pasta gigi untuk gigi ngilu

Pasta gigi untuk gigi ngilu dirancang khusus untuk para pemilik gigi sensitif sehingga dapat mencegah ngilu pada gigi. Namun, tidak semua pasta gigi dapat mengatasi gigi ngilu, kamu perlu menggunakan pasta gigi khusus untuk kondisi tersebut.

Ulasan ini akan membahas tentang penyebab gigi ngilu hingga rekomendasi pasta gigi untuk gigi ngilu yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. 

Penyebab gigi ngilu

cara mengatasi sakit gigi saat hamil

Gigi ngilu akibat gigi sensitif merupakan kondisi di mana seseorang merasakan rasa ngilu atau sakit pada gigi saat terpapar oleh rangsangan tertentu, seperti makanan atau minuman panas, dingin, manis, atau asam. 

Kondisi ini umumnya terjadi ketika lapisan bawah gigi, yang disebut dentin, terbuka dan mengakibatkan akar gigi yang memiliki banyak saraf kecil menjadi lebih mudah terpapar rangsangan.

Dentin adalah lapisan gigi yang terletak di bawah lapisan luar yang keras, yaitu enamel. Ketika enamel aus atau terkikis karena berbagai faktor seperti penggunaan sikat gigi yang kasar, gigi gemeretak, atau masalah gigi lainnya, maka dentin dapat terbuka. 

Ini membuat saraf-saraf kecil pada akar gigi terpapar langsung dengan lingkungan luar. Akar gigi memiliki ribuan saraf kecil yang sensitif terhadap perubahan suhu, tekstur, dan rasa. 

Saat akar gigi terbuka dan tidak terlindungi oleh enamel, rangsangan dari makanan atau minuman yang panas, dingin, manis, atau asam dapat langsung mempengaruhi saraf-saraf ini. Sehingga, seseorang yang mengalami gigi sensitif akan merasakan ngilu atau sakit tiba-tiba saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Cara Mencegah Gigi Berlubang, Jangan Biarkan Semakin Parah!

Cara mengobati gigi ngilu

Jika kamu mengalami gigi ngilu, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut. 

1. Gunakan pasta gigi khusus 

Tahukah kamu bahwa menggunakan pasta gigi khusus yang dirancang untuk gigi sensitif bisa membantu mengurangi rasa ngilu? Pasta gigi ini mengandung zat seperti kalium nitrat yang memiliki manfaat penting.

Kalium nitrat dapat membantu melindungi saraf gigi dan mengurangi rangsangan yang menyebabkan ngilu. Gunakan pasta gigi ini secara rutin ketika menyikat gigi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Menghindari makanan dan minuman asam

Makanan serta minuman yang mengandung asam, misalnya jeruk, lemon, dan minuman bersoda, bisa memperburuk sensasi ngilu pada gigi sensitif. Upayakan untuk menghindari jenis makanan ini sebisa mungkin. Jika kamu mengkonsumsinya, berkumurlah dengan air setelahnya agar efek asam pada gigi bisa berkurang.

3. Gunakan pelindung gigi saat tidur malam

Gerakan menggertakkan gigi di malam hari dapat menjadi penyebab utama timbulnya rasa ngilu. Menggunakan pelindung gigi khusus saat tidur bisa membantu mengurangi tekanan pada gigi dan meredakan rasa sakit yang mungkin kamu alami. Untuk memilih jenis pelindung gigi yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Tak Akan Batal, Ini Cara Meredakan Sakit Gigi saat Puasa tanpa Minum Obat

4. Kompres Dingin

Salah satu cara cepat untuk meredakan rasa ngilu pada gigi adalah dengan melakukan kompres dingin. Kamu dapat menggunakan kantong es atau handuk yang dilapisi es batu. Kompres dingin ini efektif dalam mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan.

Pasta gigi untuk gigi ngilu

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu cara mengatasi gigi ngilu adalah dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi ngilu. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Sensodyne Full Protection Whitening Sensitive Toothpaste

Sensodyne menjadi pasta gigi yang paling direkomendasikan oleh dokter gigi untuk gigi sensitif. Ini karena pasta gigi ini berfungsi dengan baik dan telah diuji oleh para ahli. Salah satu kandungannya adalah memiliki 5 persen kalium nitrat yang merupakan salah satu bahan aktif paling efektif dalam pasta gigi untuk gigi sensitif.

2. Arm & Hammer Sensitive Teeth & Gums Toothpaste

Pasta gigi yang satu ini mengandung bahan aktif yang sama dengan Sensodyne yakni kalium nitrat yang berguna untuk mengurangi sensitivitas dan natrium fluorida untuk melindungi gigi dari gigi berlubang.

3. Sensodyne Sensitivity & Gum Whitening Toothpaste

Pasta gigi untuk gigi ngilu selanjutnya juga datang dari sensodyne. Beberapa kasus gigi sensitif dapat dijelaskan oleh masalah yang terkait dengan gusi.

Ini sebabnya, kamu juga perlu menggunakan pasta gigi yang bukan hanya dirancang untuk gigi sensitif tapi juga untuk merawat gusi. 

Bahan utama pasta gigi ini adalah stannous fluoride, yang melindungi dari gingivitis, gigi berlubang, dan noda, menurut sebuah tinjauan tahun 2019, kandungan ini juga melapisi gigi untuk mengurangi hipersensitivitas. 

4. Colgate Sensitive Prevent & Repair Toothpaste

Pasta gigi untuk gigi ngilu yang satu ini juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik buat kamu. Pasta gigi yang satu ini dirancang khusus untuk gigi sensitif dengan fokus pada kesehatan enamel. Ada banyak faktor yang berperan dalam kesehatan mulut, dan enamel adalah salah satu yang penting. 

5. Sensodyne Pronamel Fresh Breath

Pasta gigi ini dikhususkan untuk gigi dengan kondisi hipersensitivitas. Pasta gigi ini juga dapat menguatkan enamel, yang merupakan bagian penting dalam mencegah sensitivitas gigi semakin memburuk dari waktu ke waktu. Hilangnya enamel mengakibatkan terbukanya dentin dan akhirnya saraf gigi, yang menyebabkan gigi yang sensitif.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference