makanan untuk penderita osteoarthritis

makanan untuk penderita osteoarthritis

Kondisi nyeri sendi mungkin sudah menjadi penyakit yang sering kita temukan, apalagi seiring bertumbuhnya usia. 

Nah, ada berbagai penyakit sendi yang terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya yaitu osteoarthritis. 

Jadi, osteoarthritis adalah artritis yang disebabkan oleh kerusakan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri, kaku, dan kesulitan dalam bergerak. 

Osteoartritis biasanya muncul pada usia lanjut, tetapi juga bisa terjadi pada kamu yang masih berusia muda.

Namun, tak perlu khawatir, karena ada beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis. 

Akan tetapi, hal yang paling penting untuk diingat adalah kamu harus makan makanan yang sehat dan menjaga berat badan untuk tetap ideal agar bisa mengurangi gejala osteoarthritis. 

Lantas, apa saja jenis makanan untuk penderita osteoarthritis agar bisa menjaga berat badan? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini.

Makanan untuk penderita osteoarthritis

Idealnya, penderita osteoarthritis harus mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan agar dapat membantu menjaga kesehatan sendi. 

Selain itu, kamu juga dapat memilih makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 untuk mengurangi inflamasi pada sendi. 

Berikut ini beberapa daftar makanan yang aman untuk penderita osteoarthritis.

  • Buah-buahan

Buah kaya akan senyawa yang disebut flavonoid dan polifenol. Nah, kandungan flavonoid dan polifenol ini dikaitkan dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan analgesik hingga efektif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dalam radang sendi. 

Beberapa jenis buah yang dapat kamu konsumsi adalah blueberry, stroberi, raspberry, apel, anggur, ceri, dan delima.

  • Sayuran

Tentu, sayuran juga menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita osteoarthritis. Namun, pilih sayuran yang warnanya hijau gelap karena mengandung antioksidan, polifenol, serat, vitamin, dan mineral. 

Nah, aktivitas antioksidan yang ada di dalam sayuran dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan proses anti-inflamasi sehingga bagus untuk penderita artritis.

Selain itu, sayuran berdaun hijau tua sering kali kaya akan vitamin K yang berperan penting dalam mineralisasi tulang rawan. 

Saat mengonsumsinya, kamu dapat memasak sayuran dengan metode ringan atau makannya secara mentah agar nutrisinya tidak hilang. 

Jenis sayuran yang baik untuk penderita osteoarthritis adalah pakcoy, kembang kol, hingga brokoli.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber serat dan protein nabati yang bagus untuk penderita osteoarthritis. 

Daripada daging, kamu bisa mengonsumsi buncis, kacang polong, dan lentil untuk mendapatkan zat besi, folat, potasium, dan magnesium.

  • Biji-bijian

Selain kacang, biji-bijian juga mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Beberapa jenis biji-bijian yang baik untuk dikonsumsi adalah biji rami dan chia.

  • Susu rendah lemak

Jika ingin mengonsumsi susu, pastikan kamu memilih yang kandungan lemaknya rendah. Bukan tanpa alasan, biasanya susu rendah lemak mengandung vitamin D dan kalsium yang dapat bekerja sama dalam tubuh untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang. 

  • Makanan laut

Makanan laut juga bisa dikonsumsi oleh penderita osteoarthritis karena kaya akan asam lemak omega-3, yang mampu menghambat peradangan. Pilih makanan laut berupa ikan tuna, salmon, teri, makarel, dan kerang.

  • Rempah 

Daripada menambahkan garam ke dalam makanan yang kamu masak, sebaiknya kamu menggunakan jenis rempah lain untuk menambahkan variasi rasa. 

Sebab, bumbu dan rempah-rempah mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa menurunkan peradangan jika dikonsumsi secara teratur.

Makanan dan minuman yang dihindari untuk penderita osteoarthritis

Bila kamu seorang penderita osteoarthritis, kamu juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memperparah kondisi peradangan sendi, seperti makanan di bawah ini.

  • Gula

Gula dapat mendorong pelepasan sitokin yang bertindak sebagai pembawa pesan inflamasi dalam tubuh. 

Jika kamu mengonsumsi gula dari aneka minuman, seperti soda, teh manis, kopi, dan jus, kemungkinan besar akan memperburuk kondisi peradangan.

  • Alkohol

Alkohol dapat memperburuk gejala radang sendi sehingga minuman ini harus dihindari. Bahkan, alkohol dapat mempengaruhi sumsum tulang belakang dan sendi sakroiliaka hingga menyebabkan kerusakan struktural tulang belakang.

  • Makanan tinggi garam

Makanan yang harus kamu hindari sebagai penderita osteoarthritis adalah yang mengandung garam dalam jumlah tinggi. 

Sebab, para peneliti telah menunjukkan bahwa asupan natrium yang tinggi dapat menjadi faktor risiko penyakit autoimun, seperti radang sendi. 

Biasanya, kamu dapat menemukan makanan yang kandungan garamnya tinggi dari sup kalengan, pizza, dan daging olahan.

  • Karbohidrat olahan

Terakhir, kamu harus mengurangi konsumsi karbohidrat olahan, seperti roti, nasi putih, dan keripik kentang, karena bisa memicu produksi oksidan akhir glikasi lanjut hingga merangsang peradangan dalam tubuh.

Tips hidup sehat penderita osteoarthritis

Tentu, jenis makanan yang dipilih untuk penderita osteoarthritis juga harus seimbang dengan gaya hidup sehatnya. Jika kamu ingin mulai menerapkan gaya hidup sehat sebagai penderita osteoarthritis, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini selain memilih jenis makanan.

  1. Olahraga teratur untuk menjaga kekuatan otot.
  2. Konsumsilah satu hingga dua porsi ikan yang mengandung minyak sehat dalam seminggu. Jika tidak ingin repot, kamu dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan.
  3. Gunakan minyak zaitun saat memasak.
  4. Minum suplemen vitamin D sebanyak jika kamu tidak terpapar sinar matahari.
  5. Konsumsi makanan dengan sumber yang kaya akan vitamin K dan antioksidan.

Itulah beberapa hal mengenai tips hidup sehat sebagai penderita osteoarthritis dan jenis makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari. 

Jadi, jika kamu ingin mengelola kondisi medis osteoartritis, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. 

Share artikel ini
Reference