Roti tawar adalah salah satu makanan pokok yang sering dikonsumsi orang untuk sarapan. Namun, tahukah kamu berapa kalori roti tawar 1 lembar? Jika sedang berdiet apakah mengonsumsi roti tawar ini aman? 

Ternyata, meskipun sering dipandang sebelah mata, roti tawar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk jumlah kalori yang cukup rendah. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak selengkapnya di artikel berikut!

Berapa kalori roti tawar 1 lembar?

kalori roti tawar

Kalori roti tawar 1 lembar rata-rata hanya sekitar 69 kalori. Ini berarti jika kamu makan 2 lembar roti tawar sebagai sarapan pagi, kamu hanya akan mengonsumsi sekitar 138 kalori.

Bukan hanya itu, roti tawar juga mengandung karbohidrat yang baik untuk menjaga energimu sepanjang hari.

Namun, perlu diingat bahwa roti tawar biasanya tidak banyak serat yang cukup untuk tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu.

Roti tawar yang cocok untuk diet

roti gandum

Kebanyakan orang menghindari roti saat sedang diet karena takut menambah berat badan. Tapi, tahukah kamu bahwa roti tawar bisa menjadi pilihan yang baik untuk diet?

Berikut adalah beberapa jenis roti tawar yang cocok untuk diet:

  1. Roti tawar gandum, karena mengandung serat yang tinggi dan membantu mempertahankan kadar gula dalam darah stabil.
  2. Roti tawar protein, karena mengandung tambahan protein dan membantu membuat kamu merasa kenyang lebih lama.
  3. Roti tawar dengan karbohidrat kompleks, karena memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mempertahankan kadar gula dalam darah stabil.
  4. Roti tawar tanpa gluten, karena mengandung lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak serat dibandingkan roti tawar biasa.

Mengonsumsi roti tawar sehat di atas juga perlu dikonsumsi secara bijak, ya. Jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan dan dicampurkan bahan yang tak sehat, seperti pemanis tambahan.

Menu sarapan dengan roti tawar yang sehat

berapa kalori roti tawar 1 lembar

Sarapan adalah hal yang penting karena dapat  memberi energi dan membantu memulai harimu dengan baik.

Nah, agar kamu tetap energik sepanjang hari, kamu sebaiknya memilih menu sarapan yang sehat. Jika memilih sarapan dengan roti, berikut beberapa menu sarapan dengan roti tawar yang sehat yang bisa kamu coba.

1. Roti tawar dengan almond butter dan buah

Ambil 1-2 lembar roti tawar, lalu oleskan almond butter dan tambahkan potongan buah-buahan seperti apel atau pisang. Sarapan ini akan memberikan kamu protein, serat dan gula alami dari buah.

2. Roti tawar dengan telur dan sayuran

Siapkan roti tawar. Kemudian, goreng telur dan sayuran (misalnya paprika, bawang bombay, atau sayuran lain sesuai selera).

Letakkan telur dan sayuran tersebut  di atas roti tawar dan hidangkan untuk sarapan yang lezat dan sehat.

3. Roti tawar dengan selai dan pisang

Siapa bilang selai membuat makananmu menjadi tidak sehat? Kamu tetap bisa makan roti tawar dengan selai, lho!

Jika memungkinkan, pilihlah selai kacang rendah lemak dan gula. Oleskan selai tersebut ke roti tawar, lalu tambahkan potongan pisang di atasnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bahwa  kamu tidak perlu takut untuk memasukkan roti tawar ke dalam menu dietmu.

Pilih jenis roti tawar yang sesuai dengan kebutuhan dan konsumsilah dengan bijak untuk membantu dietmu berhasil.

Ingatlah bahwa roti tawar harus dikonsumsi dalam porsi yang sehat dan seimbang. Jangan lupa untuk memasukkan sumber protein dan serat ke dalam makanmu untuk membuat dietmu lebih seimbang!

Share artikel ini
Reference