3 sendok makan nasi berapa kalori
Hidup Sehat Nutrisi

3 Sendok Makan Nasi Berapa Kalori? Berikut Ulasannya!

Putri Aprillia | Januari 28, 2022
Share

Setiap hari, kamu perlu menentukan berapa jumlah kalori yang harus dikonsumsi. Salah satu cara sederhana untuk mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh adalah dengan menakar porsi makan. Awalnya, mungkin tidak mudah, namun semakin terbiasa maka akan lebih mudah.

Salah satu sumber energi yang paling sering dikonsumsi adalah nasi. Makan nasi terlalu banyak dan tidak diimbangi jenis makanan lain dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan. 3 Mungkin kamu penasaran berapa kalori dalam sendok makan nasi? Bagaimana tips mengonsumsi nasi yang sehat? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini terus ya.

Mengenal nasi lebih detail

Nasi adalah sumber karbohidrat kaya akan kalori yang terbuat dari beras yang ditanak. Nasi adalah makanan yang mudah disiapkan dan harganya terjangkau. Ada beberapa varian beras yang bisa digunakan. Beras putih adalah beras yang paling umum dikonsumsi. Selain beras putih, ada pula beras merah dan beras hitam. Warna nasi yang dihasilkan mengikuti warna berasnya.

Sebagian besar penduduk di Asia terutama Asia Tenggara mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Sehingga, nasi selalu masuk dalam list makanan sehari-hari. Biasanya, nasi dihidangkan bersama dengan lauk untuk melengkapi gizinya. Selain itu, nasi juga bisa diolah kembali bersama dengan bahan makanan lainnya, seperti nasi kebuli, nasi kuning, atau nasi goreng.

Kandungan dalam nasi

Dalam satu mangkok nasi putih terdapat paling tidak 50 gram karbohidrat. Kadar karbohidrat pada nasi putih memang cukup tinggi. Namun, sebenarnya kebanyakan kandungan karbohidrat pada nasi terdiri atas lebih banyak pati dan gula, daripada serat. Sehingga, penderita diabetes dan orang yang menjalani diet sangat perlu mengatur porsi nasi putih yang akan dikonsumsi.

Selain mengandung karbohidrat, nasi juga mengandung beberapa nutrisi lainnya, yakni:

  • Kalori
  • Protein
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Zat besi
  • Lemak
  • Serat
  • Folat
  • Mangan
  • Tiamin
  • Selenium
  • Niacin
  • Vitamin B6
  • Fosfor
  • Magnesium

Karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Di dalam tubuh, karbohidrat ini akan dipecah menjadi glukosa yang diserap tubuh dan masuk ke aliran darah. Kemudian, glukosa ini akan diedarkan sebagai bahan bakar ke seluruh tubuh, termasuk otak.

Untuk membangun struktur tulang dan mengendalikan kontraksi otot, diperlukan nutrisi berupa magnesium. Magnesium ini juga terdapat dalam nasi. Selain itu, mangan pada nasi juga bisa membantu kinerja otak, enzim, dan sistem saraf.

3 sendok makan nasi berapa kalori?

Apabila kamu ingin menjalani diet yang sehat, kamu perlu mengetahui jumlah kalori nasi yang dimakan setiap hari. Agar berat badan tetap terjaga, salah satu caranya yaitu dengan menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi. Pastikan jumlah kalorinya sesuai dengan aktivitas fisik yang kamu lakukan.

Setiap orang biasanya memiliki takaran porsi nasi putih yang berbeda-beda. Jumlah asupan kalori yang diperlukan wanita dewasa sebanyak 2.000 kalori sehari, sedangkan pria perlu mengonsumsi 2.500 kalori sehari.

Dilansir dari Fat Secret, satu piring nasi putih mengandung sekitar 135 kalori. Untuk menjaga tubuh agar tetap langsing, banyak orang yang mengonsumsi satu sendok nasi putih saja. Biasanya, mereka melengkapinya dengan sayuran, lauk, dan buah. Satu sendok nasi putih kira-kira mengandung 24 kalori, jadi 3 sendok makan nasi putih kira-kira mengandung 72 kalori.

Makan nasi saat diet

Agar berat badan turun, kamu harus melakukan diet defisit kalori dengan makan lebih sedikit kalori setiap hari. Sejumlah orang telah memutuskan untuk tidak mengonsumsi nasi putih untuk menghindari kalori yang berlebihan. Jika kamu sedang menjalani diet dan masih suka mengonsumsi nasi, sebenarnya kamu masih bisa mengonsumsinya. Namun, kamu harus mengontrol jumlah porsinya.

Meskipun kamu sedang diet, mengonsumsi nasi putih dalam porsi yang cukup masih aman. Selama porsinya tidak berlebihan. Kamu juga bisa mengonsumsi pengganti nasi untuk diet yang sehat. Apabila kamu ingin tahu porsi nasi yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu, lakukanlah konsultasi dengan dokter. Dokter bisa memberikan alternatif untuk sumber karbohidrat yang lebih sehat.

Tips mengonsumsi nasi yang sehat

Berikut ini adalah beberapa tips mengonsumsi nasi yang sehat, yaitu:

  • Mengatur jumlah porsinya. Ambil porsi nasi putih secukupnya sesuai kebutuhan tubuh tiap kali makan untuk membatasi jumlah kalorinya.
  • Jangan mengonsumsinya secara berlebihan.
  • Lengkapi dengan sayuran. Nasi mungkin membuat kamu lebih cepat merasa lapar dibandingkan sumber karbohidrat lainnya. Kamu bisa menghindarinya dengan memakannya bersama dengan sayuran, kacang, dan asparagus.
  • Perhatikan metode memasaknya. Daripada menggoreng nasi dan memasaknya dengan krim, lebih baik merebusnya karena akan mengandung lebih sedikit kalori.

Walaupun nasi putih mengandung banyak nutrisi, mengonsumsinya dalam porsi yang berlebihan bisa memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya, hal ini bisa memicu terjadinya sindrom metabolik yang erat kaitannya dengan penyakit stroke, jantung, dan diabetes tipe 2. Jadi, konsumsi secukupnya saja, ya!

 

Reference
Share