cara memperkecil perut buncit

Perut buncit bisa membuat kita merasa tak percaya diri. Pasalnya, banyak orang menganggap bahwa perut buncit membuat kita tampak kurang menarik dan menyebabkan masalah kesehatan. Lalu, bagaimana cara memperkecil perut buncit?

Umumnya perut yang terlihat besar dan membengkak terjadi akibat adanya penumpukan lemak di perut. Padahal, perut buncit juga bisa menjadi tanda adanya penyakit yang serius, seperti penyakit ginjal. 

Meski kamu tidak akan merasakan langsung dampak negatif perut buncit, namun cepat atau lambat perut buncit bisa memicu munculnya masalah kesehatan lain, seperti diabetes hingga jantung yang harus segera diatasi. 

Tak langsung berakibat fatal, lemak berlebih di perut bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes atau penyakit jantung sehingga harus diatasi. Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara memperkecil perut buncit. Yuk, simak tipsnya!

Penyebab perut buncit

ciri ciri perut buncit dan cara memperkecil

Tak hanya penumpukan lemak di perut, perut buncit juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti: 

1. Masalah pencernaan

Masih erat kaitannya dengan area perut, gangguan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi juga bisa berpengaruh terhadap perut buncit. Pasaln  ya, saat sembelit terjadi, feses tidak bisa dikeluarkan karena tertahan di usus besar.  

Dalam waktu yang lama, feses yang menumpuk di usus besar akan menyebabkan penumpukan gas di usus hingga mengakibatkan perut terlihat buncit dan nyeri. Untuk mencegah masalah konstipasi, pastikan asupan sertamu terpenuhi dan jangan lewatkan olahraga, ya!

2. Obesitas

Obesitas memang dikenal sebagai salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya, orang yang dinyatakan obesitas biasanya karena penumpukan lemak pada perutnya sehingga perut pun terlihat membuncit.

Meski obesitas bisa menyerang siapa saja, namun kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita. Tak hanya itu, kebiasaan buruk seperti sering mengomsumsi minuman kemasan, makan makanan tinggi lemak, gula, dan kalori yang berakibat menumpuknya lemak pada perut.

Apabila kamu dinyatakan obesitas, sebaiknya segera ubah kebiasaan burukmu. Sebab, obesitas bisa memicu penyakit lain, seperti diabetes dan penyakit jantung.

3. Mengonsumsi alkohol

Bagi kamu yang masih sering mengonsumsi alkohol, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini, ya! Perlu diketahui bahwa alkohol dapat mengakibatkan peningkatan jumlah lemak karena kandungan dalam alkohol memicu kalori makanan meningkat.

Bahkan, kandungan glukosanya juga dapat mengakibatkan penumpukan lemak di dalam perut, lho!

4. Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa, gula yang biasanya ditemukan dalam produk susu. 

Jika kamu termasuk yang intoleransi terhadap laktosa, biasanya kamu akan mengalami beberapa gejala, seperti penumpukan gas dan perut yang terasa kembung. Gejala-gejala ini lah yang membuat perut terlihat buncit. 

5. Sindrom iritasi usus besar

Irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar juga menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan perut terlihat buncit. Sebab, selain menimbulkan gejala kram dan nyeri perut,  IBS juga bisa sebabkan kembung dan penumpukan gas yang efeknya bisa membuat perut membuncit.

6. Penyebab lain

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan, Beberapa kondisi medis juga bisa menjadi penyebab perut buncit, antara lain:

  1. Perubahan hormon pada wanita
  2. Gangguan makan
  3. Kelebihan atau kekurangan bakteri baik di usus
  4. Gangguan lambung
  5. Penyakit celiac
  6. Gagal ginjal
  7. Penyakit hati
  8. Kanker
  9. Gagal jantung
  10. Batu empedu
  11. Menopause
  12. Stres
  13. Kurang tidur

5 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit yang Wajib Kamu Coba

Cara memperkecil perut buncit

Cara memperkecil perut buncit sebenarnya cukup mudah, namun kamu harus mengetahui penyebab yang mendasarinya. Apabila perut buncit disebabkan oleh penyakit kronis, tentunya kamu memerlukan konsultasi agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Akan tetapi, jika perut buncitmu disebabkan oleh penumpukan lemak, cara memperkecil perut buncit, yaitu dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. 

Pastikan kamu melakukan beberapa langkah ini untuk memperkecil perut buncit:

  1. Tidak mengonsumsi makanan makanan berlemak tinggi maupun makanan tinggi gula dan garam
  2. Tingkatkan asupan serat dan karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan
  3. Hindari mengonsumsi terlalu banyak minuman kemasan tinggi kalori dan minuman beralkohol
  4. Pastikan tubuh terhidrasi, yaitu dengan minum air putih minimal 2 liter setiap harinya
  5. Lakukan olahraga teratur minimal 30 menit setiap harinya
  6. Pastikan mendapat tidur yang berkualitas
  7. Hindari stres dengan cara melakukan terapi relaksasi

Selain itu, pertimbangkan untuk makan lebih lambat agar perut memiliki waktu untuk memproses makanan. Jika perutmu bengkak akibat penumpukan gas, cobalah menghindari makanan yang menyebabkan gas. Sementara itu, cara alami memperkecil perut buncit dalam kasus intoleransi laktosa, yaitu menghindari produk susu. 

14 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah!

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah perut buncit, beberapa cara memperkecil perut buncit yang telah disebutkan di atas bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Tapi apabila masalah perut buncitmu akibat gangguan kesehatan kronis, sebaiknya jangan abaikan dan segera lakukan pemeriksaan, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini