manfaat uap air panas untuk wajah

Apakah kamu pernah mendengar bahkan uap air panas kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah? Ternyata tidak sedikit orang menggunakan uap panas untuk manfaat kecantikan. Tapi, apakah benar jika ada manfaat uap air panas untuk wajah atau hanya sekedar mitos belaka, ya? Yuk, ketahui jawabannya di ulasan berikut ini. 

Apakah uap panas baik untuk wajah?

Ternyata uap panas memang memiliki manfaat yang baik untuk wajah. Cara ini akan membantu membuat pori-pori terbuka dan memudahkan kamu untuk membersihkan wajah dan mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Meskipun memang memiliki manfaat baik untuk kulit wajah, namun pastikan untuk menggunakannya secara hati-hati. Jangan pula menggunakan air yang terlalu panas apalagi sampai air mendidih. Ini dapat menyebabkan luka bakar pada kulit. Bukannya mendapat manfaat justru mendatangkan masalah baru pada kulit wajah kamu. 

Untuk mengurangi risiko kulit yang terbakar, hindari untuk menempatkan wajah dengan jarak yang terlalu dekat dengan uap. Tingkatkan jarak sesuai dengan kebutuhan dan di posisi yang nyaman. Perlu diingat ya, air yang kamu gunakan adalah air hangat, bukan air panas. 

Melakukan metode uap wajah ini dapat dilakukan sekali seminggu dan lakukan selama 10 menit. Jangan terlalu lama untuk menghindari risiko iritasi pada kulit. 

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

Manfaat uap air panas untuk wajah

Yuk, ketahui sejumlah manfaat menggunakan uap air panas ini untuk kulit wajah. Ini dia sejumlah manfaatnya.

1. Mengatasi komedo

Komedo merupakan masalah paling umum yang kerap dialami banyak orang. Ternyata salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan uap air panas. 

Uap air panas dapat membantu pori-pori terbuka dan melembutkan kulit serta mengeluarkan minyak yang menumpuk pada pori-pori. 

Uap air panas juga akan membantu kamu untuk bisa mengeluarkan komedo dengan lebih mudah. Jika cara ini ternyata tidak membantu sama sekali, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau profesional berlisensi

2. Membuat skincare lebih mudah menyerap

cara menghilangkan minyak di wajah
cara menghilangkan minyak di wajah

Manfaat uap air panas ternyata juga dapat membantu penyerapan skincare menjadi lebih optimal dan membantu skincare bekerja dengan lebih baik. Menggunakan uap air sebelum menggunakan toner, serum dan pelembab akan membantu berbagai skincare tersebut menyerap dengan lebih sempurna. 

Kamu bisa menggunakan cara ini sebelum menggunakan skincare di malam atau pagi hari juga bisa. 

3. Menghidrasi kulit yang kering

Menggunakan produk pelembab untuk wajah memang dapat meningkatkan kelembaban kulit. Namun, kamu tetap membutuhkan hidrasi yang berasal dari air. Menggunakan uap air panas ternyata juga dapat membantu menghidrasi sel sel kulit. 

Uap ini akan membuat kulit menjadi lebih lembab apalagi jika kamu juga tetap menggunakan pelembab atau serum. Kulit akan menjadi lebih sehat. 

4. Mengatasi bakteri jerawat dan sebum

Produk jerawat umumnya diformulasikan untuk dapat menyerap minyak atau sebum serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Ternyata, menggunakan uap air panas juga dapat membantu produk jerawat tersebut bekerja dengan lebih optimal sehingga masalah jerawat juga dapat teratasi dengan lebih baik. 

Kamu bisa gunakan uap ini setelah membersihkan wajah. Nantinya sebum atau minyak yang menumpuk di pori-pori juga akan lebih mudah terangkat. Jika sedang menggunakan produk jerawat pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian. 

8 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah, Bisa Kecilkan Pori-Pori!

5. Kulit tampak lebih sehat dan kenyal

Aliran darah yang baik dapat membantu kulit memproduksi kolagen dan elastin dengan buat. Alhasil, kulit menjadi tampak sehat dan kenyat. Aliran darah yang meningkat juga akan membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Menggunakan uap air panas juga dapat membantu kulit tampak lebih kencang dan terlihat lebih awet mudah karena sirkulasi darah yang lancar. Aliran darah yang baik akan membantu mengantarkan oksigen ke kulit sehingga nutrisi kulit juga dapat lebih baik.

Itulah sejumlahlah manfaat uap air panas untuk wajah. Untuk melakukan uap air panas, kamu bisa siapkan handuk kecil bersih, mangkuk, dan air hangat. Tuang air hangat ke dalam mangkuk.

Gunakan handuk di belakang kepala. Handuk ini akan membantu menjebak uap ketika kamu membungkuk di atas mangkuk. Bagaimana, mudah bukan? 

Share artikel ini
Reference