penutup mata untuk tidur

Penutup mata untuk tidur bisa menjadi alternatif untuk kamu yang sulit tidur di tempat yang terang. alat ini berpengaruh pada kualitas tidur yang baik sehingga berdampak positif untuk kesehatan.

Apa saja manfaat dari penutup mata untuk tidur? Yuk simak ulasannya secara lengkap untuk membantu tidur kamu semakin sehat dan berkualitas.

Mengenal penutup mata untuk tidur

Tentunya kamu sudah tahu bahwa tidur menjadi salah satu kebutuhan dasar yang penting untuk manusia. Kualitas tidur yang baik berpengaruh untuk kesehatan. Penggunaan alat ini bisa menjadi solusi agar tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

Alat ini bisa menghalangi cahaya masuk dan membuat seseorang menjadi sulit tidur. Tubuh akan cenderung sulit tidur jika masih terdapat banyak cahaya yang masuk ke kamar. Tutup mata bisa menjadi cara untuk menutup cahaya dan membantu tidur lebih mudah. Apakah hal ini dapat dibuktikan kebenarannya?

Penelitian penutup mata untuk tidur

Dalam sebuah penelitian mengenai pengaruh tutup mata, terdapat sebuah studi yang melibatkan 60 pasien di sebuah rumah sakit di Iran. Para dokter menggunakan beberapa metode untuk dapat meningkatkan kualitas tidur pasien. Metode itu antara lain relaksasi otot, aromaterapi dan penutup mata tidur.

Penutup mata yang elastis dan terbuat dari kain dirancang dengan sangat baik sehingga dapat menghalau semua cahaya dan membuat pandangan menjadi gelap total. Dalam penelitian ini disebut bahwa penutup mata lebih bisa meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan mereka yang tidak memakai alat tersebut. Dalam hal ini, alat ini membantu kualitas tidur menjadi lebih baik.

Mitos dan fakta penutup mata untuk tidur

Diantara banyaknya manfaat yang menyebutkan kelebihan penutup mata, ada beberapa kelebihan dan kekurang penutup mata sehingga masih banyak orang yang terkadang enggan menggunakannya. Diantaranya kelebihan dan kekurangan penutup mata adalah:

Kelebihan:

  • Penutup mata dapat mengurangi pembengkakan pada mata dengan menggunakan penutup yang menenangkan serta dapat memberikan sensasi sejuk.
  • Penutup mata dapat menghalau cahaya yang mengganggu tidur. Bahkan disebutkan dalam penelitian di china pada tahun 2010 bahwa penutup mata dapat memiliki tingkat melatonin tinggi, yaitu hormone yang dapat mengendalikan waktu tidur.

Kekurangan:

  • Penutup mata dapat meninggalkan bekas dan garis pada wajah sehingga perlu dipilih penutup mata yang berkualitas serta tidak meninggalkan bekas.
  • Penutup mata bisa memblokade cahaya untuk masuk sehingga seseorang bisa rentan bangun kesiangan karena tidak menyadari bahwa matahari telah terbit di pagi hari.

Selain kelebihan dan kekurangan penutup mata di atas, apa saja manfaat penutup mata yang berefek pada kesehatan?

Manfaat menggunakan penutup mata untuk tidur

Untuk kamu yang sering menggunakan penutup mata, pasti tau dong tentang beberapa manfaat penutup mata seperti dibawah ini:

1. Penutup mata lebih murah daripada penutup cahaya

Solusi untuk membuat kamar gelap biasanya menggunakan tirai penutup baik dari jendela atau sumber cahaya. Penutup tirai biasanya memiliki harga yang lebih mahal, maka dari itu alat ini bisa menjadi alternatif membuat kamar semakin terlihat gelap untuk tidur lebih nyenyak.

2. Kualitas tidur meningkat

Secara alami, tubuh diprogram untuk tidur pada malam hari dan beraktivitas pada siang hari, sehingga dengan tidur dalam keadaan semakin gelap, maka akan semakin nyenyak dan berkualitas yang secara tidak langsung membantu kesehatan tubuh kamu.

3. Membantu mengurangi insomnia

Penutup mata bisa menjadi solusi untuk kamu yang merasa bising dan stress sampai mengalami sulit tidur atau insomnia. Dengan keadaan sekitar yang gelap akan membantu kamu untuk lebih rileks dan cepat tidur.

4. Lebih aman daripada menggunakan obat untuk tidur

Bagi sebagian orang yang mengalami sulit tidur, obat dan alkohol biasanya menjadi cara instan namun tentunya berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika obat tidur tersebut ternyata tidak diresepkan dan bahkan bisa mengalami overdosis. Alat ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas tidur.

5. Membantu kesehatan mata

Mata jika terlalu berlebihan menerima paparan cahaya atau udara akan mudah kering dan menjadi merah atau menimbulkan iritasi. Alat ini bisa menjadi cara yang mudah agar meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mata secara signifikan.

6. Terdapat banyak pilihan

Saat ini banyak sekali pilihan untuk penutup mata yang cantik dan bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

7. Baik untuk kesehatan kulit

Penutup mata bisa membantu merawat kulit di sekitar mata atau wajah sehingga terhindar dari kerutan ketika wajah menyentuh langsung area bantal atau tempat tidur.

Tips memilih penutup mata untuk tidur yang baik

Beberapa tips dalam memilih penutup mata yang memiliki kualitas baik antara lain:

  • Pilih jenis penutup mata yang mempunyai bahan dasar lembut dan cocok untuk kulit.
  • Penutup mata dengan bahan katun lembut bisa menjadi pilihan agar nyaman dipakai.
  • Penutup mata bisa dipilih yang membantu penyerapan skin care wajah untuk menghindari masalah penuaan

Memilih penutup mata untuk tidur bisa menjadi solusi untuk kamu yang sering terganggu waktu tidurnya. Untuk menghindari bangun terlalu siang, kamu bisa pasang alarm sehingga mencegah tidur terlalu panjang, ya!

Share artikel ini
Reference