berapa kalori roti bakar

Roti bakar merupakan bagian dari jajanan yang paling digemari masyarakat Indonesia dan sangat lezat jika dikonsumsi pada malam hari.

Di luar negeri, kalori roti bakar atau toast biasa dinikmati sebagai sajian sarapan pada pagi hari.

Di Indonesia, roti bakar adalah camilan favorit yang biasanya dilapisi mentega kemudian diisi dengan berbagai selai seperti coklat, strawberry, dan diberi topping keju parut.

Asupan kalori jajanan dan camilan perlu diperhatikan, karena jika berlebihan sering kali menyebabkan berat badan naik secara drastis.

Namun, tahukah kamu bahwa berapa kandungan kalori pada roti bakar? Simak informasinya berikut ini!

Berapa kalori roti bakar?

kalori roti bakar

Jumlah kalori pada roti bakar pada umumnya dapat berbeda-beda sesuai dengan takarannya. Selain itu dapat berbeda juga tergantung apakah itu roti bakar yang kamu buat sendiri di rumah atau roti bakar yang kamu beli di pedagang kaki lima.

Satu helai roti bakar tanpa topping atau selai apapun mengandung 64 sampai 79 kkal. Sedangkan, satu potong roti dengan selai stroberi yang dibakar menyediakan sebesar 131 kkal.

Sementara itu roti bakar coklat mengandung kalori sebesar 190 kkal persatu potongnya. Jika ditambahkan dengan parutan keju di atas selai cokat tersebut, maka kandungan kalorinya menjadi 220kkal.

Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum? Ternyata Segini!

Tips makan roti bakar lebih sehat

Untuk membuat roti bakar yang lebih sehat, baiknya kamu menyesuaikan dengan beberapa langkah ini:

  • Jaga kesegaran roti lebih lama dengan membekukannya. Kamu dapat dengan mudah memasukkan roti beku ke dalam pemanggang, dan akan siap dalam beberapa menit.
  • Ganti olesan untuk roti bakar dari yang manis-manis seperti keju, coklat, selai, kacang, ke olasan yang lebih sehat seperti keju rendah lemak, dan selai bawang putih.
  • Ganti toping roti bakar dengan yang lebih sehat dan organik seperti potongan buah-buahan seperti alpukat, pisang, berry, tomat, atau mentimun. Kamu juga dapat menggabungkan topping yang berbeda, sehingga kamu akan mendapatkan roti bakar sehat yang rendah kalori.

Manis dan Renyah, Ini Jumlah Kalori Roti O dan Resep Membuatnya!

Resep membuat roti bakar 

Salah satu inspirasi resepnya adalah roti bakar alpukat dengan topping biji wijern. Untuk membuat roti bakar alpukat dengan biji wijen, kamu membutuhkan:

  • 1 potong roti, panggang
  • 1 sdm mentega tawar, pada suhu kamar
  • 1/2 alpukat matang, kupas dan iris tipis
  • 1 sdt biji wijen
  • 1/4 sdt serpihan paprika merah
  • sejumput garam dan lada hitam
  • 1 sdt minyak zaitun

Oleskan mentega di atas roti bakar dan kupas alpukat. Kemudian, iris tipis alpukat lalu letakkan di roti yang sudah dibakar.

Lalu, taburi dengan biji wijen, serpihan paprika merah, sedikit garam, dan lada hitam. Terakhir, tuangkan sedikit minyak zaitun. Roti bakar yang sehat untuk tubuhmu siap disajikan!

Itu tadi informasi mengenai kalori roti bakar yang wajib kamu tahu. Kalori satu potongnya ternyata cukup besat, jadi kamu perlu mengonsumsinya secara bijak.

Share artikel ini
Reference