Manfaat natto untuk kesehatan

Apakah kamu pernah makan natto sebelumnya? Natto adalah makanan yang berasal dari Jepang. Makanan ini banyak dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Makanan dari Jepang ini kerap dijumpai di berbagai restoran Jepang dan banyak pula orang yang menyukai rasa dari jenis makanan ini meski masih terasa asing di lidah sebagian besar masyarakat.

Meskipun masih terlihat asing, natto adalah makanan yang cukup populer karena manfaat dan khasiatnya. Untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat natto, yuk simak dalam ulasan berikut ini.

Apa itu natto?

Natto adalah makanan yang berbasis kedelai Jepang. Di dalam makanan ini, terdapat nattokinase yang merupakan enzim alami dalam makanan ini. Enzim ini akan diproduksi saat natto sedang dalam proses fermentasi oleh bakteri yang disebut bacillus subtilis.

Konsumsi makanan ini dalam kebiasaan masyarakat Jepang dianggap sebagai salah satu rahasia akan rentang hidup rata-rata penduduk Jepang yang lebih lama dan tingkat penyakit kronis yang rendah. Bahkan dalam penelitian khusus disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan ini memiliki tingkat kematian yang rendah karena mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahan pembuat natto

Natto telah dikenal sejak ribuan tahun lalu di Asia Timur hingga saat ini sudah banyak toko kelontong dan toko makanan kesehatan yang menjual jenis makanan ini di seluruh dunia. Makanan ini dapat dikonsumsi dalam bentuk natto buatan sendiri atau mengonsumsinya sebagai suplemen.

Di dalam makanan ini mengandung probiotik spora atau bakteri baik untuk kesehatan. Kedelai yang difermentasi oleh bacillus subtilis sebagai spesies atau jenis bakteri probiotik yang tidak ditemukan dalam jenis makanan probiotik lainnya. Bacillus subtilis merupakan spesies dari probiotik spora dan menjadi penghuni alami dari usus manusia dalam kategori sehat.

Bakteri ini terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan mikroba bermanfaat dan menghambat mikroba dengan potensi yang berbahaya. Bahan pembuat natto pada umumnya adalah kedelai non-transgenik dan bacillus subtilis yang dibuat bersama. Terdapat banyak jenis dan merk natto yang mudah ditemukan di pasaran dan mempunyai rasa yang lezat.

Kandungan dalam natto

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan ini merupakan makanan dengan nutrisi yang tinggi. Tingkat gizi yang tinggi ini penting untuk menjaga kesehatan dengan optimal. Berikut ini adalah kandungan dalam 100 gram natto:

  • 212 kkal kalori
  • 11gr lemak
  • 14gr karbohidrat
  • 5gr serat
  • 18gr protein
  • 76% Rekomendasi Asupan Harian (RAH) mangan
  • 48% RAH besi
  • 33% RAH tembaga
  • 29% RAH vitamin K1
  • 29% RAH magnesium
  • 22% RAH vitamin C
  • 21% RAH kalium
  • 20% RAH seng
  • 13% RAH selenium

Selain nutrisi di atas, makanan ini juga mengandung folat, vitamin B6 dan antioksidan serta senyawa bermanfaat lainnya. Apa manfaatnya bagi kesehatan?

Manfaat natto untuk kesehatan

Natto adalah makanan sehat yang perlu kamu jadikan sumber nutrisi bagi keluarga. Manfaatnya antara lain:

1. Meningkatkan pencernaan

Natto dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan karena di dalam makanan ini terdapat bakteri baik yang akan menciptakan flora usus yang sehat.

2. Berkontribusi terhadap kekuatan tulang

Nutrisi dalam natto membantu kekuatan tulang dan menguatkannya. Terdapat kandugan kalsium dan mineral utama yang baik untuk tulang, selain itu, kandungan vitamin K2 yang langka juga menjadi

keistimewaan makanan ini. Vitamin K2 memiliki peran penting dalam kesehatan tulang dengan cara mengaktifkan protein pembangunan tulang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Natto memiliki kontribusi besar untuk kesehatan jantung. Serat dan probiotik membantu mengurangi kadar kolesterol. Nattokinase juga dapat membantu melarutkan gumpalan darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Makanan ini juga memiliki kandungan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Kandungan isoflavone kedelai dan vitamin K2 dalam natto dapat membantu mengurangi risiko kanker hati, prostat, pencernaan dan payudara. Natto juga dikenal dapat menurunkan berat badan karena kandungan serat dan probiotik yang tinggi di dalamnya.

Memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, berapa banyak yang boleh dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari?

Berapa banyak natto yang boleh dikonsumsi

Natto adalah makanan super dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Umumnya mengonsumsi natto merupakan makanan yang aman untuk kebanyakan orang. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan vitamin K1 dalam makanan ini yang sifatnya mengencerkan darah.

Bagi beberapa orang yang telah menjalani pengobatan pengencer darah sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin menjadikannya sebagai salah satu makanan yang ingin dikonsumsi.

Makanan ini juga terbuat dari kedelai yang sering dianggap sebagai goitrogen. Goitrogen artinya dapat mengganggu fungsi normal dari kelenjar tiroid, utamanya bagi mereka yang memiliki kelenjar tiroid dengan fungsi yang kurang baik. Bagaimana tips dalam mengonsumsinya yang aman?

Tips mengonsumsi natto

Tidak ada rekomendasi yang ditetap untuk mengonsumsi makanan ini dalam sehari, namun dalam penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari natto setidaknya dengan mengonsumsi sekitar 100-200 miligram dalam sehari.

Natto adalah makanan dari kedelai fermentasi dengan nutrisi yang tinggi dan manfaat lengkap untuk kesehatan. Manfaat baiknya akan terasa jika dikonsumsi dengan benar dan dalam porsi yang sesuai.

Perlu diingat bahwa makanan ini memiliki tekstur, rasa, dan bau yang mungkin asing bagi sebagian orang. Jika kamu pertama kali ingin mengonsumsi makanan ini, maka disarankan untuk memulai dalam porsi kecil, menambahkan beberapa bahan tambahan lain agar dapat dinikmati sesuai keinginan.

Share artikel ini
Reference