makanan 4 sehat 5 sempurna
Gaya Hidup Hidup Sehat

Mau sehat? Jangan lupa konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ini!

Putri Aprillia | Februari 22, 2022
Share

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Ya, istilah ini memang sering dibicarakan saat kita masih sekolah dulu. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan konsep tersebut? Lalu, apa saja jenis makanannya tersebut?

Agar kamu lebih paham apa itu makanan 4 sehat 5 sempurna, manfaat, hingga kandungannya, yuk, simak artikel ini!

Apa itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Jika dikonversikan ke dalam satu porsi piring, makanan 4 sehat terdiri dari nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah. Sementara itu, istilah 5 sempurna merupakan susu yang menjadi nutrisi tambahan.

Berbagai jenis makanan tersebut perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian kita. Sebenarnya selain mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin dan istirahat yang cukup. Gaya hidup tersebut juga disebut 4 pilar gizi seimbang. Dengan menerapkannya, tubuh dapat semakin bugar.

Apa manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari berbagai makanan yang memiliki kandungan baik untuk tubuh. Agar lebih jelas, berikut beberapa manfaat makanan gizi seimbang yang perlu kamu ketahui.

Mengontrol berat badan

Menjaga pola makan yang sehat merupakan salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencapai berat badan tetap ideal. Makanan gizi seimbang yang tinggi serat dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga otomatis membantumu menjaga berat badan. Selain itu, kandungan nutrisi yang lengkap pada makanan sehat juga dapat membantu menjaga tubuh tetap tetap sehat.

Membantu pertumbuhan

Untuk anak-anak, diet sehat diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan yang sehat. Makan dengan pola makan yang seimbang dapat membantu tubuh dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat. Nutrisi lain seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak juga membantu anak untuk tetap aktif.

Membantu pertumbuhan otak

Makanan sehat dan utuh juga dapat meningkatkan pertumbuhan otak, terutama pada anak-anak. Selain itu, protein yang terkandung dalam ikan juga dapat mendukung pertumbuhan otak. Oleh karena itu, makan makanan 4 sehat 5 sempurna sangat cocok untuk pertumbuhan otak anak.

Mencegah gizi buruk

Salah satu masalah kesehatan yang paling berbahaya adalah kekurangan gizi atau gizi buruk. Hal ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengkonsumsinya dengan benar. Tentu saja makanan gizi seimbang adalah jawabannya.

Tips mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sehari hari

Nah, kamu sudah tahu pentingnya makanan sehat bagi kesehatan. Sekarang saatnya kamu tahu tips mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Di sini memperhatikan kandungan dalam makanan yang kamu konsumsi. Pastikan makanan-makanan tersebut terdiri dari nutrisi yang lengkap, seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak, serta mineral.

Berikut contoh diet plan 4 sehat 5 sempurna untuk 5 hari.

Senin: Nasi (makanan pokok), ayam goreng (lauk pauk), kangkung (sayuran), pisang (buah-buahan), dan susu.

Selasa: Nasi (makanan pokok), tumis daging kacang panjang (lauk pauk), lalapan (sayuran), semangka (buah-buahan), dan susu.

Rabu: Nasi (makanan pokok), tempe dan telur bacem (lauk pauk), ), urap daun singkong (sayuran), apel (buah-buahan), dan susu.

Kamis: Nasi (makanan pokok), ikan lele (lauk pauk), capcay (sayuran), melon (buah-buahan), dan susu.

Jumat: Nasi (makanan pokok), daging sapi (lauk pauk), bayam (sayuran), buah pir (buah-buahan), dan susu.

Jika kamu rutin mengonsumsi makanan gizi seimbang, kualitas kesehatanmu pun akan meningkat. Bukan hanya baik untuk tulang dan otak, makanan sehat ini juga dapat mengurangi risiko obesitas. Oleh karena itu, yuk konsumsi makanan dengan nutrisi lengkap dari sekarang!

Reference
Share