wajah dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Lakukan dengan rutin agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah wajah.

Share artikel ini
Reference