terapi akupresur

Kamu mungkin sering mendengar pengobatan terapi akupresur. Berasal dari pengobatan tradisional China, terapi ini dipercaaya bisa menjaga kesehatan tubuh, loh.

Penasaran? Yuk simak ulasan dari Yoona.

Apa itu terapi akupresur?

Terapi akupresur merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional, yang dianggap membantu memulihkan keseimbangan yang terjadi ketika saluran atau meridian di tubuh tersumbat atau tidak seimbang. Meridian yang tidak sgera diseimbangkan dapat menjadi penyakit.

Tidak seperti pengobatan medis yang biasanya menangani gejala atau penyakit tertentu, pengobatan tradisional Tiongkok memandang seluruh tubuh memiliki qi. Ketika qi mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, kesehatan yang baik akan didapatkan. Namun, jika aliran energi ini terhambat, akupresur dapat melepaskan qi untuk bekerja memulihkan keseimbangan tubuh.

Qi mengalir melalui saluran yang terletak di dekat permukaan tubuh. Nama lain untuk saluran adalah meridian atau titik meridian. Ada 12 saluran yang terhubung ke organ tertentu, seperti hati, jantung, dan ginjal. Titik akupuntur, atau titik tekanan, terletak di saluran (meridian). Ketika tekanan yang tepat diberikan ke titik akupuntur, meridian akan terbuka dan qi pun akan mengalir.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa membayangkan qi sebagai darah yang mengalir terus menerus ke seluruh tubuh untuk menopang kehidupan. Jika aliran darah tersumbat atau terganggu, bagian yang terkena mungkin rusak karena kekurangan oksigen dan nutrisi. Tubuh merespon dengan mengirimkan sinyal peringatan berupa gejala. Beberapa gejala ini mungkin termasuk rasa sakit, peradangan, kejang otot, atau sensasi kesemutan.

Cara kerja terapi akupresur

Praktisi akupresur menggunakan jari, telapak tangan, siku atau kaki mereka, atau alat khusus untuk memberikan tekanan pada titik akupresur pada meridian tubuh. Terkadang, akupresur juga melibatkan peregangan atau pijatan akupresur, serta metode lainnya.

Akupresur bekerja dengan memberi tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk melepaskan qi. Penerapan tekanan membutuhkan presisi karena sekitar 365 titik terletak di saluran utama, ditambah ada lebih dari 650 titik tekanan individu. Mirip dengan jaringan pembuluh sistem peredaran darah, setiap saluran memiliki jaringan koneksi.

Tekanan yang diberikan sering ditahan selama beberapa detik hingga menit. Tekanan dapat diterapkan dalam gerakan melingkar, mendorong, atau kombinasi. Meskipun titik yang dimanipulasi mungkin sensitif, akupresur seharusnya tidak menyakitkan.

Tergantung pada kondisi tubuhmu, pengobatan dapat diberikan setiap hari atau beberapa kali sehari. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu mungkin memerlukan beberapa sesi akupuntur.

Tujuan akupresur lainnya adalah untuk memulihkan kesehatan dan keseimbangan saluran energi tubuh dan untuk mengatur kekuatan berlawanan dari yin (energi negatif) dan yang (energi positif). Akupuntur ini juga diklaim tidak hanya merawat medan energi dan tubuh tetapi juga pikiran, emosi, dan jiwa. Beberapa bahkan percaya bahwa terapis dapat mengirimkan energi vital (qi eksternal) ke orang lain.

Namun tidak semua praktisi percaya bahwa meridian ini ada. Sebaliknya, mereka mengaitkan hasil apa pun yang terkait dengan qi atau yin-yang dengan faktor lain, seperti berkurangnya ketegangan otot, peningkatan sirkulasi, atau stimulasi endorfin, yang merupakan pereda nyeri alami.

Manfaat terapi akupresur untuk haid

Kebanyakan orang mencoba akupresur untuk mengatasi kondisi berikut:

  • Insomnia
  • Ketegangan dan nyeri otot
  • Kram menstruasi
  • Manajemen stres
  • Mabuk
  • Mual dan muntah selama kehamilan dan morning sickness
  • Mual dan muntah setelah operasi atau kemoterapi
  • Sakit kepala
  • Terkait kanker dan bentuk kelelahan lainnya

Efek samping terapi akupresur

Akupresur seharusnya tidak pernah menyakitkan. Jika kamu merasa sakit, beri tahu terapis segera. Beberapa orang mungkin merasa sakit atau memar pada titik akupresur setelah pengobatan. Kamu mungkin juga merasa pusing untuk sementara waktu.

Jika kamu hamil, bicarakan dengan doktermu sebelum mencoba akupresur. Selama kehamilan, akupresur biasanya tidak dilakukan pada bagian perut, titik-titik tertentu di kaki, dan punggung bawah.

Secara umum, akupresur tidak boleh dilakukan di salah satu area ini: luka terbuka, memar, pembuluh yang bocor, dan daerah bengkak.

Jika kamu memiliki salah satu dari kondisi ini, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatanmu sebelum mencoba akupresur.

Fraktur atau cedera baru-baru ini

  • Diabetes
  • Gangguan pendarahan
  • Kanker
  • Mudah memar
  • Osteoporosis
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tidak terkontrol
  • Penggunaan resep obat antikoagulan atau antiplatelet, seperti Coumadin (warfarin)
Share artikel ini
Reference