Setiap tahunnya, tepatnya besok, 21 April, bangsa Indonesia mengenang jasa Raden Ajeng Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita. Selain seremoni upacara dan penggunaan baju kebaya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk terus mengenang jasanya, salah satunya menonton film tentang perempuan tangguh.

Kini, tak sedikit sineas yang memproduksi berbagai film yang menggambarkan bahwa perempuan di Indonesia harus tetap memelihara perjuangan RA Kartini.

RA Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita Indonesia yang dikenal memperjuangkan hak pendidikan untuk wanita di jamannya. Meski sudah puluhan tahun lamanya, tapi sampai saat ini jasanya selalu melekat dalam jiwa para penerus bangsa Indonesia.

Rekomendasi film tentang perempuan tangguh

Dari rekomendasi film ini, kita semakin sadar bahwa wanita juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Dalam rangka memperingati Hari Kartini, yuk tonton deretan film tentang perempuan tanggung berikut ini!

1. Kartini (2017)

film tentang perempuan tangguh kartini

Meski tak lahir di era Kartini, namun kamu tetap bisa mengenal Kartini lebih dalam melalui film biografinya. Seperti namanya, film berjudul Kartini ini merupakan film garapan Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari film R.A Kartini tahun 1984 lalu. 

Dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris terkemuka, seperti Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti, film ini berkisah tentang perjuangan Kartini dalam memerdekakan hak-hak perempuan, agar setara dengan laki-laki. 

Bahkan, Kartini juga memperjuangkan agar semua rakyat memiliki hak yang sama, baik itu dari golongan ningrat maupun rakyat biasa. Di mana dalam film tersebut, Kartini bersama kedua saudaranya Roekmini dan Kardinah berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin, dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk semua masyarakat Jepara.

Berkat pemain dan alur cerita yang menakjubkan, film yang sukses dirilis pada 2017 lalu ini mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia, lho! 

Tips Jadi Perempuan Hebat Sebagai Kartini Modern

2. Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

film tentang perempuan tangguh marlina

Dibintangi oleh Marsha Timothy sebagai Marlina, film tentang perempuan tangguh ini bisa kamu tonton untuk merayakan Hari Kartini. Seperti namanya, film yang dirilis pada 2017 ini menceritakan tentang Marlina, perempuan asal Sumba yang tinggal di puncak perbukitan sabana, Nusa Tenggara Timur. 

Marlina yang juga seorang janda tinggal sendiri dan berjuang dalam 4 babak, yaitu perampokan, perjalanan, pengakuan dosa, dan kelahiran. Dalam 4 babak tersebut, kisah pilu Marlina begitu mendalam. Sebab, dirinya harus menghadapi beratnya hidup di pelosok desa dan dalam kemiskinan. Terlebih dirinya harus menghadapi kenyataan pahit setelah ditinggal sang suami.

Namun, Marlina terus memperjuangkan haknya untuk mendapatkan kebebasan, mencari keadilan, serta penebusan dosa. Film besutan Mouly Surya sukses mendapat berbagai penghargaan. Bahkan, pada film tentang perempuan tangguh ini berhasil menembus berbagai festival Internasional, termasuk Festival Film Cannes 2017. 

Ini Tokoh Inspiratif Wanita Indonesia, Representasi Kartini Modern

3. Sokola Rimba (2013)

film tentang perempuan tangguh sokola rimba

Tak hanya film Kartini, film Sokolo Rimba garapan sutradara Riri Riza ini juga diangkat dari kisah nyata, lho! Film yang mengisahkan seorang aktivis bernama Butet Manurung ini sebelumnya juga ditulis dalam buku dengan judul yang sama.

Kisah yang begitu inspiratif ini akhirnya dirilis menjadi film Sokolo Rimba yang menceritakan perjalanan Butet dalam mendirikan sekolah dan kemudian Ia mengajar baca tulis dan berhitung kepada anak-anak masyarakat Suku Anak Dalam yang disebut Orang Rimba.

Namun, usaha Butet yang diperankan oleh Prisia Nasution dalam memberikan edukasi yang layak  ini tak serta merta berjalan lancar. Bahkan, Butet sempat mendapat pertentangan dari masyarakat sekitar.

Ia pun menjadi pembuka akses pendidikan bagi orang pedalaman agar tidak mudah dibodohi oleh orang yang ingin mengeksploitasi tanah Suku Anak Dalam.  

Kendati demikian, seorang anak bernama Nyungsang Bungo menguatkan tekad butet agar terus mengajar. Hingga akhirnya Butet berhasil menjadi pembuka akses pendidikan bagi orang pedalaman agar tidak mudah dibodohi orang, terutama perihal mengeksploitasi tanah Suku Anak Dalam. 

Rayakan Peringatan Hari Kartini, Kenali Jasa dan Sejarahnya

4. 3 Srikandi (2016)

film tentang perempuan tangguh 3 srikandi

Kisah  perempuan tangguh juga bisa kamu lihat dalam film 3 Srikandi yang dirilis pada 2016 silam. Seperti namanya, film garapan sutradara Imam Brotoseno ini mengisahkan perjuangan 3 atlet panahan wanita asal Indonesia dalam yang sukses meraih medali Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Sebelum sukses meraih prestasi di kancah internasional, 3 atlet wanita yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari sebagai Nurfitriyani, Chealsea Islan sebagai Lilies, dan Tara Basro sebagai Kusuma, ini sempat mengalami kendala, di mana mereka terancam tak bisa ikut olimpiade.

Namun, berkat tekad yang kuad, semangat juang yang tinggi, dan dukungan dari pelatih Donald Pandiangan yang diperankan oleh Reza Rahardian, ketiga atlet wanita ini sukses menorehkan prestasi.

Arti Motivasi Wanita Karir Pada Hari Perempuan Internasional

5. Perempuan Berkalung Sorban 

perempuan berkalung sorban

Lagi, film besutan Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini juga mengangkat tentang perempuan tangguh. Film berlatar di Pesantren Jawa Timur ini menceritakan perjalanan hidup Anissa, sosok wanita berkarakter cerdas, berani, dan berpendirian kuat selama hidup di lingkungan yang mempratikkan tradisi konservatif terhadap wanita.

Diperankan oleh Revalina S. Temat, Anissa diterima kuliah di Yogyakarta. Namun sayangnya, sang ayah justru menolak keras dan memilih untuk menikahkan Anissa dengan Samsudin (Reza Rahadian). 

Hal ini terjadi karena sang ayah menganut paham bahwa seorang perempuan harus tunduk pada laki-laki dan jika Anissa pergi seorang diri dikhawatirkan menimbulkan fitnah. 

Namun, Anissa tak lantas putus asa. Ia terus berjuang menjadi perempuan muslimah yang mandiri dan membela hak-hak perempuan muslim.

Inspirasi dari Malala Yousafzai, Peraih Nobel Perdamaian Termuda di Dunia

Itulah deretan film tentang perempuan tangguh yang bisa kamu tonton untuk mengenang jasa Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak dan keadilan. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat di Indonesia!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference