posisi duduk yang benar

Banyak orang yang sering merasa sakit otot karena terlalu lama ketika duduk di depan komputer. Posisi duduk yang terlalu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan akibat otot yang kaku. Ada tips cara duduk yang benar dan menghindari masalah kesehatan karena terlalu lama duduk.

Posisi duduk yang benar adalah posisi yang aman dan tidak menyebabkan otot tubuh menjadi kaku. Ketahui yuk posisi duduk yang benar sehingga bisa kamu praktekkan di kantor dan di rumah.

Cari tahu seperti apa posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang lama baik saat sekolah atau bekerja bisa menyebabkan berbagai keluhan otot dan sendi yang sakit. Posisi duduk yang benar kadang sering diabaikan sehingga lama-lama sendi dan otot sakit dan menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya.

Posisi duduk terkadang tidak menjadi perhatian banyak orang sehingga sering duduk tanpa istirahat dalam waktu yang lama. Ada beberapa cara untuk dapat memperbaiki posisi duduk yang benar sehingga bisa memperbaiki postur tubuh kamu. Seperti apa ya posisi duduk yang benar? Yuk simak dalam ulasan di bawah ini.

Bagaimana posisi duduk yang benar agar tidak cepat lelah

Posisi duduk yang benar memang tidak diperoleh dengan mudah. Ada langkah sederhana yang bisa dilakukan agar dapat beradaptasi dan memulai posisi duduk yang baik dan benar:

  • Mengatur posisi duduk. Atur posisi duduk yang nyaman untuk dilakukan. Lakukan langkah sederhana dengan mulai duduk di ujung kursi, menggerakkan bahu da dorong punggung ke bawah hingga tulang belakang melengkung. Lakukan perlahan hingga posisi duduk nyaman dirasakan.
  • Menyesuaikan tinggi kursi dengan meja. Sesuaikan tinggi kursi yang kamu pakai untuk duduk bekerja dan pastikan kaki bisa sejajar dengan lantai dan lutut.
  • Jaga jarak dengan layar. Posisikan layar tepat di depan dan rentangkan tangan sesuai jarak dengan layar. Layar yang terlalu rendah atau tinggi dapat membebani mata dan leher sehingga tingginya harus disesuaikan dengan benar.
  • Melekatakkan kaki di lantai. Meletakkan kaki di lantai dapat memperbaik posisi duduk. Jika kaki tidak dapat mencapai lantai, maka gunakan sandaran kaki. Lepaskan sepatu hak dan kurangi duduk menyilang agar mengurangi ketegangan otot.
  • Mengatur posisi keyboard dan mouse. Atur posisi keyboard dan mouse tepat di depan komputer. Berikan jarak 10-15 cm antara ujung papan ketik dengan pergelangan tangan agar tangan dapat bergerak dengan bebas.
  • Mengatur benda yang sering dipakai dalam jangkauan. Letakkan berbagai benda yang dibutuhkan dalam jangkauan sehingga tidak membuat kamu memiringkan badan atau membungkuk.
  • Menggunakan headset. Menopang ponsel dalam jangka waktu yang lama dapat merusak ligamen, kaku otot dan nyeri otot. Gunakan headset atau pengeras suara pada saat mengetik, menulis, menelpon dan melakukan aktivitas dengan ponsel kamu.
  • Istirahatkan tubuh dan berdiri. Lakukan peregangan jika kamu sudah terlalu lama duduk di belakang meja. Ambil waktu 1-2 menit setiap 30 menit sekali sehingga aliran darah akan lancar dan ketegangan otot berkurang.

Manfaat dari posisi duduk yang benar

Mengatur posisi duduk yang baik dan benar artinya bagian-bagian penting dari tubuh seseorang bisa sejajar dan didukung dengan jumlah ketegangan otot yang tepat. Banyak manfaat dari mengatur posisi duduk yang benar seperti:

  • Dapat mengurangi ketegangan tubuh pada saat melakukan aktivitas dan olahraga
  • Mengurangi keausan pada otot, sendi,dan ligament
  • Menjaga keseimbangan saat bergerak dan olahraga
  • Mengurangi risiko ketegangan otot dan kondisi penggunaan berlebihan
  • Meningkatkan kesehatan pada tulang belakang

Apa bahaya jika sering melakukan posisi duduk yang salah?

Bahaya jika salah posisi duduk

Postur tubuh merupakan cara kamu dalam memposisikan tubuh baik pada saat berdiri, duduk, tidur, dan berjalan. Banyak orang yang mempunyai postur tubuh yang buruk karena posisi duduk yang salah. Apa bahaya dari salah posisi duduk?

Efek buruk posisi duduk yang salah dapat mengubah tulang belakang dan perubahan kurva tulang belakang. Bentuk alami tulang belakang harus dijaga dengan baik dengan memperbaiki posisi duduk atau berdiri.

  • Mengganggu pencernaan. Organ pencernaan akan berkurang fungsinya dan memicu sembelit serta ketidaknyamanan organ pencernaan.
  • Menyebabkan penumpukan lemak di sekitar pinggang dan kadar kolesterol menjadi tak normal.
  • Dapat memicu kelelahan dalam bekerja dan menyebabkan depresi serta suasana hati yang buruk. Kondisi ini juga dapat meningkatkan stres dan sistem saraf menjadi tidak terkontrol dengan baik.
  • Posisi duduk yang salah bisa memicu nyeri otot dan nyeri pada punggung kronis dan menyebabkan masalah kesehatan lain

Untuk menghindari bahanya, bagaimana tips melakukan posisi duduk yang benar dan aman?

Tips mencari posisi duduk yang benar dan nyaman

Pada saat bekerja dan duduk dalam waktu yang lama, tubuh bisa menjadi kaku dan otot terlalu tegang. Lakukan beberapa tips posisi duduk yang benar sehingga dapat mendukung dan memperbaiki posisi duduk seperti:

  • Menjaga tinggi monitor sesuai dengan garis pandang alami sehingga menyesuaikan dengan ruang kerja.
  • Tambahkan bantalan atau pijakan kaki, bantalan tangan dan sandaran punggung pada meja kursi yang digunakan.
  • Menggunakan kursi meja otomatis yang bisa digunakan secara duduk dan berdiri.

Orang yang mempunyai mempunyai postur tubuh yang buruk bisa memperbaikinya dengan kesadaran, komitmen dan waktu. Perlu waktu yang cukup lama untuk melatih dan mengembalikan postur tubuh yang baik sehingga posisi duduk juga bisa dijadikan latihan agar postur tubuh bisa kembali normal.

Posisi duduk yang benar adalah posisi duduk yang tidak memberikan beban pada anggota tubuh dan otot sehingga bisa bekerja normal dan sesuai kemampuan. Latih posisi duduk setiap hari sehingga bisa memperbaiki kembali postur tubuh miring atau bungkuk akibat duduk yang tidak benar.

Share artikel ini
Reference