Ukuran Lingkar Pinggang Ideal
Hidup Sehat

Ingin Punya lingkar pinggang ideal? Simak Tips Berikut!

Putri Aprillia | Desember 24, 2021
Share

Memiliki lingkar pinggang yang ideal adalah dambaan semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Ukuran lingkar pinggang yang proporsional itu dapat memperindah penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri kamu. Selain itu, ukurang lingkar pinggang yang berlebih ternyata bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit lho. Untuk itu banyak orang ingin memiliki pinggang yang ideal.

Nah, kira-kira berapa sih ukuran ideal lingkar pinggang itu? Bagaimana mengukurnya dan tips membuat lingkar pinggang lebih proporsional? Simak selengkapnya hanya di artikel ini.

Ukuran lingkar pinggang ideal laki-laki dan wanita

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan RI, ukuran ideal lingkar pinggang untuk laki-laki dewasa adalah 90 cm ke bawah. Sementara itu, untuk wanita dewasa, ukuran lingkar pinggang yang ideal ada 80 cm ke bawah. Jika ukuran lingkar pinggang kamu belum mencapai angka tersebut, artinya ukuran lingkar pinggang kamu masih ideal.

Nah, jika ternyata kamu telah memiliki lingkar pinggang ideal, pertahankanlah angka tersebut. Namun, jika lingkar pinggangmu ternyata lebih dari angka tersebut, kamu harus mulai mencari cara untuk menguranginya.

Kebanyakan orang memiliki lingkar pinggang yang besar karena mereka mengalami kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan asupan energi atau kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar dari jumlah kalori yang dibakar. Seiring berjalannya waktu, kelebihan energi atau kalori akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh.

Cara mengukur lingkar pinggang

Lalu bagaimana cara menghitung ukuran lingkar pinggangmu? Caranya sangat mudah, begini caranya:

  • Kamu perlu menyingkapkan atau menaikkan ke atas hingga ke dada untuk penghitungan yang akurat.
  • Lingkarkan pita pengukur di sekitar perut, sejajar dengan pusar.
  • Jangan melingkarkan pita pengukur terlalu kencang atau terlalu longgar.
  • Bernafaslah dengan normal, lalu baca pengukurannya saat kamu menghembuskan nafas.
  • Lihat angka yang berpotongan dengan 0 pada pita pengukur.

Tips mendapatkan lingkar pinggang ideal

Jika lingkar pinggangmu belum ideal, ada beberapa tips supaya bisa mendapatkan ukuran yang proporsional. Memiliki lingkar pinggang yang ideal artinya juga turut mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan. Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Perbanyak olahraga

Salah satu penyebab penumpukan lemak tubuh adalah kurangnya latihan fisik. Oleh karena itu, olahraga diperlukan agar kalori bisa dibakar secara perlahan. Kamu bisa mencoba dari hal-hal sederhana, seperti bersepeda di pagi hari, melakukan sedikit squat atau bentuk gerakan home workout ringan lainnya.

Jika kamu benar-benar seorang pemula dalam rutinitas olahraga, kamu bisa memulainya dengan berjalan kaki 30 menit sehari. Cara ini juga cocok untukmu yang memiliki banyak kesibukan dan terlalu lama duduk saat bekerja di kantor. Jika sudah terbiasa, 30 menit berjalan tersebut bisa diganti dengan 30 menit berlari.

Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa mencoba aktivitas fisik lainnya untuk membakar kalori tubuh, misalnya HIIT atau latihan intensitas tinggi, skipping, yoga, dan sebagainya.

2. Atur pola makan

Salah satu faktor utama yang menimbulkan penumpukan lemak adalah tingginya konsumsi akan makanan yang memiliki kalori tinggi disertai dengan nutrisi yang tidak seimbang. Nah, kalau kamu ingin memiliki ukuran lingkar pinggang ideal, sudah saatnya kamu memperhatikan apa yang kamu makan. Menurut Healthline, mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi lingkar pinggang.

3. Kurangi asupan kalori

Nah, kalau kamu ingin mendapatkan ukuran pinggang ideal, kamu bisa melakukan diet rendah kalori. Dengan cara ini, membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika kalori masuk lebih kecil dari kalori keluar, otomatis berat badanmu juga akan menurun. Beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mengurangi asupan kalori adalah sebagai berikut:

  • Mulai lakukan perhitungan kalori setiap makanan,
  • Membiasakan diri mengkonsumsi makanan rendah kalori namun tetap mengenyangkan,
  • Rutin olahraga.

Nah, langkah-langkah di atas dapat membantumu mencegah mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Dengan cara ini, kamu akan segera mendapatkan lingkar pinggang ideal.

4. Tambah asupan protein dan serat

Selain mengurangi asupan kalori, cara menerapkan diet terbaik adalah memperbanyak asupan protein dan serat dari makanan untuk tubuh. Hal ini dikarenakan selain protein dan serat dibutuhkan oleh tubuh, kedua elemen ini juga membuatmu makan lebih sedikit dan kenyang lebih lama. Beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menambah asupan protein dan serat adalah sebagai berikut:

  • Sarapan tinggi protein,
  • Batasi konsumsi susu dan produk olahan susu,
  • Pilih sumber protein dan karbohidrat yang paling bernutrisi bagi tubuh.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk diet demi memperoleh ukuran lingkar pinggang ideal.

5. Atur jadwal tidur

Jadwal tidur sering dianggap sepele oleh beberapa orang ketika berbicara tentang keberhasilan penurunan berat badan, termasuk keberhasilan penyusutan lingkar pinggang. Padahal, tubuh kita akan membakar kalori secara lebih maksimal jika kita mendapatkan tidur yang cukup, lho!

Pastikan kamu tidur selama 7-8 jam di malam hari ya! Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, tubuhmu akan dibantu menurunkan produksi hormon yang bisa melakukan kontrol terhadap nafsu makan.

Sudah idealkah ukuran lingkar pinggang kamu?

Setelah mengetahui berapa ukuran ideal lingkar pinggang dan cara mengukurnya, tentu kamu sudah bisa melihat ukuran lingkar pinggang kamu. Bagaimana, apakah ukurannya sudah ideal? Jika belum, kamu bisa mencoba beberapa tips di atas untuk bisa mendapatkan lingkar pinggang yang ideal. Kamu juga bisa konsultasikan ke dokter dan ahli gizi supaya bisa mendapatkan saran diet yang tepat sesuai kondisi tubuh kamu.

 

Reference
Share