Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Buah naga merupakan salah satu buah dengan bentuk unik. Buah ini mempunyai kulit seperti sisik naga dan mempunyai batang besar seperti kaktus. Buah yang unik ini pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, khususnya untuk ibu hamil.

Penasaran dengan manfaat buah naga untuk ibu hamil? Kira-kira apa saja kandungannya yang baik untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu buah naga

Buah naga atau biasa disebut dengan pitaya merupakan buah yang hanya dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropic, seperti Asia dan Amerika Selatan.

Buah ini memiliki bentuk kulit seperti naga dan mempunyai batang yang mirip dengan kaktus. Daging buah naga juga memiliki dua jenis, yaitu yang berwarna ungu dan putih. Keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan.

Meskipun memiliki tampilan yang terkadang membuat orang takut, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa buah ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, khususnya ibu hamil.

Kandungan dalam buah naga

Manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak terlepas dari kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam buah naga untuk memenuhi gizi harian ibu hamil. Apa saja kandungan dalam buah naga?

Buah naga dikenal sebagai sumber Zat Besi, Magnesium, Vitamin C, Vitamin B1, B2, Karbohidrat, Antioksidan, Serat, dan lain sebagainya. Dalam 100 gram buah naga mempunyai kandungan:

  • 60 kkal kalori
  • 1,2 g protein
  • 0 lemak
  • 13 g karbohidrat
  • 3 g fiber
  • 3% vitamin c
  • 4% zat besi
  • 10% magnesium

Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini mempunyai zat besi dan rendah kalori sehingga sangat penting dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang bayi selama dalam masa pertumbuhan.

Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi buah naga?

Buah naga dapat menjadi alternatif makanan atau buah yang dikonsumsi ibu hamil selama dalam masa kehamilan. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu ibu hamil tetap fit sampai saat melahirkan. Buah naga juga dapat dikreasikan menjadi jus atau salad buah yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Untuk dapat lebih menjaga kesehatan, ibu hamil dapat mengkombinasikan buah naga dengan buah-buahan lain untuk dapat menyerap nutrisi lebih guna menunjang kehamilan.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Apa saja manfaat buah naga yang dapat dirasakan oleh ibu hamil? Berikut ini adalah manfaatnya:

Antioksidan membantu melawan radikal bebas

Buah naga mempunyai kandungan vitamin c dan antioksidan tinggi yang dapat membantu ibu hamil untuk melawan radikal bebas. Nutrisi dalam buah naga dapat memperkuat sistem imun, mengatur sintesis kolagen, dan mencegah masalah gusi atau persendian.

Mencegah cacat lahir

Buah naga mempunyai vitamin B12 dan asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar pertumbuhan saraf bayi menjadi berkembang pesat dan baik. Kandungan dan nutrisi ini dapat mencegah risiko bayi lahir cacat, misalnya seperti spina bifida.

Mencegah risiko kanker

Nutrisi vitamin B kompleks seperti beta karoten dan likopen dalam buah naga dapat mencegah kanker dan memperbaiki kerusakan internal dalam sel tubuh. Buah naga juga memicu sel tubuh memproduksi anti-karsinogenik untuk mencegah pertumbuhan tumor atau kanker.

Mencegah diabetes gestasional

Serat dalam buah naga sangat penting selama kehamilan sehingga membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama dan mencegah konsumsi gula berlebih. Nutrisi dalam buah naga juga dapat membantu kesehatan jantung dan mencegah risiko terkena diabetes.

Membantu meredakan sembelit ibu hamil

Kandungan serat tinggi membantu ibu hamil terbebas dari sembelit. Serat akan menyerap kelembaban usus, meningkatkan jumlah tinja dan dapat melunakkan feses sehingga ibu hamil dapat terbebas dari sembelit yang menyiksa.

Karbohidrat sebagai penambah energi

Ibu hamil sering merasa lelah dan kurang tenaga, oleh karena itu karbohidrat penting untuk dapat menambah energi selama kehamilan. Energi yang didapat dari makanan dengan karbohidrat tinggi akan lebih baik dari minuman manis yang tidak punya kontribusi nutrisi apapun.

Membantu pertumbuhan gigi dan tulang bayi

Selama hamil, janin juga bertumbuh dan membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi. Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang besar terdapat dalam kalsium buah naga. Kalsium dalam buah naga membantu pertumbuhan gigi dan tulang bayi sehingga akan lahir sehat dan kuat dengan nutrisi yang lengkap.

Tips mengonsumsi buah naga untuk ibu hamil

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat ekstra dari buah naga, sebaiknya kamu mengonsumsi buah ini secara langsung. Buah ini memiliki rasa yang manis, menyegarkan dan bertekstur lembut. Selain itu ada beberapa tips dalam mengonsumsi buah naga untuk ibu hamil:

  • Buah dapat langsung dikonsumsi. Potong-potong buah nada dan makan bersama jenis buah lain seperti apel dan papaya.
  • Jus buah naga. Buah naga dapat dikonsumsi dengan dijadikan jus buah. Bisa campurkan jenis buah lain agar ada variasi rasa.
  • Oatmeal buah naga. Buah naga dapat dijadikan makanan pendamping oatmeal untuk sarapan pagi.
  • Smoothies buah naga. Untuk variasi minuman, dapat kamu buat buah naga beku yang diblender halus dengan bahan lain sesuai selera untuk dijadikan smoothies.
  • Salad buah naga. Buah naga dapat dijadikan salad buah bersama jenis buah lain dan diberi topping atau saus dressing.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat banyak dan dapat mendukung kehamilan menjadi lancar. Nutrisi dan kandungannya sangat tinggi dapat bermanfaat untuk ibu dan bayi. Konsumsi buah naga dan pola makan sehat untuk kehamilan dan persalinan menjadi lancar.

 

Share artikel ini
Reference