makanan yang mengandung probiotik

Apakah kamu tahu bahwa dalam tubuh manusia itu terdapat triliunan bakteri? Namun, jangan salah, bakteri ini mempunyai fungsi tersendiri dalam tubuh, lho.

Bakteri yang membantu fungsi tubuh adalah bakteri baik atau yang disebut probiotik. Dimana probiotik adalah mikroorganisme yang biasanya berupa ragi dan bakteri hidup. 

Jenis bakteri ini dapat ditemukan dalam sejumlah makanan fermentasi atau suplemen. Mikroorganisme ini berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Apa saja jenis makanannya? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Kebutuhan probiotik dalam tubuh

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat ditemukan dalam makanan atau suplemen tertentu. 

Manfaat sangat besar, khususnya untuk sistem pencernaan yang terkadang bermasalah karena bakteri baik dan jahat dalam tubuh tidak seimbang. 

Jenis probiotik yang paling banyak dikonsumsi adalah lactobacillus dan bifidobacterium. Perbedaan dari kedua jenis probiotik tersebut adalah:

  • Lactobacillus. Jenis bakteri ini dapat ditemukan alami pada usus halus, mulut, dan vagina. Bakteri baik ini menghasilkan asam laktat dan enzim laktase bagi tubuh.
  • Bifidobacterium. Jenis bakteri ini biasanya ada dalam produk susu yang dapat memecah laktosa sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan.

Beberapa makanan dengan probiotik dapat memicu peradangan sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter kesehatan.

Apabila tidak terdapat alergi apapun, kamu bisa mengonsumsi jenis makanan dengan probiotik apapun untuk membantu kesehatan pencernaan.

Apa Perbedaan Probiotik dan Prebiotik?Ini Penjelasannya!

Makanan yang mengandung probiotik

Probiotik yang terdapat dalam tubuh membantu untuk menstabilkan dan menyeimbangkan bakteri baik dan jahat. 

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik akan mengatasi masalah pada pencernaan dan membantu kinerja usus, sehingga sering disebut sebagai bakteri baik bagi usus.

Jenis makanan yang mengandung probiotik bisa kamu temukan dalam daftar berikut ini: 

Tempe

Manfaat makan tempe untuk kesehatan

Tempe merupakan makanan mengandung probiotik lokal yang banyak ditemukan di indonesia. 

Jenis makanan ini merupakan fermentasi kacang kedelai yang mengandung protein, vitamin B12 dan diyakini sebagai antibiotik alami yang dapat menangkal jenis bakteri tertentu.

Acar

Acar tidak hanya dimanfaatkan sebagai menu tambahan dalam nasi goreng saja lho. Acar adalah jenis makanan dengan kandungan probiotik yang mudah ditemukan. 

Pilih acar dengan campuran air garam dan buka cuka seperti acar timun, wortel, lobak. Acar mengandung vitamin k yang dapat mencegah penggumpalan darah.

Sup miso

Sup miso umumnya dibuat dari campuran fermentasi kacang kedelai, jamur serta garam. Sup ini tinggi akan vitamin b, serat, antioksidan, dan jenis vitamin bermanfaat lain. 

Kefir

Hampir sama dengan yogurt, kefir sering dimanfaatkan sebagai makanan yang mengandung probiotik tinggi. Kefir dapat meningkatkan kesehatan tulang, membantu melindungi kulit dari infeksi dan iritasi.

Kombucha

Pernah minum kombucha? Kombucha mulai popular dimanfaatkan sebagai minuman dengan probiotik hasil fermentasi dari teh hijau dan teh hitam. 

Kombucha mengandung alkohol dengan kadar rendah sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter apabila ingin mengonsumsi minuman ini ya.

Kimchi

Makanan khas dari korea ini juga mulai merambah peminatnya di indonesia. Kimchi merupakan sayuran dari fermentasi yang dikenal memiliki banyak nutrisi seperti zat besi, vitamin B12, hingga vitamin K. Rasanya asam dan pedas serta biasanya dimakan bersama nasi dan lauk pauk rumahan.

Roti sourdough 

Jenis roti ini terbuat dari tepung dan air yang difermentasi sehingga mengandung  probiotik yang baik untuk tubuh. 

Pastikan kembali jika roti sourdough mengandung probiotik karena ada beberapa jenis roti yang tidak mengandung bakteri baik ini.

 

Yogurt

Fermentasi susu ini dikenal sebagai makanan tinggi probiotik yang popular disantap bersama dengan buah. 

Yogurt bermanfaat sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan hipertensi serta baik untuk pencernaan.

Natto

Manfaat natto untuk kesehatan

Makanan dari jepang ini memang terlihat lengket dan kurang menggiurkan. Namun natto disukai karena manfaat probiotik dan kaya akan protein serta vitamin k2. Baunya sangat khas sehingga mungkin kurang disukai semua orang.

Kubis asam

Kubis asam yang difermentasi ini popular di eropa dan sering dimanfaatkan sebagai makanan pendamping. Kaya akan zat besi, berbagai vitamin, antioksidan dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh.

Keju

keju

Ada beberapa jenis keju yang mengandung probiotik baik untuk pencernaan seperti gouda, cheddar, mozzarella dan cottage. 

Jenis keju ini memang tinggi akan protein dan berbagai nutrisi seperti vitamin, fosfor, selenium, dan sumber gizi lainnya.

Apa saja manfaat probiotik untuk kesehatan?

Manfaat probiotik untuk kesehatan

Tidak hanya mudah ditemukan, makanan yang mengandung probiotik juga tinggi manfaat, seperti:

Kesehatan pencernaan

masalah pencernaan

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kesehatan pencernaan menjadi turun seperti makanan yang sakah, konsumsi antibiotic hingga penyakit tertentu. 

Dengan adanya populasi bakteri seimbang, kesehatan pencernaan akan terjaga serta terhindar dari komplikasi pencernaan.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk menghindari gangguan pencernaan.

Atasi diare

Diare merupakan salah satu efek dari antibiotik atau kesalahan dalam konsumsi makanan. Konsumsi probiotik dapat membantu mencegah diare dan melancarkan pencernaan.

Redakan sindrom iritasi usus

Sindrom iritasi usus dapat terjadi jika populasi bakteri tidak seimbang yang mengakibatkan diare dan sembelit. 

Konsumsi makanan dengan probiotik akan membantu melawan sindrom iritasi usus dan komplikasinya.

Turunkan kolestrol

Kadar Kolesterol Normal Wanita Dewasa

Tidak hanya sebagai pelancar pencernaan, probiotik juga dapat menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Probiotik dapat membantu menguraikan embepu sehingga tidak terserap ke susu dan mengubah kolstrol dalam darah.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Fungsi sistem imun dalam kekebalan tubuh adalah membuat fisik tidak mudah sakit karena bakteri tertentu. 

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik akan membantu tubuh dalam melawan bakteri serta kekebalan tubuh akan semakin tinggi.

Bantu turunkan berat badan

Probiotik dapat membantu mencegah penyerapan lemak sehingga akan langsung dibuang melalui feses. 

Dengan begitu probiotik dapat membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Penurunan berat badan hingga 50% dapat terjadi jika konsumsi probiotik rutin selama beberapa bulan.

Share artikel ini
Reference