kalori roti gandum sari roti

Untuk kamu yang gemar makan roti sebagai camilan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek Sari Roti. Yup, dari berbagai jenis, Sari Roti memiliki varian roti gandum yang terbuat dari tepung biji gandum. Lalu, berapa kalori roti gandum Sari Roti dan apakah cocok untuk ngemil saat diet?

Roti gandum adalah makanan populer yang mudah dibuat, mengenyangkan, dan bergizi. Apalagi, ada berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti serat dan protein. Tak heran, roti gandum menjadi opsi terbaik dan lebih sehat daripada roti putih. 

Selain itu, umumnya roti gandum juga terbuat tanpa tambahan minyak sehingga cocok bila kamu ingin mengurangi asupan kalori atau menjaga pola makan menjadi lebih sehat. Bila demikian, apakah jumlah kalori roti gandum tergolong rendah? Yuk, kita kupas tuntas di artikel berikut ini.

Berapa kalori roti gandum Sari Roti?

Jumlah kalori roti gandum Sari Roti adalah 190 kalori tiap satu lembar dengan berat 70 gram. Nah, roti gandum Sari Roti memiliki komposisi sebagai berikut:

  1. Air
  2. Tepung terigu dengan kandungan gluten
  3. Gula pasir
  4. Ragi
  5. Lemak reroti
  6. Premiks roti

Dari total kalori dan komposisi tersebut, kamu bisa mendapatkan kandungan nutrisi lengkap di dalam roti gandum Sari Roti, seperti:

  1. Lemak: 4 gram
  2. Protein: 6 gram
  3. Karbohidrat: 31 gram
  4. Serat: 6 gram
  5. Gula: 2 gram
  6. Sodium: 330 miligram

Setelah mengetahui kalori roti gandum Sari Roti, pertanyaan selanjutnya yang mungkin timbul di benak kamu adalah apakah roti gandum ini cocok untuk diet? Dengan kalori roti gandum Sari Roti yang tergolong rendah, maka makanan ini cocok dikonsumsi saat diet atau sebagai alternatif pengganti nasi atau karbohidrat.

Namun, tentu saja kamu perlu mengonsumsi roti gandum dalam jumlah yang wajar dan tidak dalam porsi yang berlebihan. Dengan begitu, kamu yang menjalani diet atau menerapkan defisit kalori tetap dapat menjaga berat badan tetap stabil atau ideal.

Berapa Kalori Roti Tawar? Apakah Cocok untuk Diet?

Apa saja manfaat roti gandum?

manfaat roti gandum

Biji gandum memiliki nutrisi tinggi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, hingga serat. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan manfaat roti gandum, seperti berikut ini.

1. Melancarkan pencernaan dan memperkuat imun

Salah satu manfaat roti gandum adalah melancarkan pencernaan. Serat adalah nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi banyak serat, seperti roti gandum, kamu dapat membuka jalan bagi bakteri usus yang sehat atau probiotik untuk berkembang sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus besar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan biji-bijian utuh, seperti gandum telah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, beberapa penelitian telah mengaitkan biji-bijian dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner secara signifikan.

3. Menurunkan risiko stroke

Dengan kesehatan jantung yang terjaga, kamu juga bisa menurunkan risiko stroke bila mengonsumsi roti gandum. Namun, tentu saja kebiasaan ini harus kamu barengi dengan gaya hidup sehat.

4. Mengontrol berat badan

Suka mengonsumsi roti, tetapi kamu mau menjaga berat badan agar tetap ideal? Tak perlu khawatir, kamu bisa mengandalkan roti gandum Sari Roti. Alih-alih menaikkan berat badan, kamu malah bisa tetap menjaga berat badan karena kandungan biji gandum utuh yang menyehatkan dan membuat kamu kenyang lebih lama.

Berapa jumlah kalori roti bakar? Catat Perhitungannya!

Apa saja varian roti gandum Sari Roti?

Berbeda dengan varian Sari Roti lainnya yang memiliki rasa, roti gandum Sari Roti tidak memiliki varian lainnya. Untuk varian roti gandum, Sari Roti hanya memiliki roti gandum tawar. Bukan tanpa alasan, rasa tawarnya ini sengaja untuk memenuhi kebutuhan dalam menjalani hidup sehat.

Nah, supaya tidak bosan hanya mengonsumsi roti tawar, kamu bisa mencoba resep kreasi roti gandum yang cocok untuk diet. Misalnya, dengan menambahkan asupan protein, sayur-sayuran, dan bahan lainnya.

Itulah informasi lengkap tentang kalori roti gandum Sari Roti hingga manfaat roti gandum. Secara keseluruhan, roti gandum merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena kandungan serat yang lebih banyak daripada roti putih. 

Selain itu, roti gandum juga mengandung vitamin B kompleks, yang membantu menjaga kesehatan saraf dan meningkatkan energi tubuh. Jangan lupa mencoba resep kreasi roti gandum agar kamu enjoy selama diet!


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference