Jika kamu bertanya-tanya kenapa pori-pori membesar, mungkin penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Karena pori-pori membesar bisa membuat penampilanmu menjadi kurang maksimal, sebaiknya kamu tahu cara mengecilkan pori-pori besar di wajah.

Kamu punya masalah dengan pori wajah yang membesar dan bingung bagaimana cara mengecilkannya? Tenang, kamu tidak sendiri! Banyak orang di luar sana, terutama wanita, mengalami masalah yang sama.

Dengan pori-pori wajah yang membesar, kamu mungkin menjadi kurang percaya diri dengan penampilanmu. Tapi tenang saja, di sini kami akan memberitahumu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah. Tapi sebelumnya kamu harus tahu kenapa pori-pori wajah bisa membesar ya!

Penyebab pori-pori membesar

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenapa pori pori wajah bisa membesar. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 1. Faktor genetik

Salah satu penyebab pori-pori besar adalah faktor genetik atau keturunan.  Jenis kulit berminyak memang bisa diturunkan.  Orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori terbuka.

Hal ini karena kelenjar sebaceous lebih aktif  memproduksi minyak, menyebabkan pori-pori membesar untuk membuang minyak berlebih.

Jadi, jika orang tua atau saudaramu memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar di wajah, kemungkinan besar kamu juga demikian.

2. Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormon adalah salah satu alasan kenapa pori-pori membesar di wajah, dan membuat ukuran pori-pori kulit bervariasi dari kecil hingga besar.

Hal ini karena fluktuasi hormon mengubah ukuran pori-pori. Contoh yang sering terlihat adalah  ibu hamil. Beberapa ibu hamil menemukan bahwa kulit wajah mereka saat hamil tampak lebih halus dan lebih bercahaya.

Di sisi lain, pada beberapa wanita hamil, perubahan hormon dapat menyebabkan kulit wajah terlihat berminyak, kusam, dan pori-pori membesar.

Selain itu, ini juga terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi. Selama siklus menstruasi wanita, peningkatan kadar hormon sebelum ovulasi juga mempengaruhi kulit.

Peningkatan hormon dapat menyebabkan pori-pori besar. Sebaliknya, kadar hormon turun setelah ovulasi, menyebabkan pori-pori mengecil lagi.

Baca juga: 6 Jenis Hormon Reproduksi Wanita

3. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan pori-pori besar pada wajah.  Kulit yang sering terkena sinar matahari bisa menebal dari waktu ke waktu, sehingga pori-pori membesar tidak dapat dihindari.

 Sinar ultraviolet (UV) tidak hanya menebalkan kulit, tetapi juga  melemahkan produksi kolagen.  Manfaat kolagen adalah mengencangkan kulit  dan mengencangkan pori-pori.

Kerusakan kolagen menyebabkan penurunan elastisitas kulit dan mengakibatkan pori-pori membesar.

Baca juga: Mengenal Apa itu Hiperpigmentasi Kulit dan Cara Mengatasinya!

4. Bertambahnya usia

Salah satu alasan pori pori membesar selanjutnya, ialah bertambahnya usia. Bertambahnya usia juga menjadi salah satu penyebab utama pori-pori membesar.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi kolagen dan elastin menurun. Akibatnya, kulit menjadi kendur, keriput, dan pori-pori  membesar.

5. Terlalu banyak mencuci wajah

Mencuci wajah  secara teratur memang sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Jika wajah dibiarkan kotor, wajah pun bisa berjerawat. Hal ini karena kotoran dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Namun, terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik karena hal ini  justru dapat membuat kulit mengalami iritasi. Akibatnya, kulit akan menebal dan pori-pori wajah membesar.

6. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok memang tidak sehat untuk kulitmu. Ini karena racun yang dihasilkan oleh asap rokok dapat merusak elastisitas kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Merokok juga meningkatkan produksi sebum kulit, yang dapat menyebabkan  pori-pori terbuka dan membesar.

Baca juga: Cara Mengatasi Pori-Pori Wajah Besar, Begini Caranya!

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah

Pori Pori Wajah Besar

Pori-pori yang membesar tidak menyebabkan infeksi atau penyakit berbahaya lainnya. Namun, hal ini dapat membuat penampilanmu menjadi kurang maksimal. Yuk, cari tahu cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah!

  • Cuci muka dua kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya, jika jenis kulitmu berminyak, gunakan sabun khusus kulit berminyak.
  • Gunakan pelembab dan sunscreen untuk kulit berminyak.
  • Gunakan produk masker 2 kali seminggu. Usahakan menggunakan masker berjenis clay mask.
  • Hindari memencet komedo dan jerawat.

Untuk mengatasi pori-pori mengecil dengan cepat, kamu juga bisa berkonsultasi dan mencari pengobatan ke dokter kulit dengan melakukan berbagai  jenis  perawatan yang fokus untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Share artikel ini
Reference