minum air hangat

Mungkin tidak banyak orang yang minum air hangat sehari-hari, kecuali saat sedang sakit dan tidak enak badan. Kebanyakan dari mereka memilih untuk minum air dingin bahkan dengan es, alasannya tentu karena lebih menyegarkan. 

Padahal air hangat memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuhmu. Air panas yang dimaksud adalah air antara 130 dan 160 ° F (54 dan 71 ° C). Jangan minum air yang lebih panas dari ini, karena mulut dan tenggorokan kamu tidak akan kuat menahan panasnya.

Manfaat minum air hangat

Manfaat minum air hangat
Manfaat minum air hangat

Selain membuat tubuh dan tenggorokan lebih nyaman, air hangat memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meredakan hidung tersumbat

Suhu air panas yang kamu minum akan membantu membersihkan penumpukan lendir di hidung, sehingga hidung kamu bisa bernafas lega sementara. Begitu juga pada penderita sinusitis, sakit kepala yang dialami akan dapat reda sementara.

2. Mengatasi sembelit

Sama halnya dengan melunturkan wajan penggorengan dengan air panas, kotoran dalam tubuh juga dapat dipecah dengan mudah saat kamu mengonsumsi air panas. Akan lebih baik lagi jika kamu mencampurkan sedikit garam untuk mendapat manfaat maksimal.

9 Makanan Yang Mengandung Serat Baik Untuk Diet

3. Meredakan tubuh yang menggigil

Menggigil menjadi tanda bahwa tubuh kamu sedang menyesuaikan suhu atau mencoba menghangatkan diri. Minum air hangat tentunya dapat membantu proses penghangatan tersebut.

4. Mendetoks tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa air minum membantu ginjal menyaring racun dari darah sehingga kamu bisa buang air kecil dan membuang racun tubuh. Minum air panas sampai berkeringat juga berpotensi mengeluarkan racun tubuh melalui keringat.

5. Meredakan nyeri menstruasi

posisi tidur untuk meredakan nyeri haid

Kram perut karena menstruasi bisa diatasi dengan minum air hangat, otot akan lebih rileks sehingga kram menstruasi mereda. Peredaran darah pun menjadi lebih lancar. 

6. Meredakan depresi dan anxiety

Banyak penelitian menunjukan bahwa kekurangan cairan tubuh dapat meningkatkan level stres, kegelisahan, dan depresi. Berpengaruh juga pada siklus tidur yang tidak teratur. Minum segelas air panas akan membantu cairan tetap terpenuhi dan relaksasi otot.

7. Membantu kulit lebih sehat

Meminum air panas dapat membantu memurnikan dan melancarkan peredaran darah, hal ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Kamu bisa minum satu gelas air hangat di pagi hari untuk membantu kulit lebih sehat.

8. Mengurangi resiko penyakit jantung

Air hangat membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar, sehingga jantung akan bekerja dengan aman dan terhindar dari resiko penyakit. Kamu cukup minum satu atau dua gelas setiap pagi.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita: Apa Bedanya dengan Pria?

9. Meredakan gejala akalasia

Akalasia adalah kondisi dimana kerongkongan tidak mampu mendorong makanan ke perut. Kondisi ini cukup langka dan dapat diturunkan. Ada bukti terbatas yang menunjukkan bahwa air hangat membantu meringankan gejala akalasia dibandingkan dengan air dingin.

10. Menjaga kesehatan rambut

Air hangat menstimulasi aliran darah ke folikel yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Kulit kepala dengan minyak berlebih juga dapat diatasi dengan sering minum air hangat.

Waktu tepat minum air hangat

minuman apa agar haid lancar

Sebenarnya kamu bisa minum air hangat kapan saja, bahkan di tengah hari saat cuaca sedang panas. Namun jika kamu ingin mendapat manfaat yang lebih maksimal, ada dua waktu yang tepat untuk minum air hangat yaitu:

Minum air hangat di pagi hari

Minum air hangat di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik. Bonusnya, kamu dapat mendetoks racun di tubuh dengan mudah, seiring dengan lancarnya pencernaan. Air hangat juga sangat cocok diminum sesaat setelah kamu bangun tidur dengan perut yang masih kosong.

Minum air hangat di malam hari

Malam hari sebelum tidur, segelas air hangat akan membantu merelaksasi otot tubuhmu. Sehingga kamu akan merasa lebih rileks dan santai, hal ini juga dapat memperbaiki mood dan kelelahan setelah beraktivitas seharian penuh. 

Mitos air hangat

Ada beberapa mitos yang beredar mengenai air hangat yang mungkin masih dipercayai oleh masyarakat. Beberapa mitosnya yaitu:

1. Air hangat membersihkan saluran pencernaan

Jika kamu mengharapkan saluran pencernaan dapat bersih menyeluruh hanya dengan air hangat, namun sayangnya anggapan ini kurang tepat. Cara yang dianjurkan, yaitu dengan menimun air hangat yang dicampur garam tidak beryodium agar proses detoks jadi lebih lancar.

2. Air hangat membakar lebih banyak kalori

Minum air hangat ternyata tidak membakar kalori lebih banyak daripada air dingin. Justru sebaliknya, air dingin bekerja lebih baik untuk membakar kalori karena usaha tubuh untuk menyesuaikan suhu. Meski begitu, efek pembakaran kalorinya tidak terlalu signifikan.

Cobalah segelas air hangat di pagi dan malam hari dan rasakan manfaatnya!

Share artikel ini
Reference