kalori ayam kecap

Saat mendengar ayam kecap, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan lauk yang satu ini. Ayam kecap adalah salah satu masakan rumahan yang lezat. Namun, berapa jumlah kalori ayam kecap dan apakah cocok untuk diet?

Kalori ayam kecap 

Jumlah kalori ayam kecap dengan berat 200 gram adalah sekitar 446 kalori dengan kandungan nutrisi lengkapnya sebagai berikut:

  1. Lemak 23,91 g
  2. Kolesterol 113 mg
  3. Protein 37,64 g
  4. Karbohidrat 18,83 g
  5. Serat 0,2 g
  6. Gula 14,54 g
  7. Sodium 1256 mg
  8. Kalium 456 mg

Empuk dan Krispi, Ini Dia Jumlah Kalori pada Ayam Goreng!

Apakah ayam kecap cocok untuk diet?

Sebenarnya, ayam mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein, seperti mengonsumsi ayam dapat meningkatkan rasa kenyang dan mempertahankan massa tubuh tanpa lemak sehingga menjadi lebih sehat.

Namun, dengan kandungan kalori ayam kecap yang tinggi seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya dalam porsi yang berlebihan atau setiap hari. Apalagi kalau kamu sedang menjalani program diet atau menerapkan defisit kalori

Kamu tetap bisa makan ayam kecap saat menjalani program diet, tetapi dengan porsi yang wajar atau tidak berlebihan, seperti satu sampai dua potong ayam.

Apa saja manfaat makan ayam kecap? 

kalori ayam kecap manfaat makan ayam dan resep sehat

Setelah mengetahui jumlah kalori ayam kecap, kamu mungkin penasaran apa saja manfaat mengonsumsinya? Berikut manfaat makan ayam kecap yang perlu Yoonies ketahui.

1. Merawat kesehatan tulang

Protein tanpa lemak yang terkandung pada ayam merupakan sumber asam amino yang sangat baik. Tubuh kita menggunakan asam amino untuk membangun jaringan otot.

Studi juga menunjukkan bahwa asupan protein dapat menjaga kepadatan mineral tulang. Selain itu, makan ayam dapat membantu membangun otot lebih kuat, meningkatkan kesehatan tulang, hingga mengurangi risiko cedera dan osteoporosis.

2. Meningkatkan suasana hati (mood)

Ayam mengandung asam amino triptofan yang baik untuk serotonin (hormon kebahagiaan) pada otak sehingga dapat memengaruhi dan meningkatkan suasana hati.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Menurut penelitian, gula yang terkandung pada kecap memiliki efek prebiotik yang positif pada jenis bakteri tertentu yang ditemukan pada pencernaan. Ini artinya kecap baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Sumber antioksidan

Antioksidan yang kuat ditemukan dalam kecap. Hal ini diungkapkan berdasarkan beberapa studi. Selain itu, menurut penelitian lainnya, kecap baik untuk kesehatan jantung.

Ini Kalori Dada Ayam Goreng Dan Manfaatnya Untuk Diet!

Resep ayam kecap sederhana dan sehat 

Sekarang kamu sudah tahu kan berbagai manfaat makan ayam kecap untuk tubuh? Namun, perlu Yoonies ingat untuk mengonsumsi dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan. Kalau kamu tertarik membuatnya, berikut resep ayam kecap sederhana dan sehat yang bisa kamu coba!

Bahan-bahan marinasi ayam:

  1. 1 sendok teh kecap asin
  2. 1 sendok teh saus teriyaki
  3. 1 sendok teh kecap manis
  4. Lada dan oregano secukupnya

Bahan-bahan saus: 

  1. 1 sendok makan kecap asin
  2. 2 sendok makan kecap manis
  3. 2 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 5 buah cabe rawit merah
  6. 1 sendok makan jeruk nipis peras
  7. Sedikit air (+/- 2 sendok makan)

Cara membuat ayam kecap

  1. Marinasi ayam dengan bahan marinasi minimal 30 menit.
  2. Siapkan bahan untuk saus dengan merebus cabai dan bawang, lalu haluskan dan sisihkan.
  3. Panggang ayam di teflon tanpa minyak sampai matang kemudian angkat dan taruh di atas nasi hangat.
  4. Kembali ke saus, masak cabai dan bawang yang telah kamu haluskan tadi dengan api kecil. Masukan juga air, kecap asin, kecap, dan perasan jeruk nipis.
  5. Masak saus hingga agak mengental. Jika sudah cukup mengental, kamu bisa menyiram saus di atas ayam.
  6. Ayam kecap pun siap kamu santap dan sajikan selagi hangat.

Nah, itulah informasi mengenai kalori ayam kecap, manfaat mengonsumsinya, hingga resep ayam kecap sehat tanpa minyak. Semoga bisa menjadi inspirasi menu terutama bagi kamu yang ingin hidup sehat atau menjalani program diet.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference