kalori dada ayam goreng

Dada ayam menjadi sumber daging utama dan banyak digunakan untuk menu diet. Lalu, bagaimana dengan kalori dada ayam goreng? Apakah jumlah kalorinya tetap sedikit dan bisa menjadi menu andalan diet?

Dada ayam murni sebenarnya menjadi sumber protein yang sangat baik dan lengkap. Makanan protein dari hewan diklasifikasikan sebagai “lengkap” karena menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Kalori dada ayam goreng

kalori ayam goreng

Dada ayam goreng yang telah diberi tepung dan sudah matang, yaitu sekitar 436 kalori untuk sajian per 184 gram atau ukuran sedang. Selain itu, ada beberapa kandungan lain yang perlu kamu pertimbangkan dalam sepotong dada ayam goreng ini yaitu:

  • Kalori: 436,1 kKal
  • Karbohidrat Total: 17,8g
  • Karbohidrat Bersih: 17,2g
  • Serat: 0,6 g
  • Protein: 42,4g
  • Lemak: 20,6g
  • Lemak jenuh: 5g
  • Kolesterol: 132,5 mg

Baca juga:

Apakah ayam goreng sehat?

kalori ayam bakar

Apakah ayam goreng itu sebenarnya sehat dan baik untuk diet? Kamu mungkin penasaran dengan kandungan nutrisinya, mengingat saat ini banyak sekali ayam goreng yang dijual sebagai produk makanan cepat saji. 

Pada tahun 2003, sebuah restoran ayam cepat saji yang sangat terkenal pernah mendapat kritik karena iklan yang mereka tayangkan mengatakan “ayam goreng sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.” 

Publik tentu tidak setuju dengan pernyataan mereka pada iklan tersebut, karena kandungan lemak, natrium, dan kolesterol jahat yang sangat tinggi. Ayam goreng termasuk bagian dada yang mengandung banyak nutrisi, akan mengandung banyak kalori dan lemak setelah mengalami proses penggorengan dan penambahan tepung bumbu yang banyak. 

Jika kamu menggoreng ayam termasuk dada atau menyiramnya dengan saus barbeque, kamu akan kehilangan beberapa manfaat kesehatan dengan meningkatkan kandungan lemak atau gula dari makanan yang sebenarnya sehat ini. 

15+ Makanan Yang Mengandung Lemak, Baik Jahat Maupun Baik

Daripada menggorengnya, lebih baik kamu memasaknya dengan cara memanggang, karena ini adalah metode persiapan yang paling sehat. Tambahkan bumbu segar seperti bawang putih, rosemary, merica dan sedikit perasan lemon untuk menambah rasa. 

Manfaat makan dada ayam untuk diet

Dada ayam menjadi sumber protein terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Berikut adalah manfaat dada ayam yang bisa kamu dapatkan:

1. Makronutrien dalam dada ayam

Dalam satu dada ayam kecil, kamu bisa mendapatkan 27 gram protein, atau 55 persen dari kebutuhan harian (jika kamu menerapkan diet 2.000 kalori). Dalam satu sajian saja, hanya terdapat 133 kalori dan 3 gram lemak, hanya 1 gram yang merupakan lemak jenuh atau tidak sehat.

2. Sumber mineral

Satu porsi dada ayam mengandung campuran mineral dan vitamin yang baik untuk kebutuhan harian. Kandungan mineral yang ditawarkannya adalah fosfor dan selenium, masing-masing mengandung 20 dan 39 persen dari kebutuhan harian. 

Kamu tentunya membutuhkan fosfor untuk membangun tulang dan gigi yang sehat, sedangkan selenium adalah mineral antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas atau molekul yang dapat merusak sel-sel sehat.

10 Makanan yang Mengandung Mineral dan Manfaatnya!

3. Sumber vitamin

Dada ayam juga menjadi sumber dari segala jenis vitamin B, yang bekerja untuk membantu tubuh mengolah makanan menjadi bahan bakar agar tubuh bertenaga. Kamu akan mendapatkan 12 persen dari nilai harian untuk riboflavin (Vitamin B-2) dalam dada ayam, ditambah 40 persen dari kebutuhan harian untuk niasin (B-3) dan piridoksin (B-6). 

Setiap sajian dada ayam juga memasok 18 persen kebutuhan harian akan kolin, yaitu vitamin yang terkadang diabaikan padahal berkontribusi besar pada fungsi otak dan saraf, seperti memori dan kontrol otot.

Setiap 3 ons irisan dada ayam bisa mengubah salad hijau menjadi makanan yang lebih lengkap dan mengenyangkan. Kamu bisa memotong dada ayam dengan daun bawang dan paprika merah dan campur dengan sesendok yogurt tawar untuk membuat sandwich salad ayam yang sehat. 

Atau jika kamu sangat ingin makan ayam goreng, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat ayam “goreng” dalam oven hanya dengan sedikit minyak zaitun untuk versi tiruan dari makanan favorit kamu ini.

_______________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference