berapa kalori ayam geprek

Siapa yang tidak suka dengan ayam geprek? Makanan ini kerap disajikan dengan sambal ulek atau bajak. Ayam geprek memang berbeda dengan jenis ayam goreng sambal atau penyet kebanyakan. Rasanya nikmat dan sangat popular di berbagai kalangan.

Ayam geprek juga mempunyai sejarahnya sendiri hingga dapat dikenal hingga kini. Ayam geprek juga kian popular dengan berbagai variasi menu dan topping yang semakin beragam. Kamu perlu mengenal kalori ayam geprek agar dapat mengonsumsinya dengan rasa aman. Yuk simak!

Apa itu ayam geprek?

kalori ayam geprek

Menurut Wikipedia, geprek berasal dari bahasa jawa yang artinya adalah dilumatkan, ditekan, atau dipukul. Penampilan ayam geprek memang umumnya dihancurkan dan lebih halus daripada ayam penyet. 

Ayam geprek ternyata mulai popular di kota pelajar atau Yogyakarta mulai tahun 2003-an. Ada salah satu ayam geprek terkenal yang menjadi favorit masyarakat di kota tersebut.

Seiring berjalannya waktu, ayam geprek mulai banyak dijual di mana saja dan bahkan dapat dibuat sendiri di rumah.

Ayam geprek dibayar dari ayam goreng tepung atau non tepung lalu diulek bersama sambal. Ayam yang renyah dan panas menyatu dengan sambal bajak atau sambal bawang dan menjadi ayam geprek yang nikmat bila disajikan dengan nasi panas dan lalapan.

Adakah perhitungan kalori ayam geprek yang dapat diketahui agar tetap aman dikonsumsi bahkan untuk kamu yang sedang berdiet?

Baca juga: Berapa Kalori Nasi Goreng Telur? Ternyata Segini, Lho!

Berapa kalori ayam geprek

kalori ayam geprek dengan nasi

Ada kalanya saat berdiet memang kamu perlu membatasi jumlah kalori. Umumnya wanita membutuhkan kalori harian yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria.

Namun kebutuhan kalori tentu harus disesuaikan dengan usia, kebiasaan hingga aktivitas sehari-harinya. Kebutuhan kalori bahkan bisa didapat dari berbagai asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Kalori ayam geprek dapat dihitung dari jenis ayam geprek yang ingin kamu konsumsi. Jika kamu memilih bagian ayam seperti dada, tentu kalorinya akan lebih sedikit daripada bagian lain.

Bahan yang terkandung dalam ayam geprek juga dapat menambah jumlah yang masuk dalam tubuh kamu, apalagi saat ayam geprek dimakan bersama dengan nasi hangat. Tentu akan lebih banyak kalori yang masuk bukan?

Menurut Fatsecret, Kalori ayam geprek dan informasi nilai gizi lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Ayam geprek dalam 100 gram mengandung 263 kkal kalori, 17,99g lemak, 7,60g karbohidrat dan 17,61g protein
  • Nasi ayam geprek sambal bawang dalam 1 porsi mengandung 321 kkal kalori, 12,00g lemak, 16,00g karbohidrat dan 37,00g protein
  • Ayam tepung dalam 1 porsi mengandung 190 kkal kalori, 12,04g lemak, 10,44 karbohidrat dan 9,98g protein
  • Ayam penyet dalam 100 gram mengandung 199 kkal kalori, 8,53g lemak, 5,29g karbohidrat dan 25,05 g protein

Jenis ayam geprek yang satu dengan yang lain mungkin akan berbeda tergantung dari tepung yang dipakai, bagian ayam dan juga bahan lain yang masuk dalam suatu masakan.

Menu ayam geprek juga masih dianggap sempurna karena terdapat ayam geprek, sambal, nasi, lalapan yang hampir memenuhi nutrisi harian seperti protein, vitamin, karbohidrat hingga mineral.

Baca juga: 3 Sendok Makan Nasi Berapa Kalori? Berikut Ulasannya!

Pertimbangan makan ayam geprek

Kebutuhan kalori mungkin akan lebih besar saat kamu melakukan aktivitas yang lebih berat setiap hari. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangakan sebelum mengosnumsi ayam geprek adalah:

  • Kalori mempunyai fungsi sebagai ukuran sebuah energi. Pada orang dengan kekurangan berat badan, maka membutuhkan kalori yang lebih besar, namun sebaliknya, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka konsumsi kalori harus lebih sedikit daripada yang dikeluarkan.
  • Konsumsi ayam geprek dengan nilai tinggi namun rendah kalori. Ganti toping yang memuat kalori tinggi, makan dengan sedikit nasi dan perbanyak sayuran di menu ayam geprek.
  • Atur tingkat kepedasan agar konsumsi ayam geprek tidak menimbulkan masalah dan gangguan pencernaan.

Kecukupan gizi juga masih dapat ditambah dengan asupan sehat lainnya setiap hari seperti buah, sayuran dan suplemen makanan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Konsumsi ayam geprek secukupnya dan tidak perlu berlebihan agar kalori yang masuk ke tubuh tetap seimbang, ya!

Share artikel ini
Reference