manfaat minuman kolagen halal

Akhir-akhir ini, minuman kolagen sangat populer, terutama di kalangan wanita. Minuman ini banyak dipromosikan di media sosial dan berbagai platform lainnya. 

Untuk kecantikan, kolagen memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh, terutama untuk menjaga kekenyalan kulit dan mengganti sel kulit mati.

Tapi apakah minuman kolagen yang banyak dipromosikan selama ini memiliki efek yang sama dengan kolagen dalam tubuh?

Untuk muslimah, apakah minuman kolagen halal? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa itu minuman kolagen?

Manfaat minuman kolagen

Kolagen adalah protein penting untuk kesehatan kulit. Tidak heran jika protein alami ini ditemukan di kulit. Selain itu, kolagen juga terdapat pada tulang, otot, tendon, dan ligamen.

Protein ini sudah lama dikenal, baik untuk kesehatan kulit, dan kandungannya banyak terdapat dalam produk perawatan kulit.

Jangan lupa juga bahwa protein ini memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, bahkan menjaga kesehatan organ jantung.

Meskipun dapat terbentuk secara alami di dalam tubuh, kadar kolagen menurun seiring waktu. Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan kolagen untuk menghindari penurunan kadar kolagen sebelum waktunya. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi minuman kolagen.

Manfaat minuman kolagen

kolagen

Ada  beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi minum kolagen, seperti:

Mengencangkan kulit dan memperlambat penuaan

Banyak penelitian yang membuktikan manfaat kolagen untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini sekaligus mengurangi kulit kering dan keriput. Kolagen juga berperan penting dalam penyembuhan luka. 

Seiring bertambahnya usia, kamu  dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya kolagen seperti daging, ikan, susu, telur, dan  sayuran hijau, karena bahan-bahan makanan ini kaya akan kolagen.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi minuman kolagen. Pastikan kamu konsultasi ke dokter dulu ya! 

Mengurangi selulit

Selulit adalah istilah yang menggambarkan kondisi kulit tidak rata dengan kerutan seperti kulit jeruk yang biasanya muncul di perut, pinggul, paha, dan bokong. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen atau minuman kolagen dapat  membantu mengurangi selulit. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Capek dengan Stretch Mark? Ini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Ampuh!

Meningkatkan massa otot

Selain berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, kolagen juga memiliki peran penting dalam perkembangan jaringan otot.

Meningkatkan asupan kolagen bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan massa otot.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan kekuatan otot pada penderita sarcopenia, yaitu kondisi hilangnya massa otot akibat proses penuaan.

Meredakan nyeri sendi

Karena jumlah kolagen dalam tubuh berkurang seiring bertambahnya usia, risiko terkena osteoarthritis dan nyeri sendiri meningkat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan kolagen dapat mengurangi gejala osteoarthritis dan nyeri sendi secara keseluruhan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kolagen melalui suplementasi dapat membantu meringankan osteoartritis. Namun, manfaat kolagen ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

Menjaga kesehatan jantung

Kolagen memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah. Kekurangan kolagen menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, lemah, dan rapuh.

Ini dapat meningkatkan risiko aterosklerosis, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Nah, selain beberapa manfaat kolagen yang disebutkan di atas, kolagen memiliki sederet manfaat lainnya, seperti meningkatkan kekuatan kuku, merangsang pertumbuhan rambut, dan mendukung kesehatan usus.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan kolagen dari makanan sehari-hari dan ditambah dengan minum kolagen.

Apa Saja Sumber Kolagen Terbesar? Berikut Ulasannya!

Apakah minuman kolagen halal?

Sifat halal kolagen hewan tergantung dari jenis hewan yang digunakan. Kolagen babi jelas haram.

Untuk kolagen yang berasal dari hewan halal seperti sapi, cara penyembelihannya tentu tetap jadi pertimbangan. Bahan ini tidak halal jika penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat Islam.

Oleh karena itu, jika kamu ragu apakah minuman kolagen halal atau tidak, sebaiknya kamu hindari konsumsi suplemen atau minuman kolagen.

Untuk memenuhi kebutuhan kolagen tubuhmu, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C dan dapat membantu pembentukan kolagen, seperti pir, apel, pisang, manggis, aprikot, delima, persik, langsat, tomat, sawo, durian, sirsak, dan sebagainya.

Share artikel ini
Reference