kalori tahu bakso

Apakah kamu tahu berapa banyak kalori tahu bakso? Ternyata, satu potongnya atau sekitar 40 gram tahu bakso mengandung 77 kalori. Jumlah ini tergolong cukup banyak, lo.

Untuk membakar kalori tahu bakso kamu bisa berlari, bersepeda, bahkan sambil melakukan aktivitas lain seperti bersih-bersih. Kira-kira, berapa waktu yang dibutuhkan agar 77 kalori ini habis? Baca terus untuk dapatkan jawabannya.

Berapa kalori semangkuk tahu bakso?

kalori mie ayam bakso

Berikut ini adalah jumlah kalori tahu bakso dalam ukuran 1 potong (40g).

  • Energi 322 kj
  • 77 kkal
  • Lemak 4,04g
  • Lemak Jenuh 0,589g
  • Lemak tak Jenuh Ganda 2,196g
  • Lemak tak Jenuh Tunggal 0,971g
  • Kolesterol 0mg
  • Rincian Kalori: 45% lemak, 35% karbohidrat, 20% protein.

Cek Berapa Jumlah Kalori Sate Kambing dalam Satu Tusuk

Resep tahu bakso siap coba

Tahu dan bakso pada dasarnya adalah bahan jadi yang meski tak ditambahkan apa pun, sudah terasa enak. Rasa yang sedikit hambar dan gurih bisa menjadi paduan yang bagus untukmu berkreasi. Di bawah ini, kamu bisa mencoba beberapa resep tahu bakso yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

kalori bakso

1. Sop Tahu Bakso

Menggabungkan tahu bakso dengan rumput laut untuk menambah banyak nutrisi adalah hidangan yang bagus saat cuaca panas. Memasak tahu dengan bayam akan membantumu meningkatkan pencernaan dan mendetoksifikasi usus. Sedangkan sup kacang yang dipadukan dengan telur dapat menghilangkan panas di hati dan perut. Menggabungkan sup kacang dengan beberapa ikan seperti: ikan kembung dan ikan gabus bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan omega 3, zat besi, dan vitamin lain.

Untuk membuatnya pun sangat mudah. Sediakan tahu bakso, garam, air, daun bawang, minyak goreng, dan bahan tambahan sup yang kamu inginkan. 

Layaknya membuat sup, tumis daun bawang dan tambahkan air bila sudah mencium bau harum. Berikutnya masukkan semua bumbu yang tersisa kecuali tahu dan garam, sesuai selera. Bila bakso sudah lunak, masukkan tahu dan garam secukupnya. Wala, sup tahu bakso siap dinikmati!

Ketahui Kalori Tempe Mendoan Dan Cara Mengolah Tempe Jadi Menu Diet

2. Tumis Tahu Bakso dengan Jamur Merang

Jamur merang dan tahu bakso adalah tiga makanan bergizi yang jika digabungkan akan menghasilkan hidangan yang bergizi. Cara menyiapkan hidangan ini adalah sebagai berikut:

Siapkan tahu, jamur merang, kacang polong, dan daun bawang secukupnya. Potong kacang menjadi kotak kecil, lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Terakhir masukkan tahu goreng, jamur yang sudah dicuci, dan irisan daun bawang, dan tumis bumbu sesuai selera.

Kalori Tahu Bacem Ternyata Rendah, Ini Dia Resep Lezatnya!

3. Tahu Bakso Sauerkraut

Kombinasi tiga bahan ini dapat mencegah osteoporosis dan melawan anemia defisiensi zat besi.  Bahan tambahan lainnya bersifat opsional, jadi jangan takut untuk berkreasi. Berikut cara menyiapkan hidangan ini.

Siapkan tahu dan sauerkraut sesuai takaran saji. Cuci dan potong sauerkraut kecil-kecil, tahu juga potong kecil-kecil. Tumis bawang putih, bawang bombay kering, dan tumis dengan sauerkraut.

Lima menit kemudian, masukkan tahu ke dalam panci untuk meresapkan bumbu. Tambahkan air untuk menutupi tahu dan didihkan. Tambahkan bumbu lain seperti garam atau saus sesuai selera.

4. Tahu bakso kering campur seledri 

Siapkan tahu, bakso, tauge, dan seledri. Bumbu yang kamu butuhkan adalah: minyak wijen, cuka dan bawang putih yang dihancurkan. Potong tahu dan sayur hingga seukuran kelingking, celupkan ke dalam air mendidih, lalu tiriskan air rebusan hingga dingin.

Campur semua bahan yang sudah disiapkan menjadi satu dan bumbu sesuai selera. 

Tahu bakso untuk diet 

Tahu terbuat dari susu kedelai, jadi makanan ini mengandung hampir semua nutrisinya dari kedelai. Tahu bergizi tetapi memiliki sedikit kalori dan free gluten.

Menurut para ahli, berkat kandungan proteinnya yang tinggi namun rendah kalori, kedelai menjadi makanan populer dalam diet. Makanan yang berasal dari kacang kedelai memiliki rasa yang nikmat, berminyak namun membantu kamu merasa kenyang lebih lama, mengurangi konsumsi makanan, dan mendukung penurunan berat badan dengan efektif.

Efek makan tahu dengan penurunan berat badan telah dibuktikan pada banyak penelitian. Secara khusus, orang yang mengikuti diet tahu dari 2 bulan hingga 1 tahun akan kehilangan rata-rata 4,5 kg. Karena itu, makanan ini telah dan sedang populer di menu penurunan berat badan, diet, dan vegetarian banyak orang.

Apa Itu Gluten Free dan Apa Manfaatnya bagi Tubuh?

Selain mengkonsumsi tahu untuk menurunkan berat badan, makanan berbahan kedelai ini juga memberikan banyak manfaat yang besar bagi tubuh seperti: membantu pembentukan otot, menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penipisan tulang, dll. 

Tapi bagaimana dengan bakso? Sayangnya, kandungan kedua bahan ini bertolak belakang. Karena kandungan lemaknya yang tinggi, sebaiknya tidak dikonsumsi secara teratur. Terlebih bakso olahan yang cenderung mengandung bahan berbahaya dan harus dihindari sama sekali.

Rata-rata, satu porsi bakso seberat 40 gram mengandung 4,04 gram lemak. Ini sebagian besar disebabkan oleh kandungan daging di dalamnya. Meskipun lemak dalam jumlah besar bukanlah lauk yang sehat jika dikonsumsi secara teratur, namun cukup masuk akal untuk sesekali makan. 

Saat menyiapkan hidangan istimewa ini, pastikan untuk menggunakan mentega asli (bukan margarin) untuk memastikan penghilangan minyak terhidrogenasi. Bakso beku olahan atau yang disiapkan di restoran, sering kali memiliki bahan tambahan tidak sehat seperti untuk pengawetan, efisiensi biaya, dan sebagai pengisi. 

Cara terbaik untuk memastikan bahwa kamu makan bakso murni tanpa pengolahan dan bahan tambahan yang berbahaya adalah menyiapkannya di rumah dengan daging organik dan bahan-bahan segar.

So, untuk menghabiskan jumlah kalori sebanyak 77, kamu bisa melakukan aktivitas berikut untuk menjaga berat badan dan kesehatanmu secara keseluruhan.

  • 11 menit bersepeda
  • 7 menit berlari
  • 27 menit bersih-bersih

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference