Sekarang, kamu telah melewati masa kehamilan dan persalinan. Kini, saatnya kamu istirahat, memulihkan diri, dan menikmati waktu bersama si kecil. Enam minggu pertama, kamu akan mengalami masa nifas. Perlu beberapa waktu untuk kembali ke kondisi tubuh sebelum melahirkan. 

Setelah melahirkan, kamu perlu melakukan penyesuaian. Hal ini punya tantangannya tersendiri. Waktu kamu untuk istirahat kemungkinan besar akan terganggu. Selain itu, perubahan apa lagi yang dirasakan selama masa nifas setelah melahirkan?

Apa itu masa nifas?

Masa nifas yang juga dikenal dengan trimester keempat adalah waktu setelah kelahiran. Masa nifas dimulai segera setelah melahirkan ketika tubuh, kadar hormon, dan ukuran, kembali ke keadaan tidak hamil.

Istilah masa nifas biasanya merujuk pada enam minggu pertama setelah melahirkan. Seorang wanita yang melahirkan di rumah sakit bisa segera pulang jika kondisinya telah stabil secara medis.

Masa nifas dibagi menjadi tiga tahap, yaitu fase awal atau akut yang berlangsung selama 8 hingga 19 jam setelah melahirkan, fase subakut yang berlangsung selama 2 hingga 6 minggu, dan periode nifas tertunda yang dapat berlangsung hingga 8 bulan.

Baca juga: Bolehkah Berhubungan setelah Melahirkan? 

Apa saja yang harus diperhatikan selama masa nifas?

cara menurunkan berat badan setelah melahirkan
cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

Selain perlu fokus dengan si kecil, kamu juga perlu memperhatikan kondisi diri kamu sendiri. Hal ini merupakan bagian yang penting dalam pemulihan pasca persalinan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Istirahat

Ketika bayi tidur, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk istirahat. Kamu juga bisa istirahat sejenak ketika ada teman atau keluarga yang akan membantu menjaga bayi kamu.

2. Pola makan yang sehat

Pastikan kamu makan sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian. Jika kamu mengalami sembelit, konsumsi serat. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi dengan baik.

3. Olahraga

Ikuti saran dokter tentang olahraga pasca melahirkan. Selama masa nifas, kamu harus menghindari aktivitas yang berat. Maka dari itu, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar lingkungan untuk meningkatkan suasana hati dan energi.

Baca juga: Cara Aman Mengeluarkan Gumpalan Darah Setelah Melahirkan

Kondisi saat masa nifas setelah melahirkan

Ada banyak perubahan yg akan terjadi pada tubuh wanita setelah melahirkan. Berbagai perubahan yang akan dialami wanita selama masa nifas, antara lain:

1. Nyeri pada vagina

gejala nyeri haid

Jika kamu melahirkan secara normal dan mengalami robekan pada vagina saat melahirkan atau dokter membuat sayatan, lukanya kemungkinan akan terasa sakit selama beberapa minggu, sehingga menyebabkan vagina terasa nyeri

2. Keputihan

Setelah melahirkan, tubuh akan melepaskan selaput lendir yang melapisi rahim selama kehamilan. Dengan begitu, kamu akan mengalami keputihan yang terdiri dari selaput dan darah selama beberapa minggu.

Baca juga: Mengenal Pembalut Nifas, Pembalut khusus Pasca Melahirkan!

3. Kontraksi

Kadang-kadang kamu mungkin akan merasakan kontraksi sesekali selama beberapa hari pertama setelah melahirkan. Kontraksi ini sering menyerupai kram menstruasi yang membantu terjadinya pendarahan yang berlebihan.

4. Payudara menjadi bengkak

Saat masa nifas, atau beberapa hari setelah melahirkan, kamu mungkin mengalami pembengkakan pada payudara. 

5. Kerontokan rambut dan perubahan kulit

Cara mengatasi rambut rontok

Setelah melahirkan, kamu juga bisa mengalami kerontokan rambut hingga 5 bulan. Selain itu, stretch mark tidak akan hilang setelah melahirkan, namun akan memudar seiring berjalannya waktu. 

6. Perubahan suasana hati

Melahirkan bisa memicu perubahan emosi. Banyak ibu yang mengalami baby blues setelah melahirkan. Gejalanya meliputi perasaan sedih atau cemas dan kesulitan tidur. Baby blues biasanya akan mereda dalam waktu dua minggu. 

7. Penurunan berat badan

Kebanyakan wanita akan kehilangan 6 kg selama kelahiran, termasuk berat bayi, plasenta, dan cairan ketuban. Pada hari-hari setelah melahirkan, kamu akan mengalami penurunan berat badan juga.

Berapa lama darah bersih setelah melahirkan?

Selama beberapa hari setelah melahirkan, kamu mungkin melihat adanya gumpalan darah berwarna merah cerah. Ketika banyak bergerak, kemungkinan jumlah darahnya akan sedikit lebih banyak. Jadi, jangan lupa untuk istirahat. 

Setelah sekitar 10 hari, kamu akan melihat lebih sedikit darah. Berdasarkan situs Web MD, kamu mungkin akan mengalami pendarahan ringan atau bercak hingga 6 minggu setelah melahirkan. Gunakan pembalut selama hal ini terjadi. Tidak disarankan untuk menggunakan tampon, karena bisa menyebabkan infeksi.

Selama masa nifas setelah melahirkan, ambil waktu untuk pulih kembali. Nikmati waktu kamu bersama si kecil. Dan, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter jika ada kekhawatiran tertentu yang berkaitan dengan masa nifas.

Share artikel ini
Reference