kalori ayam mcd

Kalau diminta untuk memilih satu menu saja yang tersaji di McDonald’s atau McD, sepertinya akan banyak orang memilih menu ayam McD. Rasanya yang enak dan gurih tentu saja membuat banyak orang ketagihan. Lalu, berapa kalori ayam McD? Yuk, cek selengkapnya!

Berapa kalori ayam McD?

Kamu tentu penasaran dengan jumlahnya, bukan? Kalori ayam McD crispy dengan berat 100 gram adalah 223 kalori. Dari kalori tersebut, berikut kandungan nutrisi lengkapnya: 

  1. Lemak 11,90g
  2. Protein 18,90g
  3. Karbohidrat 9,10g
  4. Sodium 1000 mg

Sementara itu, kalori ayam McD spicy dengan berat 100 gram adalah 273 kalori. Dari kalori tersebut, berikut kandungan nutrisi lengkapnya: 

  1. Lemak 16,80g
  2. Protein 19,00g
  3. Karbohidrat 9,90g

Ingat, jumlah kalori di atas belum termasuk nasi, saos, kentang, atau makanan pendamping lainnya, Yoonies.

Bolehkah makan ayam McD setiap hari?

bolehkah makan ayam mcd setiap hari junk food

Fast food atau junk food bisa bertahan hingga sekarang atau bahkan tersebar cabangnya di seluruh dunia tidak lain dan tidak bukan karena banyaknya penggemar makanan ini.  Namun, jika kita sampai pada pertanyaan, bolehkah makan ayam McD setiap hari? Jawabannya akan lebih rumit. 

Bukan berarti kamu tidak boleh makan ayam McD ya, Yoonies. Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya setiap hari atau sesekali saja dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan. 

Yuk, cek alasan sebaiknya kamu tidak makan junk food setiap hari agar kamu juga terhindar dari berbagai risiko kesehatan!

1. Lebih berisiko terkena diabetes

Sebagian besar makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, soda, bahkan tepung dalam ayam McD sarat dengan karbohidrat. Saat tubuhmu mencerna junk food, kadar gula darah melonjak dan untuk mengatasi lonjakan ini, insulin dengan cepat dilepaskan untuk membantu menurunkan kadar gula.

Saat tubuh yang sehat dapat menangani kondisi ini dari waktu ke waktu, jika kamu mengonsumsi junk food terlalu sering, maka lonjakan insulin setiap hari dari makanan cepat saji dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. 

2. Kesehatan kardiovaskular akan terganggu

Tahukah kamu apa yang mengganggu kesehatan jantung? Yup, lemak trans dari makanan cepat saji. Makanan yang digoreng alias renyah mengandung lemak trans. Contohnya, ayam, kentang, hingga nugget

Tidak ada jumlah lemak trans yang direkomendasikan sebagai ‘kadar’ aman karena mengonsumsinya dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi, kadar kolesterol baik yang lebih rendah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Berat badan kamu meningkat

Semua karbohidrat, gula tambahan, hingga lemak trans itu akan menyebabkan penambahan berat badan lebih cepat terutama di area perut kamu. Lemak perut telah terbukti lebih berbahaya bagi kesehatan manusia dan lebih susah dihilangkan daripada lemak di bagian tubuh lainnya.

4. Akan merasakan sensasi bengkak dan kembung

Banyak rantai makanan cepat saji menambah rasa pada makanan mereka dengan menambahkan banyak garam sehingga kamu asupan natrium harianmu lebih dari 75%.

Jumlah natrium yang tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah kamu dan meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan penyakit ginjal yang jauh lebih tinggi, tetapi juga akan membuatmu merasa kembung dan bengkak.

Jumlah Kalori Ayam Kecap, Apakah Cocok untuk Diet?

Apa saja menu McD yang rendah kalori?

Setelah mengetahui jumlah kalori ayam McD, pertanyaan selanjutnya adalah apakah ada menu yang rendah kalori? Meski ayam McD tidak disarankan untuk kamu konsumsi setiap hari, ternyata ada lho menu yang lebih rendah kalori.

Jika kamu ingin makan junk food, tapi tetap memperhatikan asupan kalori harian, kamu bisa cek beberapa menu berikut ini!

1. Egg McMuffin 

Saat kamu ingin makan sandwich untuk sarapan, menu ini bisa jadi pilihan. Untuk 1 porsi egg McMuffin mengandung 300 kalori. Satu kelebihan utama dari menu ini, yaitu mengandung 18 gram protein untuk memenuhi kebutuhan protein harian. 

2. Fish fillet burger

Jika kamu salah satu pecinta ikan, menu ini bisa menjadi pilihan. Dalam 1 porsi fish fillet burger mengandung 390 kalori dengan lemak 14 gram, protein 13,80 gram, dan karbohidrat 39,9 gram.

3. Hot coffee

Hot coffee McD adalah jenis minuman yang bisa kamu pilih karena kalorinya yang rendah. Sajian kopi dari McD ini terbuat dari 100% kopi Arabica.

4. Hot tea

Selain hot coffee, kamu juga bisa pilih hot tea untuk pilihan minuman yang rendah kalori.

5. Chicken snack wrap

Bagi kamu yang kurang suka dengan burger McD, kamu bisa memilih hidangan yang satu ini. Dalam satu porsi chicken snack wrap mengandung 330 kalori dengan 16 gram lemak, 14 gram protein, 33 gram karbohidrat, dan 780 mg sodium.

Pedas Menggigit, Ini Kalori Ayam Geprek yang Wajib Kamu Ketahui!

Itulah informasi mengenai kalori ayam McD dan beragam pilihan menu McD yang rendah kalori. Yang perlu kamu ingat, sebaiknya mengonsumsi makanan cepat saji sesekali dan tidak dalam porsi yang berlebihan agar tidak meningkatkan risiko kesehatan.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference