Siapa sih yang tidak tahu sayur asem? Meskipun makanan yang satu ini berasal dari wilayah Jawa, tapi orang-orang di luar Jawa juga tampaknya sudah tidak asing dengan makanan ini. 

Sayur asem digemari bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena kalori sayur asem juga cenderung rendah. Berapa sih kalorinya? Yuk, baca penjelasan ini!

Kandungan nutrisi dan kalori sayur asem

nutrisi sayur asem

Sayur asem terdiri dari berbagai sayuran di dalamnya, mulai dari kacang panjang, jagung, labu siam, dan sebagainya. Meski demikian, seporsi sayur asem hanya memiliki kalori sebesar 80 kkal dengan berbagai kandungan, seperti:

  • Karbohidrat total: 12,9 gram.
  • Lemak total: 2,76 gram
  • Protein total: 3,18 gram
  • Kolesterol: 3 milligram
  • Serat: 2,5 milligram
  • Gula: 4,75 milligram
  • Sodium: 308 milligram
  • Kalium: 261 milligram

Dari kandungan nutrisi tersebut, bisa dikatakan bahwa sayur asem adalah makanan sehat dengan kalori yang rendah. Dan jika dicek lagi, setiap bahan yang ada di dalam sayur asem juga tidak kalah bergizi, lho!

Ketahui Kebutuhan Karbohidrat Harian Kamu untuk Kesehatan Tubuh!

Nutrisi bahan sayur asem

kalori sayur asem yang sehat

Di setiap daerah di Indonesia, sayur asem mungkin disajikan dengan bahan sayuran yang berbeda-beda. Tapi umumnya sayur asem terdiri dari beberapa bahan yang populer, seperti jagung manis, labu siam, asam  jawa, kacang panjang, dan melinjo. Yuk, cari tahu apa saja nutrisi yang terkandung dari bahan-bahan makanan ini!

Jagung manis

Jagung manis yang kerap dibuat sebagai salah satu bahan sayur asem merupakan makanan tinggi karbohidrat yang juga mengandung serat, vitamin, mineral, dan  rendah lemak. Selain itu, jagung manis juga terdiri dari protein, vitamin C, vitamin B1, folat, magnesium, dan potasium.   

Labu siam

Labu siam mengandung beberapa nutrisi utama, termasuk karbohidrat, protein, dan serat. Selain itu, sayuran ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, antara lain vitamin C, E, B6, K, mangan, seng, zat besi, kalium, asam folat, dan fosfor. 

9 Manfaat Buah Labu untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet!

Asam jawa

Bahan utama kalori sayur asem selanjutnya adalah asam jawa atau tamarind. Bahan ini sangat kaya nutrisi seperti vitamin B1, vitamin B3, potasium, magnesium, fosfor dan zat besi.  

Kacang panjang

Kacang panjang memang kaya akan nutrisi, termasuk asam folat, tiamin, riboflavin, asam pantotenat dan niasin. Kacang panjang juga kaya akan protein nabati dan serat serta mengandung mineral sehat seperti zat besi,, mangan, fosfor, magnesium, kalium dan kalsium.  

Apakah Kacang Menyebabkan Jerawat? Ini Faktanya!

Melinjo

Bahan lain yang wajib ada pada sayur asem adalah melinjo. Buah melinjo mengandung protein, lemak, karbohidrat dan serat. Selain itu, ada juga mineral seperti mangan, tembaga, besi, seng, kalium, magnesium, dan fosfor.

Manfaat konsumsi sayur asem

sayuran yang bagus untuk hamil

Dari semua kandungan nutrisi yang sudah dijelaskan di atas, kamu pasti sudah tahu bahwa sayur kalori asem pasti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Apa saja sih manfaat sayur asem bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan?

Melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sayur asem. Dalam bentuk minuman, asam jawa sering digunakan untuk mengobati diare, sembelit, demam, dan sakit maag.

Selain itu, sayur asem juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Tentu saja khasiat ini tidak hilang jika asam jawa dikonsumsi sebagai salah satu bahan sayur asem. 

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat sayur asem berikut ini lagi-lagi karena kandungan asam jawa. Ekstrak bijinya membantu menurunkan kadar gula darah, sedangkan ekstrak dari kulitnya dapat membantu menurunkan berat badan dan memulihkan penyakit hati berlemak.

Manfaat ini juga bisa didapatkan dari kacang panjang yang tinggi serat dan protein. Kacang panjang juga dikenal dapat mempercepat proses pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Meningkatkan metabolisme 

Jagung, sumber karbohidrat dalam kalori sayur asem, bisa menggantikan nasi. Nah, bahan yang mengandung karbohidrat ini diperlukan untuk berfungsinya metabolisme tubuh secara keseluruhan.  

Menguatkan tulang

Labu siam menyediakan berbagai komponen herbal asam seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, asam folat, magnesium, serat, riboflavin, fosfor dan potasium. Selain itu, kandungan mangan di dalamnya dapat mendukung proses pemadatan tulang dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah lemak dan karbohidrat.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Bawang putih merupakan salah satu bahan untuk membuat sayur asem. Bahan ini memberikan manfaat untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia. Meskipun penelitian tentang topik ini terbatas, menambahkan bawang putih ke dalam makanan dapat mengurangi gejala pilek dan penyakit.

Nah, itu dia informasi tentang kalori sayur asem, kandungan nutrisi pada bahan-bahannya, serta manfaat konsumsi sayur asem bagi kesehatan. Gimana? Kamu tertarik mengonsumsi makanan yang satu ini?

Share artikel ini
Reference