Roti gandum untuk diet

Roti gandum memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Roti gandum ternyata juga dipercaya sangat baik untuk menyukseskan diet kamu, lho. Hal itu karena kandungannya yang kaya akan serat, vitamin, dan zat yang bermanfaat lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin menyukseskan diet, kamu mulai coba mengonsumsi roti gandum ini. Supaya lebih jelas lagi, ada baiknya kita simak dulu penjelasan lengkapnya melalui pembahasan di artikel ini.

Mengenal sekilas tentang roti gandum

Roti gandum adalah roti yang terbuat dari biji gandum utuh yang telah dijadikan tepung. Roti gandum dianggap sebagai sumber karbohidrat dengan kandungan serat lebih banyak yang baik untuk tubuh.

Roti gandum biasanya terdiri dari tiga bagian utama yaitu kulit (dedak), bagian tengah (endosperm), dan benih (germ). Bagian kulit sangat kaya akan serat, mineral, dan antioksidan.

Bagian tengah, atau endosperma, mengandung banyak pati yang sangat tinggi karbohidrat. Sementara bagian bagian benih banyak mengandung vitamin, mineral, protein dan zat tumbuhan lainnya.

Kandungan serat yang berlimpah ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga buang air besar jadi lebih lancar. Oleh sebab itu, roti gandum sangat baik untuk menu diet kamu.

Kandungan roti gandum utuh

kandungan roti gandum

Mengonsumsi roti gandum untuk diet dipercaya sangatlah efektif. Hal ini dikarenakan roti gandum mengandung lebih banyak nutrisi per 100 gram daripada roti tawar biasa, Seperti:

  • Energi: 233kkal
  • Lemak: 3,49g
  • Natrium: 395 mg
  • Karbohidrat: 44,19g
  • Serat: 7g
  • Gula: 6.98g
  • Protein: 11,63g
  • Kalsium: 47mg

Dari penjelasan di atas, roti gandum memiliki kandungan karbohidrat, serat, dan protein pada sangat tinggi. Sementara itu kandungan lemaknya sangatlah sedikit.

Dengan begitu, roti gandum ini tentu sangat baik untuk tubuh yang membutuhkan banyak energi, namun tetap rendah lemak. Sangat cocok untuk orang yang sedang melakukan diet.

BACA JUGA: Macam-Macam Diet, Mana yang Kamu Coba? 

Manfaat roti gandum utuh untuk diet

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada roti gandum, jadi, apa sih kelebihan konsumsi roti gandum untuk diet? Yuk ktia bahas pada penjelasan di bawah ini!

1. Lebih mengenyangkan

Salah satu alasan mengapa roti gandum kerap dijadikan sebagai makanan untuk mereka yang sedang menjalankan program diet adalah karena roti gandum bersifat lebih mengenyangkan.

Seperti yang kita ketahui, roti gandum terdiri dari serat nutrisi yang tinggi serta dapat membantu kita mencegah makan secara berlebihan.

Para peneliti sendiri merekomendasikan makanan tinggi serat, termasuk roti gandum untuk diet, terutama dalam penurunan berat badan.

2. Membuat pencernaan menjadi lebih lancar

penyakit pencernaan yang perlu diwaspadai

Tidak hanya aman dikonsumsi, roti gandum juga dapat memperlancar pencernaan, lho! Hal ini dikarenakan makanan tinggi serat seperti roti gandum dapat meningkatkan ukuran dan volume feses serta membuatnya menjadi lebih lunak.

Oleh karena itu, buang air besar pun dapat dilakukan dengan lebih lancar. Dengan cara ini, kamu juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

BACA JUGA: Jenis Penyakit Pencernaan yang Wajib Kamu Ketahui, Yuk Hindari! 

3. Mengandung kalori rendah

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kalori rendah. Karena kandungan kalorinya yang rendah, roti gandum sangat baik digunakan untuk melakukan diet sehat.

Dalam 100 gram roti gandung, terdapat 100-200 kalori saja. Angka ini tentu kecil dibanding kalori yang terkandung dalam makanan sumber karbohidrat lainnya.

BACA JUGA: Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum? Ternyata Segini! 

4. Membantumu menghindari berbagai penyakit

Karena roti gandum memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dibanding dengan roti tawar biasa, roti ini lebih bisa kamu andalkan untuk meningkat pola makan yang baik demi kesehatan.

Roti gandung dapat membantumu mencegah berbagai penyakit seperti obesitas, stroke, kanker, diabetes, jantung, dan sebagainya.

Yuk turunkan berat badan dengan roti gandum

Nah, itulah beberapa alasan yang perlu kamu ketahui tentang mengapa roti gandum baik untuk diet. Hal utama yang kamu ingat adalah, jika ingin menurunkan berat badan, kamu harus melakukan kalori defisit. Di mana jumlah kalori yang kamu konsumsi harus lebih sedikit dari kalor yang kamu keluarkan.

Jika kamu mengkonsumsi lebih banyak kalori, kamu akan kesulitan menurunkan berat badan. Makan roti gandum untuk diet pun akan menjadi sia-sia. Nah, roti gandum sangat bagus untuk diet sebab memiliki kalori yang rendah.

Meskipun begitu, kamu tetap harus mengonsumsinya dengan makanan sehat lainnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk konsumsi roti gandum, yakni menjadikannya sandwich dengan menggabungkannya dengan sayuran, membuat roti panggang dengan toping alpukat, memakannya dengan selai kacang rendah gula, atau memakannya bersamaan dengan ayam panggang dan bawang putih.

Share artikel ini
Reference