Alasasn mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan
Gaya Hidup Hidup Sehat

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan!

Putri Aprillia | Maret 2, 2022
Share

Mencuci tangan adalah salah satu cara paling sederhana untuk meminimalisir penyebaran penyakit. Sering kali tanpa disadari, tangan kita berperan sebagai kendaraan berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Supaya dapat meningkatkan kesadaran mencuci tangan, masyarakat perlu mengetahui alasan dari mencuci piring terlebih dulu. Yuk, simak dulu penjelasannya berikut ini!

Mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan?

Tidak semua orang tahu bahwa praktik cuci tangan yang baik membawa banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan cuci tangan masih tergolong rendah. Padahal, tangan adalah tempat ideal bagi bakteri dan virus penyebab penyakit menular untuk terus berkembang.

Oleh karena itu, mencuci tangan secara teratur merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjaga kebersihan diri dan menjaga kesehatan tubuh. Dengan menjaga kebersihan tangan, kita dapat mencegah perpindahan bakteri atau virus berbahaya ke dalam tubuh.

Manfaat mencuci tangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan mencuci tangan yang utama adalah untuk meminimalisir penyebaran bakteri penyebab penyakit. Nah, agar lebih jelas, simak beberapa manfaat mencuci tangan yang dijelaskan di bawah ini:

1. Mencegah berbagai macam penyakit

Tangan sering digunakan untuk menyentuh berbagai bagian tubuh. Kamu mungkin sering menyentuh pipi, mulut, hidung, atau mata tanpa menyadarinya. Jika tanganmu kotor, kuman dapat menyebar dengan sangat cepat.

Kebiasaan mencuci tangan yang benar dapat membantu mencegah penyebaran bakteri dan kuman lebih lanjut. Jadi, jangan bertanya-tanya lagi soal mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan. Jika tangan penuh dengan bakteri, tangan yang kita gunakan untuk memasukkan makanan ke mulut akan mendistribusikan bakteri tersebut ke tubuh kita.

2. Meminimalisir penyebaran mikroorganisme berbahaya lainnya

Mikroorganisme ada di mana-mana, bahkan di berbagai benda yang sering kita gunakan sehari-hari, termasuk ponsel, laptop, meja, sepatu, dan sebagainya. Bakteri dan mikroba lain juga hadir dalam berbagai aktivitas yang kamu lakukan, termasuk bersin, batuk, dan kontak dengan hewan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas karena bakteri dapat menyebar ke mana-mana, meskipun kamu tidak dapat melihatnya.

3. Memutus rantai penyebaran penyakit saat masa pandemi

Kebiasaan mencuci tangan juga dapat memutus rantai penyebaran penyakit, misalnya saat munculnya wabah penyakit. Hal ini tentu dapat menyelamatkan banyak orang karena mencuci tangan tidak hanya mencegah penyakit, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, kunci keberhasilan suatu masyarakat dalam memerangi wabah adalah masyarakatnya harus memiliki komitmen untuk menjaga kebersihan, termasuk memperkenalkan kebiasaan cuci tangan.

4. Bisa menghemat pengeluaran

Semakin parah penyakitnya, semakin banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk pengobatan. Nah, jika kamu menjalani hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan dengan baik, kamu pasti akan lebih hemat biaya kesehatan karena jumlah kunjungan ke rumah sakit akan berkurang.

Dibandingkan dengan biaya tambahan yang harus keluar karena kamu sakit, cuci tangan hanya membutuhkan modal berupa kesadaran, sabun, dan air.

Cara mencuci tangan yang benar

Nah, setelah tahu pentingnya rajin cuci tangan, kamu juga mengerti bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:

Berikut cara mencuci tangan yang benar:

  • Basahi tangan mulai dari telapak tangan hingga lengan tengah dengan air bersih yang mengalir.
  • Siram tangan dengan air dan gunakan sabun secukupnya hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  • Gosok telapak dan punggung tangan secara bergantian. Ingatlah untuk menggosok di antara sela-sela jari tangan hingga bersih. Selanjutnya, bersihkan bagian bawah kuku, lalu bersihkan kedua ibu jari dengan memutar ibu jari secara bergantian.
  • Gosok tangan setidaknya selama 30-40 detik.
    Bilas tangan secara menyeluruh dengan air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan handuk bersih atau pengering tangan.

Tips menjaga kebersihan tangan

Nah, memahami cara mencuci tangan yang benar saja tidak cukup. Yuk, cari tahu tips menjaga kebersihan tangan!

Cuci tangan dengan teratur

Mencuci tangan secara teratur merupakan cara yang efektif untuk tetap sehat dengan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Cuci tangan dengan sabun selama 30-40 detik. Jangan lupa terapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Gunakan sabun cair

Sabun cair dapat membantu mengurangi penyebaran bakteri dan kuman penyebab penyakit. Sabun cair sangat cocok digunakan di kamar mandi, dapur, kantor, sekolah, rumah sakit, hotel, restoran, dan berbagai tempat lain.

Sanitizer tangan

Hand sanitizer dapat digunakan saat kamu sulit menemukan air dan sabun cair, Memang ini tidak seefektif sabun cair untuk membersihkan tangan, tapi kamu disarankan untuk selalu membawa hand sanitizer kemanapun.

Keringkan tangan

Studi dari WHO menunjukkan bahwa bakteri bisa menyebar lebih cepat dari tangan yang basah. Oleh karena itu, kamu wajib mengeringkan tangan setelah mencucinya. Pastikan kamu juga menyeka area yang terlewat di antara jari dan kuku sebelum melanjutkan aktivitas.

Potong kuku

Potong kukumu secara teratur. Hal ini bisa dilakukan setelah mandi saat tekstur kuku lembut dan mudah dipotong. Memotong kuku dapat meminimalisir bakteri berkembang di tangan.

Hindari menutup mulut dengan tangan saat bersin

Untuk menjaga tangan tetap bersih, siapkan sapu tangan atau tisu. Setiap kali kamu menutup hidung dengan tangan saat bersin, kamu dapat menyebarkan bakteri ke orang-orang di sekitarmu.

Itu tadi beberapa alasan mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan. Salah satunya tentu untuk menjaga kesehatan dan tidak mentransfer penyakit ke tubuh kamu. Pastikan kamu juga menjaga kebersihan makanan yang kamu konsumsi, ya!

Reference
Share